Mata Pelajaran : Tatah Sungging Kulit
Bidang Keahlian : Seni dan Desain Kriya
Program Keahlian : Desain dan Produk Kreatif Kriya
Kompetensi Keahlian : Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi (3 Tahun)
Bidang Keahlian : Seni dan Desain Kriya
Program Keahlian : Desain dan Produk Kreatif Kriya
Kompetensi Keahlian : Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi (3 Tahun)
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENS DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1
Menganalisis pembuatan desain produk kulit mentah tatah
sungging dua dimensi.
|
3.1
Membuat desain produk kulit mentah tatah sungging
dua dimensi.
|
34
|
Produk tatah sungging kulit
dua dimensi
|
|
3.2
Memahami pengunaan alat dan bahan dalam pembuatan produk kulit mentah tatah
sungging dua dimensi.
|
3.2 Mendemontrasikan penggunaan alat dan bahan dalam pembuatan produk kulit mentah tatah
sungging dua dimensi.
|
24
|
||
3.3
Menerapkan
pembuatan
pola produk kulit mentah tatah sungging dua dimensi.
|
3.3 Membuat
pola produk kulit mentah tatah sungging dua dimensi.
|
16
|
KRA.KLT.003 (3) A Membuat Pola Produk Kriya Kulit
dan Imitasi
|
|
3.4
Menerapkan pemotongan bahan produk kulit mentah tatah
sungging dua dimensi.
|
3.4 Memotong
bahan produk kulit mentah tatah sungging dua dimensi.
|
8
|
KRA.KLT.005 (2) A Memotong Komponen Kulit dan Imitasi
|
|
3.5
Menerapkan proses
menatah produk kulit mentah tatah sungging dua dimensi.
|
3.5 Menatah
produk kulit mentah tatah sungging dua dimensi.
|
48
|
||
3.6
Menerapkan
proses menyungging produk kulit mentah tatah sungging
dua dimensi.
|
3.6 Menyungging
komponen produk kulit mentah tatah sungging dua dimensi.
|
48
|
||
3.7
Menerapkan proses
merada dan membuat isen-isen komponen produk kulit mentah tatah sungging dua
dimensi.
|
3.7 Merada
dan membuat isen-isen komponen produk kulit mentah tatah sungging dua dimensi.
|
22
|
||
3.8
Menerapkan
proses finishing produk kulit mentah tatah sungging dua dimensi.
|
3.8 Melaksanakan proses finishing produk kulit
mentah tatah sungging dua dimensi.
|
8
|
Penyelesaian Akhir (Finishing) Produk
Kulit dan Imitasi
|
|
3.9
Mengevaluasi pembuatan produk kulit mentah tatah sungging dua dimensi.
|
3.9 Menyajikan hasil evaluasi produk kulit mentah tatah sungging dua dimensi.
|
8
|
||
3.10 Menganalisis
pembuatan desain produk kulit mentah tatah sungging tiga dimensi.
|
3.10
Mendesain produk kulit mentah tatah sungging tiga
dimensi.
|
30
|
Produk tatah sungging kulit
tiga dimensi
|
|
3.11 Memahami prosedur pengunaan alat dan bahan dalam pembuatan produk kulit mentah tatah
sungging tiga dimensi.
|
3.11 Menggunakan alat dan bahan dalam pembuatan
produk kulit mentah tatah sungging tiga dimensi.
|
22
|
||
3.12 Menerapkan pembuatan pola produk kulit mentah tatah
sungging tiga dimensi
|
3.12 Membuat
pola produk kulit mentah tatah
sungging tiga dimensi.
|
18
|
KRA.KLT.003 (3) A Membuat Pola Produk Kriya Kulit
dan Imitasi
|
|
3.13
Menerapkan pemotongan bahan produk kulit mentah tatah
sungging tiga dimensi.
|
3.13
Memotong
bahan produk kulit mentah tatah sungging tiga dimensi.
|
8
|
KRA.KLT.005 (2) A Memotong Komponen Kulit dan Imitasi
|
|
3.14 Menerapkan
menatah produk kulit mentah tatah sungging tiga dimensi.
|
3.14
Menatah produk kulit mentah tatah sungging tiga
dimensi.
|
44
|
||
3.15 Menerapkan
prosedur menyungging produk kulit mentah tatah sungging tiga dimensi.
|
3.15 Menyungging
produk kulit mentah tatah sungging tiga dimensi.
|
44
|
||
3.16 Menerapkan proses merada
dan membuat isen-isen komponen produk kulit mentah tatah sungging tiga dimensi.
|
3.16 Merada
dan membuat isen-isen komponen produk kulit mentah tatah sungging tiga
dimensi.
|
22
|
||
3.17 Menerapkan finishing produk kulit mentah tatah
sungging tiga dimensi.
|
3.17 Melaksanakan proses finishing produk kulit
mentah tatah sungging tiga dimensi.
|
8
|
Penyelesaian Akhir (Finishing) Produk
Kulit dan Imitasi
|
|
3.18 Mengevaluasi pembuatan
produk kulit mentah tatah sungging tiga dimensi
|
3.18 Menyajikan hasil evaluasi dan analisa produk kulit
mentah tatah sungging tiga dimensi
|
8
|
||
Jumlah Jam Pelajaran (JP)
|
420
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar