Mata Pelajaran : Pengelolaan Usaha Produk Kreatif
Bidang Keahlian : Seni dan Desain Kriya
Program Keahlian : Desain dan Produk Kreatif Kriya
Kompetensi Keahlian : Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi (3 Tahun)
Bidang Keahlian : Seni dan Desain Kriya
Program Keahlian : Desain dan Produk Kreatif Kriya
Kompetensi Keahlian : Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi (3 Tahun)
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
WAKTU
|
SERTIFIKASI
KOMPETENSI
|
3.1 Menerapkan pola pikir kritis dan kreatif pada produk/layanan
|
3.1 Menganalisis peluang usaha pada produk/layanan
|
5
|
|
3.2 Memahami sikap entrepreneur pelaku usaha
|
3.2 Mengobservasi sikap entrepeneur pada pelaku usaha
|
10
|
|
3.3 Mendesain prototipe, dan kemasan produk
|
3.3 Mendesain, prototipe, dan kemasan produk
|
20
|
|
3.4 Menganalisis proses produksi pada pembuatan
prototipe
|
3.4 Membuat alur dan proses kerja produksi
|
10
|
|
3.5 Menganalisis biaya produk pada prototipe
|
3.5 Menghitung biaya produk
|
10
|
|
3.6 Membuat prototipe
|
40
|
||
3.7 Mengevaluasi kesesuaian prototipe
|
3.7 Menguji prototipe sesuai prosedur
|
10
|
|
3.8 Merencanakan proses produksi massal
|
3.8 Melakukan persiapan produksi massal
|
10
|
|
3.9 Merancang indikator keberhasilan tahapan produksi massal
|
3.9 Membuat indikator keberhasilan tahapan produksi
miasal
|
5
|
|
3.10 Menerapkan
proses produksi massal
|
3.10
Melakukan
produksi masal
|
60
|
|
3.11
Menerapkan
pola pikir kritis dan kreatif pada
produk
|
3.11
Menganalisis
peluang usaha pada produk/layanan
|
5
|
|
3.12 Menerapkan metoda perakitan produk/layanan
|
3.12
Melakukan
perakitan produk
|
60
|
|
3.13 Mengevaluasi kelayakan produk/layanan
|
3.13
Melakukan
pengujian kelayakan produk/layanan
|
30
|
|
3.14 Memahami paparan deskriptif, naratif,
argumentatif, atau persuasif produk/layanan
|
3.14
Menyusun
paparan deskriptif, naratif, argumentatif, atau persuasif produk/layanan
|
5
|
|
3.15 Menentukan media promosi
|
3.15
Membuat
media promosi berdasarkan segmentasi pasar
|
20
|
|
3.16 Menentukan strategi
pemasaran
|
3.16
Melakukan pemasaran
|
20
|
|
3.17 Mengevaluasi perkembangan usaha
|
3.17
Mengembangkan usaha sesuai hasil evaluasi
|
10
|
|
3.18 Menentukan standar laporan keuangan
|
3.18
Membuat
Laporan Keuangan
|
20
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar