Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI dan KD) SMK/MAK Kompetensi Keahlian Produksi dan Siaran Program Radio Kurikulum 2013 edisi revisi 2017
Mata Pelajaran : Program Siaran Artistik
Jam Pelajaran : 734 JP (@ 45 Menit)
Bidang Keahlian : Seni dan Industri Kreatif
Program Keahlian : Seni Broadcasting dan Film
Kompetensi Keahlian : Produksi dan Siaran Program Radio (C3)
Mata Pelajaran : Program Siaran Artistik
Jam Pelajaran : 734 JP (@ 45 Menit)
Bidang Keahlian : Seni dan Industri Kreatif
Program Keahlian : Seni Broadcasting dan Film
Kompetensi Keahlian : Produksi dan Siaran Program Radio (C3)
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Seni Broadcasting dan Film pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Seni Broadcasting dan Film. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Seni Broadcasting dan Film pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Seni Broadcasting dan Film. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menerapkan teknik pernafasan
|
4.1 Melaksanakan teknik pernafasan
|
3.2 Menerapkan teknik berbicara
|
4.2 Melaksanakan teknik berbicara
|
3.3 Menerapkan suara yang sesuai dengan gaya
siaran pada acara yang telah ditetapkan
|
4.3 Menampilkan dengan ekspresi suara yang
sesuai dengan gaya siaran pada acara yang telah ditetapkan
|
3.4 Menerapkan siaran adlibing
|
4.4 Melakukan siaran adlibing
|
3.5 Menganalisis prinsip
penulisan
naskah siaran
radio
|
4.5 Melaksanakan prinsip
penulisan
naskah siaran radio
|
3.6 Menerapkan bahasa tutur
untuk
siaran
|
4.6 Mengolah bahasa tutur untuk
siaran
|
3.7 Mengevaluasi naskah siaran
re-write
|
4.7 Membuat naskah siaran re-
write
|
3.8 Mengevaluasi teknik
penulisan
naskah siaran
|
4.8 Melaksanakan teknikpenulisan
naskah
siaran
|
3.9 Memahami karakter
frekwensi audio
|
4.9 Mengelola karakter frekwensi
audio
|
3.10
Menganalisis
fungsi tombol
Audio
Mixer
|
4.10
Mengoperasikan
fungsi tombol
Audio
Mixer
|
3.11 Menerapkan peralatan
siaran
|
4.11 Mengoperasikan peralatan
siaran
|
3.12
Menerapkan
peralatan
rekaman
|
4.12
Mengoperasikan
peralatan
rekaman
|
3.13 Menerapkan aplikasi
software penyiaran
|
4.13 Mengoperasikan
aplikasi
software penyiaran
|
3.14 Menerapkan aplikasi
software untuk keperluan produksi acara
|
4.14 Mengoperasikan aplikasi software untuk produksi acara
|
3.15 Menerapkan teknik mixing
suara musik
|
4.15
Melaksanakan
an teknik mixing
suara
musik
|
3.16 Mengevaluasi tenik mixing untuk produksi acara
|
4.16 Melaksanakan
tenik mixing
untuk produksi
acara
|
3.17 Menganalisis kualitas audio yang baik untuk produksi
acara
|
4.17
Menampilkan
kualitas audio
yang
baik untuk produksi acara
|
3.18 Memahami berbagai jenis
dan karakter musik Indonesia
|
4.18 Mengelompokan berbagai
jenis dan karakter musik Indoensia
|
3.19
Memahami
berbagai jenis
dan
karakter musik dari luar
Indonesia
|
4.19 Mengelompokan berbagai
jenis dan karakter musik dari luar
Indonesia
|
3.20
Memahami
struktur lagu
|
4.20
Mengulas
struktur lagu
|
3.21 Memahami musik yang
berfungsi untuk membangun nuansa
|
4.21 Menampilkan musik yang
berfungsi untuk membangun nuansa
|
3.22 Memahami prinsip
periklanan
|
4.22 Melaksanakan prinsip
periklanan
|
3.23
Memahami
jenis iklan radio
|
4.23
Mengulas
jenis iklan radio
|
3.24
Mengevaluasi penulisan
iklan
radio
|
4.24
Menyajikan
penulisan iklan
radio
|
3.25
Menganalisis
keperluan lagu
untuk
berbagai acara radio(playlist)
|
4.25
Menampilkan
keperluan lagu
untuk
berbagai acara radio
(playlist)
|
3.26 Menganalisispola rotasi lagu yang akan disiarkan di radio
|
4.26 Menyajikan pola rotasi
lagu yang akan disiarkan di radio
|
3.27
Mengevaluasi program siaran musik sesuai segmentasi pendengar
|
4.27
Menyajikan
program siaran musik sesuai segmentasi pendengar
|
3.28 Menerapkan rencana
rekaman acara musikal
khusus
|
4.28 Mengolah rencana rekaman
acara musikal khusus
|
3.29
Memahami musik tradisi
dari berbagai
wilayah
Indonesia
|
4.29
Mengulas
musik tradisi dari
berbagai
wilayah Indonesia
|
3.30
Memahami
musik tradisi
secara
kultural
|
4.30
Mengulas
musik tradisi secara
kultural
|
3.31
Menganalisis rencana
produksi
program siaran musik tradisional
menjadi acara yang menarik bagi target pendengar
|
4.31
Membuat
rencana produksi
program siaran
musik tradisional menjadi acara yang menarik bagi target pendengar
|
3.32
Memahami
program sandiwara radio yang menarik bagi target pendengar
|
4.32 Mengulas program
sandiwara radio yang menarik bagi target pendengar
|
3.33 Menganalisis plot
sandiwararadio yang “mengalir”
|
4.33 Mengolah
plot sandiwara radio
yang
“mengalir”
|
3.34 Memahami penulisan
naskah sandiwara
radiodengan
dilengkapi sinopsis dan penjelasan karakter pemain
|
4.34 Membuat penulisan naskah
sandiwara radio dengan
dilengkapi
sinopsis dan penjelasan karakter pemain
|
3.35 Menganalisis karakter
suara yang diperlukan untuk
‘membangun’
nuansa sandiwara radio sesuai
tuntutan naskah
|
4.35
Mengelola
karakter suara yang
diperlukan
untuk ‘membangun’
nuansa
sandiwara radio sesuai tuntutan
naskah
|
3.36 Menerapkan musik dan
sound effect yang sesuai
tuntutan
naskah
|
4.36
Mengolah
musik dan sound
effect yang sesuai tuntutan naskah
|
3.37 Mengevaluasi ide kreatif untuk memproduksi sandiwara radio
|
4.37 Menyajikanide kreatif
untuk memproduksi sandiwara radio
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar