Mata Pelajaran : Jahit
Bidang Keahlian : Seni dan Desain Kriya
Program Keahlian : Desain dan Produk Kreatif Kriya
Kompetensi Keahlian : Kriya Kreatif Batik dan Tekstil (3 Tahun)
Bidang Keahlian : Seni dan Desain Kriya
Program Keahlian : Desain dan Produk Kreatif Kriya
Kompetensi Keahlian : Kriya Kreatif Batik dan Tekstil (3 Tahun)
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Kriya Kreatif Batik dan Tekstil pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Kriya Kreatif Batik dan Tekstil Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Kriya Kreatif Batik dan Tekstil pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Kriya Kreatif Batik dan Tekstil Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1
Memahami teknik, proses, alat dan bahan jahit tindas
|
4.1
Mendemontrasikan teknik,
proses, alat dan bahan jahit tindas
|
6
|
|
|
3.2
Menganalisis produk karya
dengan keteknikan jahit tindas pengisi lembaran
|
4.2 Merancang produk karya dengan keteknikan jahit tindas pengisi
lembaran
|
6
|
KRA.TKS.004 (2)A Membuat gambar untuk berbagai macam kriya tekstil
|
SKN
Belum ada skema (diusulkan)
|
3.3 Menerapkan produk karya dengan keteknikan jahit tindas
pengisi lembaran
|
4.3 Membuat produk karya dengan keteknikan jahit tindas
pengisi lembaran
|
30
|
KRA.TKS.002.(1)A
Melaksanakan Persyaratan K-3
KRA.TKS.007 (1)A Memilih bahan baku yang baik
untuk kriya tekstil
KRA.TKS.006 (2)A
Menggunakan
Peralatan yang dijalankan dengan tenaga listrik untuk pembuatan kriya tekstil
KRA.TKS.022 (2)A
Menjahit tindas lembaran untuk komponen pelengkap pakaian
|
SKN perlu direvisi
Belum ada skema
(diusulkan)
|
3.4 Menganalisis produk karya dengan keteknikan jahit
tindas pengisi lembaran
|
4.4
Menyaji produk karya dengan
keteknikan jahit tindas pengisi lembaran
|
3
|
|
|
3.5 Menganalisis produk karya dengan keteknikan jahit
tindas pengisi tali, susulan dan efek bayangan
|
4.5 Merancang produk karya dengan
keteknikan jahit tindas dengan pengisi tali, susulan dan efek bayangan
|
12
|
KRA.TKS.004 (2)A Membuat gambar untuk berbagai macam kriya tekstil
|
SKN perlu direvisi
Belum ada skema
(diusulkan)
|
3.6 Menerapkan produk karya dengan keteknikan jahit tindas
pengisi tali,susulan dan efek bayangan
|
4.6 Membuat produk karya dengan keteknikan jahit tindas
pengisi tali,susulan dan efek bayangan
|
24
|
KRA.TKS.002.(1)A
Melaksanakan Persyaratan K-3
KRA.TKS.007 (1)A Memilih bahan baku yang baik
untuk kriya tekstil
KRA.TKS.006 (2)A
Menggunakan
Peralatan yang dijalankan dengan tenaga listrik untuk pembuatan kriya tekstil
|
SKN perlu direvisi
Belum ada skema
(diusulkan)
|
3.7 Menganalisis produk karya dengan keteknikan jahit
tindas pengisi tali,susulan dan efek bayangan
|
4.7 Menyaji produk karya dengan keteknikan jahit tindas
pengisi tali,susulan dan efek bayangan
|
6
|
|
|
3.8 Memahami teknik, proses,
alat dan bahan jahit perca
|
4.8
Mendemonstrasikan teknik,
proses, alat dan bahan jahit perca
|
6
|
|
|
3.9 Menganalisis produk karya dengan keteknikan jahit perca
dengan cara acak
|
4.9
Merancang produk karya
dengan keteknikan jahit perca dengan cara acak
|
12
|
KRA.TKS.004 (2)A Membuat gambar untuk berbagai macam kriya tekstil
|
SKN perlu direvisi
Belum ada skema
(diusulkan)
|
3.10 Menerapkan produk karya dengan keteknikan jahit perca
dengan cara acak
|
4.10
Membuat produk karya dengan
keteknikan jahit perca dengan cara acak
|
30
|
KRA.TKS.002.(1)A
Melaksanakan Persyaratan K-3
KRA.TKS.007 (1)A Memilih bahan baku yang baik
untuk kriya tekstil
KRA.TKS.006 (2)A
Menggunakan
Peralatan yang dijalankan dengan tenaga listrik untuk pembuatan kriya tekstil
KRA.TKS.019 (1)A
Menjahit perca dengan cara acak/ tak beraturan
|
SKN perlu direvisi
Belum ada skema
(diusulkan)
|
3.11 Menganalisis produk karya dengan keteknikan jahit perca
pola geometris
|
4.11
Merancang produk karya
dengan keteknikan jahit perca pola geometris
|
16
|
KRA.TKS.004 (2)A Membuat gambar untuk berbagai macam kriya tekstil
|
|
3.12 Menerapkan produk karya dengan keteknikan jahit perca
pola geometris
|
4.12
Membuat produk karya dengan
keteknikan jahit perca pola geometris
|
30
|
KRA.TKS.006 (2)A
Menggunakan
Peralatan yang dijalankan dengan tenaga listrik untuk pembuatan kriya tekstil
KRA.TKS.022 (2)A
Menjahit tindas lembaran untuk komponen pelengkap pakaian
|
SKN perlu direvisi
Belum ada skema
(diusulkan)
|
3.13 Mengevaluasi produk karya dengan keteknikan jahit perca
pola geometris
|
4.13
Menyajikan produk karya
dengan keteknikan jahit perca pola geometris
|
12
|
|
|
3.14
Memahami teknik, proses, alat dan bahan sulam
|
4.14
Mendemontrasikan teknik,
proses, alat dan bahan sulam
|
6
|
|
|
3.15 Menerapkan produk karya dengan teknik sulam tangan
|
4.15
Membuat produk karya dengan
teknik sulam tangan
|
42
|
KRA.TKS.002.(1)A
Melaksanakan Persyaratan K-3
KRA.TKS.007 (1)A Memilih bahan baku yang baik
untuk kriya tekstil
KRA.TKS.023 (1)A
Menjahit
strimin/kristik, berupa sulaman silang-silangan benang yang berulang dan
teratur
|
SKN perlu direvisi
Belum ada skema
(diusulkan)
|
3.16 Menganalisis produk karya dengan teknik sulam tangan
|
4.16
Menyaji produk karya dengan
teknik sulam tangan
|
7
|
|
|
3.17 Mengevaluasi produk karya dengan teknik sulam tangan
|
4.17
Mengontrol produk karya
dengan teknik sulam tangan
|
14
|
|
|
3.18 Memodifikasi produk karya dengan teknik sulam mesin
|
4.18 Mendemonstrasikan produk karya dengan teknik sulam
mesin
|
35
|
|
|
3.19
Menentukan produk karya
dengan teknik sulam mesin
|
4.19 Merancang produk karya
dengan teknik sulam mesin
|
14
|
KRA.TKS.004 (2)A Membuat gambar untuk berbagai macam kriya tekstil
|
SKN perlu direvisi
Belum ada skema
(diusulkan)
|
3. 20 Menerapkan
produk karya dengan teknik sulam mesin
|
4. 20 Membuat produk karya dengan teknik sulam mesin
|
30
|
KRA.TKS.002.(1)A
Melaksanakan Persyaratan K-3
KRA.TKS.007 (1)A Memilih bahan baku yang baik
untuk kriya tekstil
KRA.TKS.024 (3)A
Membuat
sulam sulam/bordir dengan menggunakan mesin Jahit biasa dan mesin jahit
listrik
|
SKN perlu direvisi
Belum ada skema
(diusulkan)
|
3. 21 Menganalisis produk karya dengan teknik sulam
mesin
|
4. 21 Memperbaiki produk karya dengan teknik sulam mesin
|
7
|
|
|
4. 22 Mengevalua si produk karya dengan teknik sulam
mesin
|
4. 22 Menyajikan produk karya dengan teknik sulam mesin
|
7
|
|
|
3. 23 Memahami teknik, proses, alat dan bahan jahit aplikasi
|
4. 23 Mendemonstrasikan teknik, proses, alat dan bahan jahit aplikasi
|
15
|
|
|
3. 24 Menganalisis produk karya dengan teknik jahit
aplikasi
|
4. 24 Merancang produk karya dengan teknik jahit
aplikasi
|
14
|
KRA.TKS.004 (2)A Membuat gambar untuk berbagai macam kriya tekstil
|
SKN perlu direvisi
Belum ada skema
(diusulkan)
|
3. 25 Menerapkan produk karya dengan teknik
jahit aplikasi
|
4. 25 Membuat produk karya dengan teknik jahit aplikasi
|
42
|
KRA.TKS.002.(1)A
Melaksanakan Persyaratan K-3
KRA.TKS.007 (1)A Memilih bahan baku yang baik
untuk kriya tekstil
KRA.TKS.021 (1)A
Kriya Tekstil jahit
tindas/aplikasi untuk keperluan busana dan keperluan rumah tanggan
|
SKN perlu direvisi
Belum ada skema
(diusulkan)
|
3. 26 Menganalisis produk karya teknik jahit
aplikasi
|
4. 26 Menyaji produk karya teknik jahit aplikasi
|
14
|
|
|
3. 27Mengevaluasi produk karya teknik jahit
aplikasi
|
4. 27 Menyajikan
produk karya jahit aplikasi
|
14
|
|
|
JUMLAH JAM
|
454
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar