Mata Pelajaran : Pengolahan Dan Penyajian Makanan
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Kuliner
Kompetensi Keahlian : Tata Boga (3 Tahun)
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Kuliner
Kompetensi Keahlian : Tata Boga (3 Tahun)
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Tata Boga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Tata Boga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kelas XI
Kelas XII
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Tata Boga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Tata Boga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kelas XI
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1 Menganalisis kaldu (Stock)
|
4.1
Menunjukkan pembuatan kaldu (Stock )
|
14
|
||
3.2
Menganalisis saus dasar (mother sauce) dan turunannya
|
4.2
Menunjukkan pembuatan saus (mother sauce) dasar dan turunannya
|
21
|
||
3.3 Menganalisis makanan pembuka dingin
(hot and cold appetizer)
|
4.3
Menunjukkan pembuatan makanan pembuka dingin (hot and cold appetizer)
|
21
|
||
3.4 Mengevaluasi soup
|
4.4
Memodifikasi pembuatan soup
|
14
|
||
3.5 Menganalisis sandwich dan canapé
|
4.5
Menunjukkan pembuatan sandwich dan canapé
|
21
|
||
3.6 Menganalisis hidangan dari kentang dan pasta
|
4.6
Menunjukkan
pembuatan
hidangan dari kentang dan pasta
|
14
|
||
3.7
Menganalisis
hidangan dari telur
|
4.7
Menunjukkan
pembuatan hidangan
dari telur
|
14
|
||
3.8
Menganalisis
hidangan dari daging
|
4.8
Menunjukkan
pembuatan hidangan dari daging
|
21
|
PMM.UBO2.019.01
Mengidentifikasi dan
menyiapkan masakan daging
|
Cook
|
3.9
Menganalisis
hidangan dari unggas
|
4.9
Menunjukkan
pembuatan hidangan dari unggas
|
21
|
PMM.UBO2.029.02
Menyiapkan dan memasak
unggas dan binatang buruan
|
Cook
|
3.10
Menganalisis
hidangan dari ikan dan seafood
|
4.10
Menunjukkan
pembuatan hidangan dari ikan dan seafood
|
21
|
PMM.UBO2.018.01
Menyiapkan dan memasak
aneka seafood
|
Cook
|
3.11
Menganalisis fusion food
|
4.11
Menampilkan metode dan penyajian pembuatan fusion
food
|
27
|
Kelas XII
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1 Menerapkan urutan kerja dalam
pengolahan makanan Indonesia
|
4.1 Melakukan urutan kerja dalam
pengolahan makanan Indonesia
|
16
|
PMM.MIO1.002.01
Merencanakan urutan dalam
pengolahan masakan Indonesia
|
Captain F&B
|
3.2
Menganalisis salad Indonesia
|
4.2 Menunjukkan pembuatan Salad Indonesia
|
16
|
PMM.MIO2.007.01
Menyiapkan dan membuat
salad
|
Cook helper
|
3.3
Menganalisis sup dan
soto Indoinesia
|
4.3
Menunjukkan
pembuatan sup dan soto Indonesia
|
24
|
|
|
3.4 Menganalisis hidangan sayur dan nabati Indonesia
|
4.4 Menunjukkan
pembuatan hidangan dari sayur dan
nabati Indonesia
|
24
|
PMM.MIO2.016.01
Menyiapkan sayuran, telur,
dan makanan yang terbuat dari tepung
|
Baker/
Captain baker
|
3.5
Menganalisis hidangan
nasi dan mie
|
4.5 Menunjukkan
pembuatan hidangan dari nasi dan mie
|
24
|
PMM.MIO2.010.01
Menyiapkan dan membuat
hidangan nasi dan mie
|
Cook helper
|
3.6
Menganalisis hidangan
sepinggan
|
4.6 Menunjukkan
pembuatan hidangan sepinggan
|
16
|
|
|
3.7
Menganalisis makanan Indonesia berbahan dasar telur
|
4.7
Menunjukkan
pembuatan
makanan Indonesia berbahan dasar telur
|
16
|
PMM.MIO2.016.01
Menyiapkan sayuran, telur,
dan makanan yang terbuat dari tepung
|
Baker/
Captain baker
|
3.8
Menganalisis makanan Indonesia berbahan dasar unggas
|
4.8 Menunjukkan pembuatan makanan
Indonesia berbahan dasar unggas
|
24
|
PMM.UBO2.029.01
Menyiapkan dan memasak
unggas dan binatang buruan
|
Cook
|
3.9
Menganalisis makanan Indonesia berbahan dasar daging
|
4.9 Menunjukkan pembuatan makanan
Indonesia berbahan dasar daging
|
24
|
PMM.UBO2.019.01
Mengidentifikasi dan
menyiapkan masakan daging
|
Cook
|
3.10
Menganalisis makanan Indonesia berbahan dasar ikan dan seafood
|
4.10 Menunjukkan pembuatan makanan
Indonesia berbahan dasar ikan dan seafood
|
24
|
PMM.UBO2.018.01
Menyiapkan dan memasak
aneka seafood
|
Cook
|
3.11 Menganalisis makanan Indonesia jenis sate dan hidangan
panggang
|
4.11 Menunjukkan pembuatan makanan
Indonesia jenis sate dan hidangan panggang
|
24
|
PMM.MIO2.011.01
Menyiapkan dan membuat
jenis sate dan hidangan panggang
|
Cook
|
3.12
Mengevaluasi hidangan
kesempatan khusus untuk acara adat istiadat
|
4.12
Memodifikasi pembuatan makanan
kesempatan khusus untuk acara adat istiadat
|
16
|
PMM.UBO2.020.01
Memilih, menyiapkan dan
menyajikan hidangan makanan khusus
|
Pastry cook
bartender
|
3.13
Mengevaluasi
hidangan kesempatan khusus untuk acara perkawinan
|
4.13
Memodifikasi pembuatan makanan kesempatan khusus
untuk acara perkawinan
|
16
|
||
3.14 Mengevaluasi aneka bubur Indonesia
|
4.14
Memodifikasi pembuatan aneka bubur Indonesia
|
22
|
|
|
3.15 Menerapkan dasar food gastronomy
|
4.15
Melakukan dasar pembuatan makanan dengan gastronomy
|
29
|
|
|
JUMLAH JAM PELAJARAN
|
524
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar