Sabtu, 04 Agustus 2018

Pengelasan Dan Pembubutan Logam - Kriya Kreatif Logam dan Perhiasan

Mata Pelajaran : Pengelasan Dan Pembubutan Logam
Bidang Keahlian : Seni dan Desain Kriya
Program Keahlian : Desain dan Produk Kreatif Kriya
Kompetensi Keahlian : Kriya Kreatif Logam dan Perhiasan (3 Tahun)


KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Kriya Kreatif Logam dan Perhiasan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Kriya Kreatif Logam dan Perhiasan Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1.    Memahami  K3  untuk pembuatan produk dengan teknik las oxy acetelyne.

4.1. Menyiapkan  K3  untuk pembuatan produk dengan teknik las oxy acetelyne
12
KRA.LGM.019.2.A
Pengelasan logam dengan las acetylene
Belum ada
(usulan terlampir)
3.2.    Memahami bahan dan alat untuk pengelasan oxy acetelyne.
4.2. Menyiapkan alat untuk membuat produk  teknik las acetelyne
12


3.3.    Menerapkan teknik  dan langkah  pembuatan produk benda hias/ pakai,  teknik las oxy acetelyne.

4.3.   Membuat produk benda hias/ pakai,  teknik las oxy acetelyne.

80


3.4.    Memahami K3  untuk finishing  produk las oxy acetelyne.

4.4.   Menyiapkan K3 untuk finishing  produk las oxy acetelyne.

8


3.5.    Menerapkan finishing produk las oxy acetelyne.

4.5.   Melakukan finishing produk las oxy acetelyne.

28


3.6.    Menganalisis produk produk las oxy acetelyne.
4.6.   Menyajikan hasil analisis produk produk las oxy acetelyne.
4


3.7.    Menerapkan prosedur evaluasi  produk las oxy acetelyne.
4.7.   Malakukan evaluasi produk las Oxy Acetelyne
12


3.8.    Memahami K3 untuk pembuatan produk dengan teknik bubut.

4.1.   Menyiapkan K3 untuk pembuatan produk dengan teknik bubut.


12
KRA.LGM.35.2.A.
Pembubutan logam

3.9.      Menerapkan pembuatan produk dengan teknik bubut.

4.9. Membuat produk dengan teknik bubut
64


3.10.   Memahami bahan, alat dan materi K3,  untuk finishing  produk bubut.
4.2     Menyiapkan bahan, alat dan materi K3, untuk finishing  produk bubut
12


3.11.   Menerapkan teknik  dan langkah finising produk bubut.
4.3     Melakukan finising produk bubut.
32


3.12.   Menganalisis  produk bubut
4.4     Menyajikan hasil analisis produk bubut
6


3.13.   Menerapkan prosedur evaluasi  produk bubut
4.5     Malakukan evaluasi produk bubut
6


3.14.   Memahami K3 untuk produk teknik las listrik.


4.14.   Menyiapkan K3 untuk membuat produk teknik las listrik.

7


3.15.   Memahami  alat-untuk pembuatan produk teknik las listrik.
4.15.   Menyiapkan alat untuk pembuatan produk teknik las listrik.
7


3.16.   Menerapkan pembuatan produk teknik las listrik.

4.16. Membuat produk teknik las listrik
49


3.17.   MemahamK3 untuk finishing  produk teknik las listrik.

4.17.   Menyiapkan K3 untuk finishing   produk teknik las listrik.
7


3.18.   Menerapkan finishing  produk teknik las listrik.

4.18.   Melakukan finishing produk hasil las listrik
28


3.19.   Menganalisis  produk las listrik
4.19.   Menyajikan  hasil analisis produk las listrik
7


3.20.   Mengevaluasi  produk las listrik
4.20.   Membuat laporan evaluasi produk las listrik
7


Jumlah Jam Pelajaran (JP)
492


Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar