Sabtu, 14 Juli 2018

Pengolahan Dan Penyajian Makanan Ki dan KD Tata Boga

Mata Pelajaran : Pengolahan Dan Penyajian Makanan
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Kuliner
Kompetensi Keahlian : Tata Boga (3 Tahun)

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Tata Boga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Tata Boga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kelas XI
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1      Menganalisis kaldu   (Stock)

4.1         Menunjukkan pembuatan kaldu   (Stock )

14


3.2      Menganalisis saus dasar (mother sauce) dan turunannya
4.2         Menunjukkan pembuatan  saus (mother sauce) dasar dan turunannya

21


3.3      Menganalisis makanan pembuka  dingin (hot and cold appetizer
4.3         Menunjukkan pembuatan makanan pembuka  dingin (hot and cold appetizer) 

21


3.4      Mengevaluasi soup
4.4         Memodifikasi  pembuatan soup
14


3.5      Menganalisis sandwich dan canapĂ©
4.5         Menunjukkan  pembuatan sandwich dan canapĂ©
21


3.6      Menganalisis  hidangan dari kentang dan pasta
4.6         Menunjukkan  pembuatan hidangan dari kentang dan pasta
14


3.7      Menganalisis  hidangan dari telur
4.7         Menunjukkan  pembuatan hidangan dari telur
14


3.8      Menganalisis  hidangan dari daging
4.8         Menunjukkan  pembuatan hidangan dari daging
21
PMM.UBO2.019.01
Mengidentifikasi dan menyiapkan masakan daging
Cook
3.9      Menganalisis  hidangan dari unggas
4.9         Menunjukkan  pembuatan hidangan dari unggas
21
PMM.UBO2.029.02
Menyiapkan dan memasak unggas dan binatang buruan
Cook
3.10   Menganalisis  hidangan dari ikan dan seafood
4.10      Menunjukkan  pembuatan hidangan dari ikan dan seafood
21
PMM.UBO2.018.01
Menyiapkan dan memasak aneka seafood
Cook
3.11   Menganalisis fusion food
4.11      Menampilkan metode dan penyajian  pembuatan   fusion food
27



Kelas XII

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1      Menerapkan urutan kerja dalam pengolahan makanan Indonesia
4.1      Melakukan  urutan kerja dalam pengolahan makanan Indonesia
16
PMM.MIO1.002.01
Merencanakan urutan dalam pengolahan masakan Indonesia
Captain F&B
3.2      Menganalisis salad Indonesia
4.2      Menunjukkan pembuatan  Salad Indonesia
16
PMM.MIO2.007.01
Menyiapkan dan membuat salad
Cook helper
3.3     Menganalisis sup dan soto Indoinesia
4.3      Menunjukkan pembuatan sup dan soto Indonesia

24


3.4     Menganalisis  hidangan sayur dan nabati Indonesia
4.4      Menunjukkan pembuatan hidangan dari sayur dan nabati Indonesia
24
PMM.MIO2.016.01
Menyiapkan sayuran, telur, dan makanan yang terbuat dari tepung
Baker/
Captain baker
3.5     Menganalisis hidangan nasi  dan mie
4.5      Menunjukkan pembuatan hidangan dari nasi dan mie
24
PMM.MIO2.010.01
Menyiapkan dan membuat hidangan nasi dan mie
Cook helper
3.6     Menganalisis  hidangan  sepinggan
4.6      Menunjukkan pembuatan hidangan sepinggan
16


3.7      Menganalisis makanan Indonesia berbahan dasar telur
4.7      Menunjukkan pembuatan makanan Indonesia berbahan dasar telur
16
PMM.MIO2.016.01
Menyiapkan sayuran, telur, dan makanan yang terbuat dari tepung
Baker/
Captain baker
3.8      Menganalisis makanan Indonesia berbahan dasar unggas
4.8      Menunjukkan pembuatan makanan Indonesia berbahan dasar unggas
24
PMM.UBO2.029.01
Menyiapkan dan memasak unggas dan binatang buruan
Cook
3.9      Menganalisis makanan Indonesia berbahan dasar daging
4.9      Menunjukkan pembuatan makanan Indonesia berbahan dasar daging
24
PMM.UBO2.019.01
Mengidentifikasi dan menyiapkan masakan daging
Cook
3.10   Menganalisis makanan Indonesia berbahan dasar ikan dan seafood
4.10   Menunjukkan pembuatan makanan Indonesia berbahan dasar ikan dan seafood
24
PMM.UBO2.018.01
Menyiapkan dan memasak aneka seafood
Cook
3.11   Menganalisis makanan Indonesia jenis sate dan hidangan panggang
4.11   Menunjukkan pembuatan makanan Indonesia jenis sate dan hidangan panggang
24
PMM.MIO2.011.01
Menyiapkan dan membuat jenis sate dan hidangan panggang
Cook
3.12    Mengevaluasi hidangan kesempatan khusus untuk acara adat istiadat
4.12   Memodifikasi pembuatan makanan kesempatan khusus untuk acara adat istiadat
16
PMM.UBO2.020.01
Memilih, menyiapkan dan menyajikan hidangan makanan khusus
Pastry cook
bartender
3.13   Mengevaluasi hidangan kesempatan khusus untuk acara perkawinan
4.13   Memodifikasi pembuatan makanan kesempatan khusus untuk acara perkawinan
16
3.14   Mengevaluasi aneka bubur Indonesia
4.14   Memodifikasi pembuatan aneka bubur Indonesia
22


3.15   Menerapkan dasar food gastronomy
4.15   Melakukan dasar pembuatan makanan dengan gastronomy
29


JUMLAH JAM PELAJARAN
524


Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar