Rabu, 22 November 2017

Manajemen Siaran Radio Produksi dan Siaran Program Radio Revisi 2017

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI dan KD) SMK/MAK Kompetensi Keahlian Produksi dan Siaran Program Radio Kurikulum 2013 edisi revisi 2017
Mata Pelajaran : Manajemen Siaran Radio
Jam Pelajaran : 246 JP (@ 45 Menit)
Bidang Keahlian : Seni dan Industri Kreatif
Program Keahlian : Seni Broadcasting dan Film
Kompetensi Keahlian : Produksi dan Siaran Program Radio (C3)
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Seni Broadcasting dan Film pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Seni Broadcasting dan Film. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR
3.1    Memahami dasar manajemen
4.1   Mengulas dasar manajemen
3.2    Memahami bisnis siaran radio
4.2   Mengulas bisnis siaran radio
3.3    Menganalisis acara radio
4.3   Mengolah acara radio
3.4    Menerapkan rundown
siaran
4.4   Mengolah rundown siaran
3.5    Memahami adminsitrasi
siaran
4.5   Mengulas adminsitrasi siaran
3.6    Memahami format radio
4.6   Mengulas Format radio
3.7    Menganalisis program siaran radio
4.7   Merancang program siaran radio
3.8    Menganalisis Cue Program, ID’s, Tune
4.8   MelakukanCue Program, ID’s, Tune
3.9    Mengevaluasi Manajemen
Siaran
4.9   Merancang Manajemen Siaran
3.10  Menganalisis rencana
Siaran program artistik
4.10 Membuat Rencana Siaran
program artistik
3.11  Menganalisis rencana
Siaran program Jurnalistik
4.11 Membuat Rencana Siaran
program jurnalistik
3.12  Menganalisis Rencana
Produksi Acara
4.12 Membuat  Rencana Produksi
Acara
3.13  Menganalisis rencana
Siaran Quist / Game
4.13 Membuat  rencana Siaran Quist
/ Game
3.14  Memahami dasar riset
pendengar
4.14 Melakukan dasar riset pendengar
3.15  Menganalisis riset lagu
4.15 Melakukan riset lagu
3.16  Menganalisis riset acara radio
4.16 Melakukan riset acara radio
3.17  Menganalisis Evaluasi program siaran
4.17 Melakukan Evaluasi program siaran
3.18  Mengevaluasi komparasi
analisa program siaran
4.18 Melakukan komparasi analisa
program siaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar