Sabtu, 04 Agustus 2018

Jahit - Kriya Kreatif Batik dan Tekstil

Mata Pelajaran : Jahit
Bidang Keahlian : Seni dan Desain Kriya
Program Keahlian : Desain dan Produk Kreatif Kriya
Kompetensi Keahlian : Kriya Kreatif Batik dan Tekstil (3 Tahun)


KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Kriya Kreatif Batik dan Tekstil pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Kriya Kreatif Batik dan Tekstil Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1   Memahami teknik, proses, alat dan bahan jahit tindas
4.1   Mendemontrasikan teknik, proses, alat dan bahan jahit tindas
6


3.2   Menganalisis produk karya dengan keteknikan jahit tindas pengisi lembaran
4.2  Merancang produk karya dengan keteknikan jahit tindas pengisi lembaran
6
KRA.TKS.004 (2)A Membuat gambar untuk berbagai macam kriya  tekstil
SKN
Belum ada skema (diusulkan)
3.3   Menerapkan produk karya dengan keteknikan jahit tindas pengisi lembaran
4.3   Membuat produk karya dengan keteknikan jahit tindas pengisi lembaran
30
KRA.TKS.002.(1)A
Melaksanakan Persyaratan K-3

KRA.TKS.007 (1)A Memilih bahan baku yang baik untuk  kriya tekstil

KRA.TKS.006 (2)A
Menggunakan Peralatan yang dijalankan dengan tenaga listrik untuk pembuatan kriya tekstil

KRA.TKS.022 (2)A
Menjahit tindas lembaran untuk komponen pelengkap pakaian
SKN perlu direvisi
Belum ada skema (diusulkan)
3.4   Menganalisis produk karya dengan keteknikan jahit tindas pengisi lembaran
4.4   Menyaji produk karya dengan keteknikan jahit tindas pengisi lembaran
3


3.5   Menganalisis produk karya dengan keteknikan jahit tindas pengisi tali, susulan dan efek bayangan
4.5  Merancang produk karya dengan keteknikan jahit tindas dengan pengisi tali, susulan dan efek bayangan
12
KRA.TKS.004 (2)A Membuat gambar untuk berbagai macam kriya  tekstil
SKN perlu direvisi
Belum ada skema (diusulkan)
3.6   Menerapkan produk karya dengan keteknikan jahit tindas pengisi tali,susulan dan efek bayangan
4.6   Membuat produk karya dengan keteknikan jahit tindas pengisi tali,susulan dan efek bayangan
24
KRA.TKS.002.(1)A
Melaksanakan Persyaratan K-3

KRA.TKS.007 (1)A Memilih bahan baku yang baik untuk  kriya tekstil

KRA.TKS.006 (2)A
Menggunakan Peralatan yang dijalankan dengan tenaga listrik untuk pembuatan kriya tekstil
SKN perlu direvisi
Belum ada skema (diusulkan)
3.7   Menganalisis produk karya dengan keteknikan jahit tindas pengisi tali,susulan dan efek bayangan
4.7   Menyaji produk karya dengan keteknikan jahit tindas pengisi tali,susulan dan efek bayangan
6


3.8  Memahami teknik, proses, alat dan bahan jahit perca
4.8   Mendemonstrasikan teknik, proses, alat dan bahan jahit perca
6


3.9   Menganalisis produk karya dengan keteknikan jahit perca dengan cara acak
4.9   Merancang produk karya dengan keteknikan jahit perca dengan cara acak
12
KRA.TKS.004 (2)A Membuat gambar untuk berbagai macam kriya  tekstil
SKN perlu direvisi
Belum ada skema (diusulkan)
3.10   Menerapkan produk karya dengan keteknikan jahit perca dengan cara acak
4.10  Membuat produk karya dengan keteknikan jahit perca dengan cara acak
30
KRA.TKS.002.(1)A
Melaksanakan Persyaratan K-3

KRA.TKS.007 (1)A Memilih bahan baku yang baik untuk  kriya tekstil

KRA.TKS.006 (2)A
Menggunakan Peralatan yang dijalankan dengan tenaga listrik untuk pembuatan kriya tekstil

KRA.TKS.019 (1)A
Menjahit perca dengan cara acak/ tak beraturan
SKN perlu direvisi
Belum ada skema (diusulkan)
3.11   Menganalisis produk karya dengan keteknikan jahit perca pola geometris
4.11  Merancang produk karya dengan keteknikan jahit perca pola geometris
16
KRA.TKS.004 (2)A Membuat gambar untuk berbagai macam kriya  tekstil

3.12   Menerapkan produk karya dengan keteknikan jahit perca pola geometris
4.12  Membuat produk karya dengan keteknikan jahit perca pola geometris
30
KRA.TKS.006 (2)A
Menggunakan Peralatan yang dijalankan dengan tenaga listrik untuk pembuatan kriya tekstil


KRA.TKS.022 (2)A
Menjahit tindas lembaran untuk komponen pelengkap pakaian
SKN perlu direvisi
Belum ada skema (diusulkan)
3.13   Mengevaluasi produk karya dengan keteknikan jahit perca pola geometris
4.13  Menyajikan produk karya dengan keteknikan jahit perca pola geometris
12


3.14   Memahami teknik, proses, alat dan bahan sulam
4.14      Mendemontrasikan teknik, proses, alat dan bahan sulam
6


3.15   Menerapkan produk karya dengan teknik sulam tangan
4.15  Membuat produk karya dengan teknik sulam tangan
42
KRA.TKS.002.(1)A
Melaksanakan Persyaratan K-3

KRA.TKS.007 (1)A Memilih bahan baku yang baik untuk  kriya tekstil

KRA.TKS.023 (1)A
Menjahit strimin/kristik, berupa sulaman silang-silangan benang yang berulang dan teratur


SKN perlu direvisi
Belum ada skema (diusulkan)
3.16   Menganalisis produk karya dengan teknik sulam tangan
4.16  Menyaji produk karya dengan teknik sulam tangan
7


3.17   Mengevaluasi produk karya dengan teknik sulam tangan
4.17  Mengontrol produk karya dengan teknik sulam tangan
14


3.18   Memodifikasi produk karya dengan teknik sulam mesin
4.18 Mendemonstrasikan produk karya dengan teknik sulam mesin
35


3.19      Menentukan produk karya dengan teknik sulam mesin
4.19 Merancang produk karya  dengan teknik sulam mesin
14
KRA.TKS.004 (2)A Membuat gambar untuk berbagai macam kriya  tekstil
SKN perlu direvisi
Belum ada skema (diusulkan)
3. 20  Menerapkan produk karya dengan teknik sulam mesin
4. 20 Membuat produk karya dengan teknik sulam mesin
30
KRA.TKS.002.(1)A
Melaksanakan Persyaratan K-3

KRA.TKS.007 (1)A Memilih bahan baku yang baik untuk  kriya tekstil

KRA.TKS.024 (3)A
Membuat sulam sulam/bordir dengan menggunakan mesin Jahit biasa dan mesin jahit listrik
SKN perlu direvisi
Belum ada skema (diusulkan)
3. 21 Menganalisis produk karya dengan teknik sulam mesin
4. 21 Memperbaiki produk karya dengan teknik sulam mesin
7


4. 22 Mengevalua si produk karya dengan teknik sulam mesin
4. 22 Menyajikan produk karya dengan teknik sulam mesin
7


3. 23 Memahami teknik, proses, alat dan bahan jahit aplikasi
4. 23 Mendemonstrasikan teknik, proses, alat dan bahan jahit aplikasi
15


3. 24 Menganalisis produk karya dengan teknik jahit aplikasi
4. 24 Merancang produk karya dengan teknik jahit aplikasi
14
KRA.TKS.004 (2)A Membuat gambar untuk berbagai macam kriya  tekstil
SKN perlu direvisi
Belum ada skema (diusulkan)
3. 25 Menerapkan produk karya dengan teknik jahit aplikasi
4. 25 Membuat produk karya dengan teknik jahit aplikasi
42
KRA.TKS.002.(1)A
Melaksanakan Persyaratan K-3

KRA.TKS.007 (1)A Memilih bahan baku yang baik untuk  kriya tekstil
KRA.TKS.021 (1)A
Kriya Tekstil jahit tindas/aplikasi untuk keperluan busana dan keperluan rumah tanggan
SKN perlu direvisi
Belum ada skema (diusulkan)
3. 26 Menganalisis produk karya teknik jahit aplikasi
4. 26 Menyaji produk karya teknik jahit aplikasi
14


3. 27Mengevaluasi produk karya teknik jahit aplikasi
4. 27 Menyajikan  produk karya  jahit aplikasi

14


JUMLAH JAM
454


Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar