Mata Pelajaran : Busana Kulit dan Imitasi
Bidang Keahlian : Seni dan Desain Kriya
Program Keahlian : Desain dan Produk Kreatif Kriya
Kompetensi Keahlian : Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi (3 Tahun)
Bidang Keahlian : Seni dan Desain Kriya
Program Keahlian : Desain dan Produk Kreatif Kriya
Kompetensi Keahlian : Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi (3 Tahun)
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1 Menganalisis pembuatan desain rompi sebagai produk
busana kulit dan imitasi
|
4.1
Membuat desain rompi sebagai produk busana kulit dan imitasi
|
40
|
Membuat rompi kulit dan imitasi
|
|
3.2 Memahami penggunaan alat dan bahan dalam pembuatan rompi sebagai
produk busana kulit dan imitasi.
|
4.2 Menggunakan alat dan bahan dalam pembuatan
rompi sebagai produk busana kulit dan
imitasi.
|
8
|
||
3.3 Menerapkan pembuatan pola rompi sebagai produk busana kulit dan imitasi.
|
4.3 Membuat
pola rompi sebagai produk busana kulit
dan imitasi.
|
36
|
KRA.KLT.003 (3) A Membuat Pola Produk Kriya Kulit dan Imitasi
|
|
3.4 Menerapkan
prosedur pemotongan bahan rompi
sebagai produk busana kulit dan imitasi.
|
4.4 Memotong
bahan rompi sebagai produk busana
kulit dan imitasi.
|
12
|
KRA.KLT.005 (2) A Memotong Komponen Kulit dan Imitasi
|
|
3.5 Menerapkan penyesetan komponen rompi
sebagai produk busana kulit dan
imitasi.
|
4.5 Menyeset
komponen rompi sebagai produk busana kulit dan imitasi.
|
4
|
KRA.KLT.008 (1) A
Menyeset Kulit dan Imitasi
|
|
3.6 Menerapkan perakitan komponen rompi sebagai produk busana kulit dan imitasi.
|
4.6 Merakit
komponen rompi sebagai produk busana kulit dan imitasi.
|
36
|
KRA.KLT.018 (1) A Merakit Komponen Produk Kulit dan Imitasi
|
|
3.7 Menerapkan penjahitan komponen rompi sebagai produk busana kulit dan imitasi.
|
4.7 Menjahit komponen rompi sebagai produk
busana kulit dan imitasi.
|
64
|
KRA.KLT.012 (1) A Menjahit Produk Kulit dan
Imitasi
|
|
3.8 Menganalisis proses pembuatan rompi sebagai produk busana kulit dan imitasi.
|
4.8 Melaksanakan finishing rompi sebagai produk busana kulit dan imitasi.
|
8
|
KRA.KLT.019 (1) A Penyelesaian Akhir (Finishing)
Produk Kulit dan Imitasi
|
|
3.9 Mengevaluasi pembuatan rompi sebagai produk busana
kulit dan imitasi.
|
4.9 Menyajikan hasil evaluasi pembuatan rompi sebagai
produk busana kulit dan imitasi.
|
8
|
||
3.10 Menganalisis pembuatan desain jaket sebagai
produk busana kulit dan imitasi.
|
4.10
Mendesain jaket
sebagai produk busana kulit dan imitasi.
|
30
|
Membuat jaket kulit dan imitasi
|
|
3.11 Memahami penggunaan alat dan bahan dalam pembuatan jaket sebagai produk busana kulit dan imitasi.
|
4.11 Menggunakan alat dan bahan dalam pembuatan
jaket sebagai produk busana kulit dan
imitasi.
|
12
|
||
3.12 Menerapkan pembuatan pola jaket sebagai produk busana kulit dan imitasi.
|
4.12 Membuat
pola jaket sebagai produk busana kulit
dan imitasi.
|
36
|
KRA.KLT.003 (3) A Membuat Pola Produk Kriya Kulit dan Imitasi
|
|
3.13 Menerapkan
pemotongan bahan jaket sebagai
produk busana kulit dan imitasi.
|
4.13 Memotong
bahan jaket sebagai produk busana
kulit dan imitasi.
|
16
|
KRA.KLT.005 (2) A Memotong Komponen Kulit dan Imitasi
|
|
3.14 Menerapkan penyesetan komponen jaket sebagai produk busana kulit dan imitasi.
|
4.14 Menyeset
komponen jaket sebagai produk busana kulit dan imitasi.
|
8
|
KRA.KLT.008 (1) A
Menyeset Kulit dan Imitasi
|
|
3.15 Menerapkan perakitan komponen jaket sebagai produk busana kulit dan imitasi.
|
4.15 Merakit
komponen jaket sebagai produk busana kulit dan imitasi.
|
36
|
KRA.KLT.018 (1) A Merakit Komponen Produk Kulit dan Imitasi
|
|
3.16 Menerapkan penjahitan komponen jaket sebagai produk busana kulit dan imitasi.
|
4.16 Menjahit
komponen jaket sebagai produk busana
kulit dan imitasi.
|
50
|
KRA.KLT.012 (1) A Menjahit Produk Kulit dan
Imitasi
|
|
3.17 Menganalisis proses pembuatan jaket sebagai
produk busana kulit dan imitasi.
|
4.17 Melaksanakan finishing jaket sebagai produk
busana kulit dan imitasi.
|
8
|
KRA.KLT.019 (1) A Penyelesaian Akhir (Finishing)
Produk Kulit dan Imitasi
|
|
3.18 Mengevaluasi pembuatan jaket
sebagai produk busana kulit dan imitasi.
|
4.18 Menyajikan hasil evaluasi pembuatan jaket sebagai produk busana kulit dan imitasi.
|
8
|
||
Jumlah Jam Pelajaran (JP)
|
420
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar