Mata Pelajaran : Tenun
Bidang Keahlian : Seni dan Desain Kriya
Program Keahlian : Desain dan Produk Kreatif Kriya
Kompetensi Keahlian : Kriya Kreatif Batik dan Tekstil (3 Tahun)
Bidang Keahlian : Seni dan Desain Kriya
Program Keahlian : Desain dan Produk Kreatif Kriya
Kompetensi Keahlian : Kriya Kreatif Batik dan Tekstil (3 Tahun)
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Kriya Kreatif Batik dan Tekstil pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Kriya Kreatif Batik dan Tekstil Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Kriya Kreatif Batik dan Tekstil pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Kriya Kreatif Batik dan Tekstil Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1
Menerapkan teknik tenun polos,
proses, alat dan bahan pembuatan tenun polos dengan ATBM
|
4.1
Mendemontrasikan teknik tenun polos,
proses, alat dan bahan pembuatan tenun polos dengan ATBM
|
6
|
|
|
3.2
Menganalisis teknik tenun polos dengan ATBM
|
4.2
Mengasosiasi teknik tenun
polos dengan ATBM
|
6
|
|
|
3.3
Menganalisis motif tenun polos dengan ATBM
|
4.3
Membuat motif tenun polos dengan ATBM
|
6
|
KRA.TKS.004
(2)A Membuat gambar untuk berbagai macam kriya tekstil
|
SKN perlu direvisi
Belum ada skema (diusulkan)
|
3.4
Memproses tenun polos dengan ATBM
|
4.4
Membuat tenun polos dengan
ATBM
|
20
|
KRA.TKS.002.(1)A
Melaksanakan Persyaratan K-3
KRA.TKS.007 (1)A
Memilih bahan baku yang baik untuk kriya tekstil
KRA.TKS.027.(1)A
Membuat tenun/tapestry dengan alat tenun (ATBM)
|
SKN perlu revisi
Belum ada skema
(diusulkan)
|
3.5
Menganalisis penyelesaian akhir tenun polos dengan teknik makrame
|
4.5
Menyempurnakan tenun polos
dengan tehnik makrame
|
9
|
|
|
3.6
Mengkomunikasikan hasil produk tenun polos dengan ATBM
|
4.6
Memajang hasil produk tenun polos
|
3
|
|
|
3.7
teknik tenun kepar, proses, alat dan bahan
pembuatan tenun kepar dengan ATBM
|
4.7
Mencoba tehnik tenun kepar,
proses, alat dan bahan
|
19
|
KRA.TKS.007 (1)A
Memilih bahan baku yang baik untuk kriya tekstil
KRA.TKS.028
(1)A
Menenun/ tapestri dengan berbagai struktur
tenunan.
KRA.TKS.029
(1)A
Menenun/ tapestri dengan berbagai macam serat dan
variasi warna anyaman
|
SKN perlu revisi
Belum ada skema
(diusulkan)
|
3.8
Menganalisis teknik tenun kepar dengan ATBM
|
4.8
Mengasosiasi
teknik tenun kepar dengan ATBM
|
6
|
|
|
3.9
Menganalisis motif tenun kepar dengan ATBM
|
4.9
Membuat motif tenun kepar
dengan ATBM
|
20
|
KRA.TKS.004 (2)A Membuat gambar untuk berbagai macam kriya tekstil
|
SKN
Belum ada skema
(diusulkan)
|
3.10
Memproses tenun kepar dengan ATBM
|
4.10
Membuat tenun kepar dengan ATBM
|
36
|
KRA.TKS.002.(1)A
Melaksanakan Persyaratan K-3
KRA.TKS.007 (1)A Memilih bahan baku yang baik untuk kriya tekstil
KRA.TKS.028 (1)A
Menenun / tapestri dengan berbagai struktur
tenunan
KRA.TKS.029 (1)A
Menenun/ tapestri dengan berbagai macam serat dan
variasi warna anyaman
|
SKN perlu
diperbaiki
Belum ada skema
(diusulkan)
|
3.11
Menganalisis penyelesaian akhir tenun kepar dengan teknik makrame
|
4.11
Menyempurnakan tenun kepar dengan teknik makrame
|
12
|
|
|
3.12
Mengkomunikasikan tenun kepar dengan ATBM
|
4.12
Memajang tenun kepar dengan ATBM
|
6
|
|
|
3.13
Menerapkan teknik tenun satin,
proses, alat dan bahan pembuatan tenun satin dengan ATBM
|
4.13
Mendemonstrasikan teknik tenun satin, proses,
alat dan bahan pembuatan tenun satin dengan ATBM
|
14
|
|
|
3.14
Menganalisis teknik tenun satin dengan ATBM
|
4.14
Mengasosiasi
teknik tenun satin dengan ATBM
|
14
|
|
|
3.15
Menganalisis motif tenun satin dengan ATBM
|
4.15
Membuat motif tenun satin dengan ATBM
|
35
|
KRA.TKS.004 (2)A Membuat gambar untuk berbagai macam kriya tekstil
|
|
3.16
Memodifikasi produk karya tenun satin dengan
ATBM
|
4.16
Membuat produk karya tenun satin dengan ATBM
|
24
|
KRA.TKS.002.(1)A
Melaksanakan Persyaratan K-3
KRA.TKS.004 (2)A Membuat gambar untuk berbagai macam kriya tekstil
KRA.TKS.007 (1)A Memilih bahan baku yang baik untuk kriya tekstil
KRA.TKS.028 (1)A
Menenun / tapestri dengan berbagai struktur
tenunan
KRA.TKS.029 (1)A
Menenun/ tapestri dengan berbagai macam serat dan
variasi warna anyaman
|
SKN perlu
diperbaiki
Belum ada skema
(diusulkan)
|
3.17
Menyelesaikan akhir produk tenun satin dengan
ATBM
|
4.17
Menyempurnakan akhir produk tenun satin dengan
ATBM
|
24
|
|
|
3.18
Mengevaluasi produk tenun satin dengan ATBM
|
4.18
Mengontrol produk tenun satin dengan ATBM
|
6
|
|
|
3.19
Mengkomunikasikan hasil produk tenun satin dengan ATBM
|
4.19
Memajang hasil produk tenun satin dengan ATBM
|
3
|
|
|
3.20
Menerapkan teknik , proses, alat dan bahan pembuatan tapestri
|
4.20
Mendemonstrasikan teknik, proses, alat dan bahan
pembuatan tapestri
|
13
|
|
|
3.21
Menganalisis motif tapestri
|
4.21
Membuat motif tapestri
|
30
|
KRA.TKS.004 (2)A Membuat gambar untuk berbagai macam kriya tekstil
|
|
3.22
Memproses produk karya tapestri
|
4.22
Membuat produk dengan teknik tapestri
|
40
|
KRA.TKS.002.(1)A
Melaksanakan Persyaratan K-3
KRA.TKS.007 (1)A Memilih bahan baku yang baik untuk kriya tekstil
KRA.TKS.028 (1)A
Menenun / tapestri dengan berbagai struktur
tenunan
KRA.TKS.029 (1)A
Menenun/ tapestri dengan
berbagai macam serat dan variasi warna anyaman
|
SKN perlu
diperbaiki
Belum ada skema
(diusulkan)
|
3.23
Membuat produk dengan teknik
|
4.23
Menyempurnakan akhir produk tapestri dengan tehnik makrame
|
12
|
|
|
3.24
Mengevaluasi produk tapestri
|
4.24
Mengontrol produk tapestri
|
15
|
|
|
3.25
Mengkomunikasikan hasil
produk tapestri
|
4.25
Memajang hasil produk tapestri
|
6
|
|
|
JUMLAH JAM
|
384
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar