Mata Pelajaran : Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Manajemen Perkantoran
Kompetensi Keahlian : Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Manajemen Perkantoran
Kompetensi Keahlian : Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1 Memahami konsep Kehumasan
|
4.1 Mempresentasikan konsep kehumasan
|
18
|
Tidak Ada
|
Tidak Ada
|
3.2 Menerapkan prosedur kerja kehumasan
|
4.2 Mensimulasikan kegiatan kerja kehumasan
|
18
|
Tidak Ada
|
Tidak Ada
|
3.3 Menganalisis data/informasi di tempat kerja
untuk pelayanan kehumasan
|
4.3 Mengelola data/ informasi di tempat kerja untuk
pelayanan kehumasan
|
24
|
ADM.PK02.016.01 Mengatur informasi ditempat kerja
(Tidak ada dalam skema, ada dalam SKKNI) |
Tidak Ada
|
3.4 Memahami konsep perencanaan kegiatan kehumasan
|
4.4 Mempresentasikan konsep perencanaan kegiatan
kehumasan
|
18
|
Tidak Ada
|
Tidak Ada
|
3.5 Menerapkan pembuatan dokumen perencanaan
kegiatan kehumasan
|
4.5 Membuat Dokumen perencanaan kegiatan kehumasan
|
18
|
ADM.PK02.004.01 Memproduksi dokumen di Komputer
|
Correspondence
(Tidak Cocok) |
3.6 Menganalisis media informasi untuk pelayanan
kehumasan
|
4.6 Menggunakan media informasi untuk pelayanan
kehumasan
|
24
|
Tidak Ada
|
Tidak Ada
|
3.7 Menerapkan prosedur kerjasama dengan kolega
|
4.7 Melakukan kegiatan kerja sama dengan kolega
|
24
|
ADM.PK01.003.01
Melaksanakan kerja sama dengan kolega dan pelanggan
|
Service
Excellent
|
3.8 Menerapkan pelayanan prima kepada pelanggan
|
4.8 Melaksanakan pelayanan prima kepada pelanggan
|
24
|
ADM.PK01.004.01
Memberikan pelayanan kepada pelanggan
|
Service
Excellent
|
3.9 Mengevaluasi kegiatan kehumasan
|
4.9 Membuat laporan kegiatan kehumasan
|
24
|
ADM.PK02.004.01 Memproduksi dokumen di Komputer
|
Correspondence
(Tidak Cocok) |
3.10
Menerapkan
penyimpanan dokumen kehumasan
|
4.10
Melaksanakan
penyimpanan dokumen kehumasan
|
24
|
ADM.PK02.013.01 Mengelola dan menjaga sistem kearsipan
(Tidak ada dalam skema, ada dalam SKKNI)
|
Tidak Ada
|
3.11
Menerapkan
penggunaan aplikasi otomatisasi dalam administrasi kehumasan
|
4.11
Menggunakan
aplikasi otomatisasi dalam administrasi kehumasan
|
24
|
ADM.PK02.001.01
Mengoperasikan aplikasi perangkat lunak
|
Correspondence
(Tidak Cocok) |
3.12
Memahami
konsep keprotokolan
|
4.12
Mempresentasikan
konsep keprotokolan
|
18
|
Tidak Ada
|
Tidak Ada
|
3.13
Menerapkan
prosedur keprotokolan
|
4.13
Melakukan
kegiatan keprotokolan
|
18
|
Tidak Ada
|
Tidak Ada
|
3.14
Menerapkan
penyusunan agenda kegiatan keprotokolan
|
4.14
Menyusun
agenda kegiatan keprotokolan
|
18
|
ADM.PK02.004.01 Memproduksi dokumen di Komputer
|
Correspondence
(Tidak Cocok) |
3.15
Menerapkan
prosedur penyelenggaraan pertemuan/rapat
|
4.15
Mensimulasikan
kegiatan pertemuan/rapat
|
18
|
ADM.PK02.032.01
Merencanakan dan
Mengelola Pertemuan/Rapat
(Tidak ada dalam
skema, ada dalam SKKNI)
|
Tidak Ada
|
3.16
Menerapkan
pembuatan dokumen pertemuan/rapat
|
4.16
Membuat
dokumen pertemuan/rapat
|
24
|
ADM.PK02.004.01 Memproduksi dokumen di Komputer
|
Correspondence
(Tidak
Cocok)
|
3.17
Menerapkan
penyimpanan dokumen keprotokolan
|
4.17
Melaksanakan
penyimpanan dokumen keprotokolan
|
30
|
ADM.PK02.013.01
Mengelola dan menjaga sistem kearsipan
(Tidak ada dalam skema, ada dalam SKKNI)
|
Tidak Ada
|
3.18
Mengevaluasi
kegiatan keprotokolan
|
4.18
Membuat
laporan kegiatan keprotokolan
|
24
|
ADM.PK02.004.01 Memproduksi dokumen di Komputer
|
Correspondence
(Tidak Cocok) |
3.19
Menerapkan
penggunaan aplikasi otomatisasi dalam administrasi keprotokolan
|
4.19
Menggunakan
aplikasi otomatisasi dalam administrasi keprotokolan
|
30
|
ADM.PK02.001.01
Mengoperasikan
aplikasi perangkat lunak
|
Correspondence
(Tidak
Cocok)
|
JUMLAH JAM
|
420
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar