Mata Pelajaran : Produk Kreatif dan Kewirausahaan
Bidang Keahlian : Seni dan Desain Kriya
Program Keahlian : Desain dan Produk Kreatif Kriya
Kompetensi Keahlian : Kriya Kreatif Kayu dan Rotan (3 Tahun)
Bidang Keahlian : Seni dan Desain Kriya
Program Keahlian : Desain dan Produk Kreatif Kriya
Kompetensi Keahlian : Kriya Kreatif Kayu dan Rotan (3 Tahun)
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Kriya Kreatif Kayu dan Rotan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Kriya Kreatif Kayu dan Rotan Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Kriya Kreatif Kayu dan Rotan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Kriya Kreatif Kayu dan Rotan Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1
Menerapkan pola pikir kritis dan kreatif pada produk/layanan
|
3.1
Menganalisis peluang usaha pada produk/layanan
|
5
|
||
3.2
Memahami sikap entrepreneur pelaku usaha
|
3.2
Mengobservasi sikap entrepeneur pada pelaku usaha
|
10
|
||
3.3
Mendesain prototipe, dan kemasan produk
|
3.3
Membuat desain, prototipe, dan kemasan produk
|
20
|
Belum
ada
|
diusulkan
|
3.4
Menganalisis proses produksi pada pembuatan
prototipe
|
3.4
Membuat alur dan proses kerja produksi
|
10
|
Belum
ada
|
diusulkan
|
3.5
Menganalisis biaya produk pada prototipe
|
3.5
Menghitung biaya produk
|
10
|
Belum
ada
|
diusulkan
|
3.6
Menerapkan proses kerja produksi pembuatan
prototipe
|
3.6
Membuat prototipe
|
40
|
Belum
ada
|
diusulkan
|
3.7
Mengevaluasi kesesuaian
prototipe
|
3.7
Menguji prototipe sesuai prosedur
|
10
|
||
3.8
Merencanakan proses produksi massal
|
3.8
Melakukan persiapan produksi massal
|
10
|
||
3.9
Merancang indikator keberhasilan tahapan produksi massal
|
3.9
Membuat indikator keberhasilan tahapan produksi
miasal
|
5
|
||
3.10
Menerapkan
proses produksi massal
|
3.10
Melakukan produksi masal
|
60
|
Belum
ada
|
diusulkan
|
3.11
Menerapkan pola pikir kritis dan kreatif pada produk
|
3.11
Menganalisis peluang usaha pada produk/layanan
|
5
|
||
3.12
Menerapkan metoda perakitan produk/layanan
|
3.12
Melakukan perakitan produk
|
60
|
Belum
ada
|
diusulkan
|
3.13
Mengevaluasi kelayakan produk/layanan
|
3.13
Melakukan pengujian kelayakan produk/layanan
|
30
|
||
3.14
Memahami paparan deskriptif, naratif,
argumentatif, atau persuasif produk/layanan
|
3.14
Menyusun paparan deskriptif, naratif,
argumentatif, atau persuasif produk/layanan
|
5
|
||
3.15
Menentukan media promosi
|
3.15
Membuat media promosi berdasarkan segmentasi
pasar
|
20
|
Belum
ada
|
diusulkan
|
3.16
Menentukan strategi
pemasaran
|
3.16
Melakukan
pemasaran
|
20
|
Belum
ada
|
diusulkan
|
3.17
Mengevaluasi perkembangan usaha
|
3.17
Mengembangkan usaha sesuai
hasil evaluasi
|
10
|
||
3.18
Menentukan standar laporan keuangan
|
3.18
Membuat Laporan Keuangan
|
20
|
Belum
ada
|
diusulkan
|
JUMLAH JAM PELAJARAN (JP)
|
350
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar