Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI dan KD) SMK/MAK Kompetensi Keahlian Produksi dan Siaran Program Radio Kurikulum 2013 edisi revisi 2017
Mata Pelajaran : Program Siaran Jurnalistik
Jam Pelajaran : 350 JP (@ 45 Menit)
Bidang Keahlian : Seni dan Industri Kreatif
Program Keahlian : Seni Broadcasting dan Film
Kompetensi Keahlian : Produksi dan Siaran Program Radio (C3)
Mata Pelajaran : Program Siaran Jurnalistik
Jam Pelajaran : 350 JP (@ 45 Menit)
Bidang Keahlian : Seni dan Industri Kreatif
Program Keahlian : Seni Broadcasting dan Film
Kompetensi Keahlian : Produksi dan Siaran Program Radio (C3)
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Seni Broadcasting dan Film pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Seni Broadcasting dan Film. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Seni Broadcasting dan Film pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Seni Broadcasting dan Film. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Memahami prinsip berita radio
|
4.1 Mengulas prinsip berita radio
|
3.2 Menganalisis piramida terbalik dalam membuat laporan berita
|
4.2 Menyajikan piramida terbalik dalam membuat
laporan berita
|
3.3 MengevaluasiLead / Teras berita yang menarik bagi
pendengar
|
4.3 Menyajikan Lead / Teras berita yang
menarik bagi pendengar
|
3.4 Menganalisis Laporan berita
yang sesuai
dengan kebutuhan pendengar dan memenuhi kaidah jurnalistik
|
4.4 Menyajikan Laporan berita
yang sesuai
dengan kebutuhan pendengar dan memenuhi kaidah jurnalistik
|
3.5 Menganalisis (sound bite) Berita Bersisipan yang
menguatkan
Laporan Berita
|
4.5 Menyajikan (sound bite) Berita
Bersisipan
yang menguatkan
Laporan
Berita
|
3.6 Mengevaluasi rencana
wawancara yaitu
dengan menetapkan Topik, Tujuan, Nara Sumber
|
4.6 Merancang wawancara yaitu
dengan
menetapkan Topik, Tujuan, Nara
Sumber
|
3.7 Mengevaluasi Narasumber yang sesuai dengan tujuan
dan
topik wawancara
|
4.7 Menentukan Narasumber yang sesuai dengan
tujuan dan topik
wawancara
|
3.8 Menganalisis Question Route
yang
sesuai dengan Topik dan Nara Sumber
|
4.8 Membuat Question Route yang
sesuai dengan Topik dan
Nara
Sumber
|
3.9 Mengevaluasi wawancara
|
4.9 Melakukan wawancara
|
3.10
Memahami
kegiatan
reportase
sebagai siaran laporan langsung
|
4.10
Mengulas
kegiatan reportase
sebagai
siaran laporan langsung
|
3.11
Menganalisis
situasi lokasi laporan untuk dilaporkan dengan menggunakan bahasa tutur /
lisan
|
4.11
Mengolah
situasi lokasi laporan untuk dilaporkan dengan menggunakan bahasa tutur / lisan
|
3.12
Mengevaluasi siaran
reportase
|
4.12
Melakukan
siaran reportase
|
3.13
Menganalisis isi features
Radio
|
4.13
Mengulas
isi features Radio
|
3.14 Menganalisis rencana
produksi features
|
4.14
Merancang
produksi features
|
3.15 Menganalisis rundown features
|
4.15
Membuat
rundown features
|
3.16 Menganalisis naskah features
|
4.16
Membuat
naskah features
|
3.17 Menerapkan produksi
features
|
4.17
Membuat
features
|
3.18
Memahami
acara talkshow
|
4.18
Mengulas
acara talkshow
|
3.19
Menerapkan
rencana
produksi
acara Talkshow
|
4.19
Merancang
produksi acara
Talkshow
|
3.20 Menganalisis
rundown
Talkshow
|
4.20 Membuat rundown Talkshow
|
3.21 Menganalisis naskah
Talkshow
|
4.21 Membuat naskah Talkshow
|
3.22
Menganalisis
pelaksanaan
acara
talkshow
|
4.22
Melaksanakan acara talkshow
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar