KI dan KD Mata Pelajaran Bisnis Online Kompetensi Keahlian Bisnis dan Pemasaran Revisi 2017 Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI dan KD) SMK/MAK Kompetensi Keahlian Bisnis dan Pemasaran Kurikulum 2013 edisi revisi 2017
Mata Pelajaran : Bisnis Online
Jam Pelajaran : 348 JP (@ 45 Menit)
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Bisnis dan Pemasaran
Kompetensi Keahlian : Bisnis Daring dan Pemasaran (C3)
Mata Pelajaran : Bisnis Online
Jam Pelajaran : 348 JP (@ 45 Menit)
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Bisnis dan Pemasaran
Kompetensi Keahlian : Bisnis Daring dan Pemasaran (C3)
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Bisnis dan Pemasaran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Bisnis dan Pemasaran. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Bisnis dan Pemasaran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Bisnis dan Pemasaran. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Memahami bisnis online
|
4.1 Menggolongkan jenis jenis bisnis online
|
3.2 Mengevaluasi website
|
4.2 Merancang website
|
3.3 Menerapkan pembuatan website
|
4.3 Membuat website
|
3.4 Menganalisis kata kunci SEO On Page
|
4.4 Membuat kata kunci SEO ON
Page
|
3.5 Menerapkan SEO Off Page
|
4.5 Mempraktikkan SEO Off Page
|
3.6 Menerapkan pembuatan email
|
4.6 Membuat email
|
3.7 Menerapkan pemasaran OL
menggunakan
email
|
4.7 Membuat pemasaran OL
menggunakan
email
|
3.8 Menerapkan pembuatan
Akun
Media Sosial
|
4.8 Membuat Akun Media Sosial
|
3.9 Menerapkan Pemasaran OL
menggunakan
Media Sosial
|
4.9 Membuat Pemasaran OL
menggunakan
Media Social
|
3.10
Menerapkan
Iklan PPC menggunakan Google Adwords
|
4.10 Membuat
Iklan PPC
menggunakan
Google Adwords
|
3.11 Merancang
Iklan Online
|
4.11 Membuat
iklan online
|
3.12 Menganalisis pendistribusian
Iklan
online
|
4.12 Mendistribusikan
iklan Online
|
3.13
Menerapkan
prosedur iklan online berbasis key
word Mengevaluasi website e Commerce
|
4.13 Membuat
website eCommerce
|
3.14
Menerapkan
website Pemasaran pada Perangkat Mobile
|
4.14
Membuat
Website Pemasaran
pada
Perangkat Mobile
|
3.15 Menerapkan
pembuatan Blog
|
4.15 Membuat
Blog
|
3.16
Menerapkan
adsense pada blog
|
4.16 Membuat
adsense pada blog
|
3.17 Menganalisa
Afiliasi
Pemasaran
|
4.17 Melakukan
Afiliasi Pemasaran
|
3.18 Menerapkan
Pembuatan
Laporan
Pemasaran Online
|
4.18
Membuat
laporan pemasaran online
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar