Mata Pelajaran : Pengecoran Logam
Bidang Keahlian : Seni dan Desain Kriya
Program Keahlian : Desain dan Produk Kreatif Kriya
Kompetensi Keahlian : Kriya Kreatif Logam dan Perhiasan (3 Tahun)
Bidang Keahlian : Seni dan Desain Kriya
Program Keahlian : Desain dan Produk Kreatif Kriya
Kompetensi Keahlian : Kriya Kreatif Logam dan Perhiasan (3 Tahun)
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Kriya Kreatif Logam dan Perhiasan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Kriya Kreatif Logam dan Perhiasan Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Kriya Kreatif Logam dan Perhiasan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Kriya Kreatif Logam dan Perhiasan Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT
KOMPETENSI
|
SKEMA
SERTIFIKASI
|
3.1.
Memahami K3 untuk pembuata produk dengan teknik cor sistem cetak fles
|
4.1.
Menyiapkan K3 untuk pembuata produk dengan teknik cor sistem cetak fles
|
5
|
KRA.LGM.016.2.A
Pengecoran
logam
|
Belum ada
( usulan terlampir)
|
3.2.
Menerapkan pembuatan produk teknik cor sistem cetak fles
|
4.2. Membuat produk teknik cor sistem cetak fles
|
20
|
||
3.3.
Memahami K3 untuk finishing
produk cor cetak
fles
|
4.3.
Menyiapkan K3 untuk finishing produk cor cetak fles
|
5
|
||
3.4.
Menerapkan finishing produk cor
|
4.4.
Melakukan finishing produk cor
|
5
|
||
3.5.
Menganalisa
hasil produk pengecoran logam cetak fles
|
4.5.
Menyajikan
hasil analisis produk pengecoran logam cetak fles
|
5
|
||
3.6.
Mengevaluasi
hasil produk cor cetak fles
|
4.6.
Membuat laporan evaluasi
hasil produk cor cetak fles
|
10
|
||
3.7.
Memahami K3 untuk pembuatan produk dengan teknik cor sistem cetak kokil
|
4.7.
Menyiapkan K3 untuk pembuatan produk dengan teknik cor sistem cetak kokil
|
5
|
||
3.8.
Menerapkan pembuatan produk teknik cor sistem cetak kokil
|
4.8.
Membuat produk teknik cor sistem cetak kokil
|
25
|
||
3.9.
Memahami K3 untuk finishing produk cor cetak kokil
|
4.9.
Menyiapkan K3, untuk finishing
produk cor cetak kokil
|
5
|
||
3.10
Menerapkan finishing produk cor
cetak kokil
|
4.10. Melakukan finishing
produk cor cetak kokil
|
5
|
||
3.11
Menganalisa
hasil produk cor cetak kokil
|
4.11. Menyajikan hasil analisis produk cor cetak kokil
|
5
|
||
3.12
Mengevaluasi
hasil produk cor cetak kokil
|
4.12. Membuat laporan evaluasi hasil produk cor cetak kokil
|
10
|
||
3.13
Memahami K3 untuk pembuatan produk dengan teknik cor sistem cetak tanah napal
|
4.13. Menyiapkan K3 untuk pembuatan produk
dengan teknik cor sistem cetak tanah
napal
|
10
|
||
3.14
Menerapkan Teknik dan
langkah-langkah pembuatan produk
teknik cor sistem cetak tanah napal
|
4.14. Melakukan
pembuatan produk teknik cor sistem cetak tanah napal
|
25
|
||
3.15
Memahami K3 untuk finishing produk cor sistem cetak tanah napal
|
4.15. Menyiapkan K3 untuk finishing produk cor sistem cetak tanah napal
|
5
|
||
3.16
Menerapkan finishing produk cor sistem cetak tanah napal
|
4.16. Melakukan finishing
produk cor sistem cetak tanah napal
|
10
|
||
3.17
Menganalisa
hasil produk cor sistem cetak tanah napal
|
4.17. Menyajikan hasil analisa produk cor sistem cetak tanah napal
|
5
|
||
3.18 Mengevaluasi hasil produk
pengecoran sistem cetak tanah napal.
|
4.18. Membuat
laporan evaluasi produk pengecoran sistem cetak tanah napal.
|
10
|
||
Jumlah Jam Pelajaran (JP)
|
170
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar