Mata Pelajaran : Teknik Kerja Finishing
Bidang Keahlian : Seni dan Desain Kriya
Program Keahlian : Desain dan Produk Kreatif Kriya
Kompetensi Keahlian : Kriya Kreatif Kayu dan Rotan (3 Tahun)
Bidang Keahlian : Seni dan Desain Kriya
Program Keahlian : Desain dan Produk Kreatif Kriya
Kompetensi Keahlian : Kriya Kreatif Kayu dan Rotan (3 Tahun)
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Kriya Kreatif Kayu dan Rotan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Kriya Kreatif Kayu dan RotanMenampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Kriya Kreatif Kayu dan Rotan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Kriya Kreatif Kayu dan RotanMenampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1.
Menganalisis sifat sifat kimia dan fisika dari bahan bahan dalam
finishing, teknik oles dengan bahan politur
|
4.1
Membuat formula,dengan
mencampur bahan bahan finishing untuk finishing teknik oles dengan bahan
politur
|
8
|
KRA.KYU.702.1.A
Mencampur bahan finishing kayu
|
disempurnakan
|
3.2.
Mengananalisis kerusakan alat
peralatan finishing teknik oles.
|
4.2
Melakukan perbaikan
alat peralatan finishing teknik oles.
|
8
|
||
3.3.
Menerapkan proses finishing produk kriya kayu dengan bahan politur
|
4.3
Melakukan proses finishing produk kriya kayudengan bahan politur
|
16
|
KRA.KYU.705.2.A
Mengerjakan proses finising sistem oles dan
menyapu dengan kuas
|
disempurnakan
|
3.4.
Mengevaluasi
hasil finishing produk kriya kayu dengan teknik politur
|
4.4
Mempresentasikan
hasil evaluasi finishing produk kriya kayu dengan teknik politur
|
8
|
||
3.5.
Menganalisis
karakteristik alat dalam teknik oles bahan water based
|
4.5 Meramu
bahan-bahan untuk finishing teknik oles bahan water based
|
8
|
KRA.KYU.702.1.A
Mencampur bahan finishing kayu
|
disempurnakan
|
3.6.
Menganalisis kerusakan alat
peralatan finishing teknik oles
bahan water based
|
4.6
Menggunakan
peralatan finishing teknik oles dengan bahan water based
|
16
|
||
3.7.
Menerapkan proses finishing produk kriya kayu teknik oles dengan bahan water
based
|
4.7
Melapisi produk kriya kayu finishing teknik oles dengan bahan water
based
|
16
|
KRA.KYU.705.2.A
Mengerjakan proses finising sistem oles dan
menyapu dengan kuas
|
disempurnakan
|
3.8.
Menganalisis
komposisi cat minyak dalam finishing produk kriya kayu dengan teknik oles
|
4.8
Membuat
formula campuran bahan finishing cat minyak pada teknik finishing dengan kuas
|
8
|
KRA.KYU.702.1.A
Mencampur bahan finishing kayu
|
disempurnakan
|
3.9.
Menentukan
Prosedur kerja dalam melakukan finishing cat minyak dengan teknik kuas.
|
4.9
Menfinishing
produk kriya kayu dengan bahan minyak teknik kuas.
|
16
|
KRA.KYU.707.3.A
Mengerjakan finising dengan teknik kombinasi
|
disempurnakan
|
3.10.
Memilih
finishing kriya kayu bahan wax
|
4.10
Mengolah
bahan wax untuk finishing kriya kayu sesuai karakteristik kayu.
|
8
|
KRA.KYU.702.1.A
Mencampur
bahan finishing kayu
|
disempurnakan
|
3.11.
Menyusun
Prosedur dalam finishing dengan teknik kuas bahan wax
|
4.11
Melakukan
finishing produk kriya kayu dengan teknik kuas bahan wax.
|
14
|
Belum
ada
|
diusulkan
|
3.12.
Memilih
bahan finishing kriya kayu dengan teak oil
|
4.12
Membuat
formula campuran teak oil
|
8
|
KRA.KYU.702.1.A
Mencampur bahan finishing kayu
|
disempurnakan
|
3.13.
Menganalisis
finishing produk kriya kayu teknik tempel
|
4.13
Membuat
formula perekat finishing teknik tempel.
|
8
|
||
3.14.
Menyusun
prosedur finishing produk kriya kayu dengan teknik tempel.
|
4.14
Melakukan
finishing produk kriya kayu dengan teknik tempel.
|
18
|
KRA.KYU.707.3.A
Mengerjakan finising dengan teknik kombinasi
|
disempurnakan
|
3.15.
Menentukan
prosedur kerja dalam finishing produk
kriya kayu dengan teak oil.
|
4.15
Melakukan
finishing produk kriya kayu dengan teak oil
|
14
|
Belum
ada
|
diusulkan
|
3.16.
Menganalisis
bahan finishing antik dengan teknik oles.
|
4.16
Membuat
formula campuran bahan finishing antik dengan teknik oles.
|
12
|
KRA.KYU.702.1.A
Mencampur bahan finishing kayu
|
disempurnakan
|
3.17.
Menyusun
prosedur kerja teknik finishing antik dengan teknik oles
|
4.17
Melakukan
produk kriya kayu finishing antik dengan teknik oles
|
14
|
KRA.KYU.707.3.A
Mengerjakan
finising dengan teknik kombinasi
|
disempurnakan
|
3.18.
Menganalisis
karakterisrik bahan dan alat dalam
finishing teknik bakar.
|
4.18
Membuat
formula campuran bahan-bahan yang digunakan pada teknik finishing bakar
|
10
|
KRA.KYU.702.1.A
Mencampur
bahan finishing kayu
|
disempurnakan
|
3.19.
Menyusun
prosedur finishing dengan teknik bakar
|
4.19
Melakukan
finishing kriya kayu dengan teknik bakar.
|
14
|
Belum
ada
|
diusulkan
|
3.20.
Mengevaluasi
finishing produk kriya kayu dengan teknik bakar
|
4.20
Mempresentasikan
hasil evaluasi finishing produk kriya kayu dengan teknik bakar.
|
8
|
||
3.21.
Menganalisis
sifat sifat fisika dan
kimia ,bahan bahan finshing dalam teknik semprot
dengan bahan melamine,bahan
finishing cairan ,siap pakai.
|
4.21
Membuat formula,dengan mencampur bahan bahan
finishing menggunakan teknis semprot .
|
8
|
KRA.KYU.703.2.A
Mencampur
warna cat/pewarna semprot
|
|
3.22.
Menguraikan prosedur finishing
kriya kayu dengan bahan melamin lack
|
4.22
Melakukan
finishing produk kriya kayu dengan bahan melamin lack dengan teknik semprot.
|
16
|
KRA.KYU.706.3.A
Mengerjakan
finising sistem semprot
|
|
3.23.
Menganalisis kerusakan-kerusakan
alat teknik semprot
|
4.23
Melakukan perbaikan
alat untuk finishing teknik semprot
|
16
|
||
3.24.
Menganalisis bahan finishing
produik kriya kayu berbahan Nitro cellulose ( NC)
|
4.24
Membuat
formula campuran bahan finishing Nitro cellulose (NC) pada teknik semprot.
|
8
|
||
JUMLAH JAM PELAJARAN (JP)
|
280
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar