Mata Pelajaran : Tata Hidang
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Kuliner
Kompetensi Keahlian : Tata Boga (3 Tahun)
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Kuliner
Kompetensi Keahlian : Tata Boga (3 Tahun)
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Tata Boga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Tata Boga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Tata Boga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Tata Boga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1
Menganalisis
rancangan menu (menu planning)
|
4.1
Menunjukkan rancangan menu (menu planning)
|
21
|
PMM.UBO2.007.01
Mengembang kan menu
|
Cook
|
3.2 Menerapkan ruang
lingkup, giliran dan karakteristik menu makanan kontinental
|
4.2
Melakukan pengelompokkan menu berdasarkan giliran
menu
|
21
|
||
3.3
Menerapkan identifikasi
perabot di area hidangan
|
4.3
Melakukan penerapan penggunaan perabot di area hidangan
|
21
|
|
|
3.4
Menganalisis peralatan makan dan minum serta alat
hidang
|
4.4
Menampilkan pengelompokkan peralatan makan dan minum serta alat hidang
|
28
|
|
|
3.5
Menganalisis linen
dan lipatan serbet
|
4.5
Menampilkan cara penggunaan linen dan lipatan serbet
|
14
|
|
|
3.6
Menganalisis
jumlah dan persyaratan petugas pelayanan makan dan minum
|
4.6
Merumuskan jumlah dan persyaratan petugas
pelayanan makan dan minum
|
14
|
PMM.UBO2.023.01
Mengorganisir operasi
layanan makanan
|
Captain waiter
|
3.7
Menganalisis penataan meja (table set up)
|
4.7
Menyajikan penataan meja (Table set- Up)
|
21
|
|
|
3.8 Menganalisis bentuk pelayanan makan dan minum untuk spesifikasi bidang (catering dan restoran)
|
4.8
Menyajikan makan
dan minum untuk
spesifikasi bidang (catering dan restoran)
|
28
|
PMM.MI02.005.01
Menyajikan makanan dan
minuman
|
Bartender
|
3.9 Menganalisis jenis pelayanan makanan dan minuman
|
4.9
Menampilkan jenis pelayanan
makan dan minuman
|
21
|
||
3.10 Menganalisis
minuman cocktail dan mocktail
|
4.10 Menampilkan teknik pembuatan minuman mocktail
(non alkohol)
|
14
|
||
3.11 Menganalisis penyajian minuman
khusus (kopi)
|
4.11 Menyajikan minuman khusus (kopi)
|
14
|
||
3.12
Menerapkan etika komunikasi
|
4.12
Melakukan komunikasi melalui alat komunikasi
|
14
|
PMM.APO3.008.01Berkomuni kasi
di telepon
|
Waiter/
Pastry cook/
Baker/
Captain baker/
Cook
|
3.13
Menerapkan taking order (Order Taker) dan pelayanan di kamar tamu (Room Service)
|
4.13
Melakukan taking order (Order Taker) dan pelayanan di kamar tamu (Room Service )
|
21
|
PMM.MI02.005.01
Menyajikan makanan dan
minuman
|
Bartender
|
JUMLAH JAM PELAJARAN
|
252
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar