Rabu, 22 November 2017

Program Siaran Jurnalistik Produksi dan Siaran Program Radio Revisi 2017

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI dan KD) SMK/MAK Kompetensi Keahlian Produksi dan Siaran Program Radio Kurikulum 2013 edisi revisi 2017
Mata Pelajaran : Program Siaran Jurnalistik
Jam Pelajaran : 350 JP (@ 45 Menit)
Bidang Keahlian : Seni dan Industri Kreatif
Program Keahlian : Seni Broadcasting dan Film
Kompetensi Keahlian : Produksi dan Siaran Program Radio (C3)
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Seni Broadcasting dan Film pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Seni Broadcasting dan Film. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR
3.1    Memahami prinsip berita radio
4.1    Mengulas prinsip berita radio
3.2    Menganalisis piramida terbalik dalam membuat laporan berita
4.2    Menyajikan piramida terbalik dalam membuat laporan berita
3.3    MengevaluasiLead / Teras berita yang menarik bagi
pendengar
4.3    Menyajikan Lead / Teras berita yang menarik bagi pendengar
3.4    Menganalisis Laporan berita
yang sesuai dengan kebutuhan pendengar dan memenuhi kaidah jurnalistik
4.4    Menyajikan Laporan berita
yang sesuai dengan kebutuhan pendengar dan memenuhi kaidah jurnalistik
3.5    Menganalisis (sound bite) Berita Bersisipan yang
menguatkan Laporan Berita
4.5    Menyajikan (sound bite) Berita
Bersisipan yang menguatkan
Laporan Berita
3.6    Mengevaluasi rencana
wawancara yaitu dengan menetapkan  Topik, Tujuan, Nara Sumber
4.6    Merancang wawancara yaitu
dengan menetapkan  Topik, Tujuan, Nara Sumber
3.7    Mengevaluasi Narasumber yang sesuai dengan tujuan
dan topik wawancara
4.7    Menentukan Narasumber yang sesuai dengan tujuan dan topik
wawancara
3.8    Menganalisis Question Route
yang sesuai dengan Topik dan Nara Sumber
4.8    Membuat Question Route yang
sesuai dengan Topik dan Nara
Sumber
3.9    Mengevaluasi wawancara
4.9    Melakukan wawancara
3.10  Memahami kegiatan
reportase sebagai siaran laporan langsung
4.10  Mengulas kegiatan reportase
sebagai siaran laporan langsung
3.11  Menganalisis situasi lokasi laporan untuk dilaporkan dengan menggunakan bahasa tutur / lisan
4.11  Mengolah situasi lokasi laporan untuk dilaporkan dengan menggunakan  bahasa tutur / lisan
3.12  Mengevaluasi siaran
reportase
4.12  Melakukan siaran reportase
3.13  Menganalisis isi features
Radio
4.13  Mengulas isi features  Radio
3.14  Menganalisis rencana produksi features
4.14  Merancang produksi features
3.15  Menganalisis rundown features
4.15  Membuat rundown features
3.16  Menganalisis naskah features
4.16  Membuat naskah features
3.17  Menerapkan produksi features
4.17  Membuat features
3.18  Memahami acara talkshow
4.18  Mengulas acara talkshow
3.19  Menerapkan rencana
produksi acara Talkshow
4.19  Merancang produksi acara
Talkshow
3.20  Menganalisis  rundown
Talkshow
4.20  Membuat  rundown Talkshow
3.21  Menganalisis  naskah
Talkshow
4.21  Membuat  naskah Talkshow
3.22  Menganalisis pelaksanaan
acara talkshow
4.22  Melaksanakan  acara talkshow

Tidak ada komentar:

Posting Komentar