Mata Pelajaran : Produksi Animasi 3 Dimensi
Bidang Keahlian : Seni dan Industri Kreatif
Program Keahlian : Seni Rupa
Kompetensi Keahlian : Animasi (3 Tahun)
Bidang Keahlian : Seni dan Industri Kreatif
Program Keahlian : Seni Rupa
Kompetensi Keahlian : Animasi (3 Tahun)
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Animasi pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Desain Fesyen. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Animasi pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Desain Fesyen. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT
KOMPETENSI
|
SKEMA
SERTIFIKASI
|
3.1
Memahami tools dan menu pada software animasi 3D
|
4.1
Menjabarkan tools dan menu pada software animasi
3D
|
7
|
-
|
-
|
3.2
Memahami prosedur kerja animasi 3D
|
4.2
Mempresentasikan prosedur kerja animasi 3D dalam bentuk peta konsep
|
7
|
-
|
-
|
3.3
Menerapkan prosedur modeling hard surface secara
sederhana
|
4.3
Melakukan modeling hard surface secara sederhana
|
21
|
J.591120.008.01
Membuat
model digital hardsurface 3 dimensi
|
Okupasi : Visual, jabatan : 3D Modelling artist junior
, level 2
(BNSP)
|
3.4
Menerapkan prosedur modeling Background dan property
(environment modelling)
|
4.4
Melakukan modeling Background dan property
(environment modelling)
|
21
|
J.591120.008.01
Membuat
model digital hardsurface 3 dimensi
|
Okupasi : Visual, jabatan : 3D Modelling artist junior
, level 2
|
3.5
Menerapkan prosedur pemberian material pada modeling
|
4.5
Melakukan pemberian material pada modelling
|
14
|
J.591120.002.01
Melakukan
pewarnaan gambar karakter(coloring)
|
Okupasi : Visual, jabatan : 3D texture &
UV mesh artist junior
, level 2
(BNSP)
|
3.6
Menerapkan mekanika gerak digital (rigging)
sederhana
|
4.6
Membuat mekanika gerak digital (rigging) sederhana
|
14
|
J.591120.015.01
Membuat rancangan mekanika gerak digital(rigging)
|
Okupasi : Technical, jabatan : 3D character setup
artist
, level 5
|
3.7
Menerapkan prosedur pembuatan rancangan mekanika gerak
digital (rigging) inverse kinematic dan forward kinematic
|
4.7
Membuat rancangan mekanika gerak digital (rigging) inverse kinematic dan forward
kinematic
|
21
|
||
3.8
Menerapkan rancangan antar sambungan mekanika dan objek
digital (skinning)
|
4.8
Membuat rancangan antar sambungan mekanika dan objek
digital (skinning)
|
14
|
J.591120.014.01 Membuat
rancangan antar sambungan mekanika dan objek digital (skinning)
|
|
3.9
Menganalisis cara animasi bola pantul sesuai dengan 12
prinsip animasi
|
4.9
Membuat animasi bola pantul sesuai dengan 12 prinsip
animasi
|
28
|
J.591120.004.01
Membuat
gerak digital non character
|
Okupasi : Motion, jabatan : 3D animator junior
, level 2
(BNSP)
|
3.10
Menganalisis cara animasi pendulum sesuai dengan 12
prinsip animasi
|
4.10
Membuat animasi pendulum sesuai dengan 12 prinsip animasi
|
28
|
J.591120.017.01
Membuat gerak digital character
|
Okupasi : Motion, jabatan : 3D animator junior
, level 2
(BNSP)
|
3.11
Menganalisis cara animasi bola berekor sesuai dengan 12
prinsip animasi
|
4.11
Membuat animasi bola berekor sesuai dengan 12 prinsip animasi
|
21
|
J.591120.018.01
Membuat gerak digital puppeteer
|
Okupasi : Motion, jabatan : 3D animator junior
, level 2
(BNSP)
|
3.12
Menganalisis cara pembuatan animasi bola berkaki (walking, run, jump action) sesuai
dengan 12 prinsip animasi
|
4.12
Membuat animasi bola berkaki (walking, run, jump action) sesuai
dengan 12 prinsip animasi
|
28
|
||
3.13
Mengevaluasi hasil animasi bola berkaki (walking, run,
jump, dan action) sesuai dengan 12 prinsip animasi
|
4.13
Memperbaiki animasi bola berkaki (walking, run, jump, dan
action) sesuai dengan 12 prinsip animasi
|
28
|
||
3.14
Menerapkan alur tahapan (pipeline) animasi 3D
|
4.14
Membuat alur tahapan (pipeline) animasi 3D
|
10
|
-
|
-
|
3.15
Menerapkan prosedur pembuatan modeling organik hewan
|
4.15
Membuat modeling organik hewan
|
40
|
J.591120.009.01 Membuat model digital
organik 3 dimensi
|
Okupasi : Visual, jabatan : 3D Modelling artist junior, 3D texture & UV mesh artist junior
, level 2
(BNSP)
|
3.16
Menerapkan prosedur pembuatan modeling organik manusia
|
4.16
Membuat modeling organik manusia
|
40
|
||
3.17
Menerapkan prosedur pembuatan uv mapping
|
4.17
Membuat uv mapping
|
20
|
J.591120.011.01 Membuat pencitraan UV
mesh
|
Okupasi : Visual, jabatan : 3D texture &
UV mesh artist junior
, level 2
(BNSP)
|
3.18
Menerapkan prosedur pembuatan pencitraan permukaan (tekstur)
|
4.18
Membuat pencitraan
permukaan (tekstur)
|
20
|
J.591120.013.01 Membuat pencitraan
tekstur permukaan
|
Okupasi : Visual, jabatan : 3D Modelling artist junior, 3D texture & UV mesh artist junior
, level 2
(BNSP)
|
3.19
Menerapkan pembuatan animasi karakter beraksi tanpa property
sesuai dengan 12 prinsip animasi
|
4.19
Menganimasikan karakter beraksi tanpa property
sesuai dengan 12 prinsip animasi
|
40
|
J.591120.018.01
Membuat
gerak digital puppeteer
|
Okupasi : Motion, jabatan : 3D animator junior
, level 2
(BNSP)
|
3.20
Menerapkan pembuatan animasi karakter beraksi dengan property
sesuai dengan 12 prinsip animasi
|
4.20
Menganimasikan karakter beraksi dengan property
sesuai dengan 12 prinsip animasi
|
40
|
||
3.21
Menerapkan pembuatan animasi karakter beraksi menggunakan
suara (lipsync) sesuai dengan 12 prinsip animasi
|
4.21
Menganimasikan karakter beraksi menggunakan suara (lipsync)
sesuai dengan 12 prinsip animasi
|
50
|
||
3.22
Menerapkan pemakaian sudut pandang kamera digital pada
animasi 3D
|
4.22
Mengatur sudut pandang kamera digital pada animasi 3D
|
20
|
J.591120.031.01 Mempersiapkan sudut pandang kamera digital
|
Okupasi : Visual, jabatan : 3D Modelling artist junior
, level 2
(BNSP)
|
3.23
Menerapkan pemakaian pencitraan cahaya digital pada
animasi 3D
|
4.23
Mengatur pencitraan cahaya digital pada animasi 3D
|
20
|
J.591120.020.01 Membuat pencitraan cahaya
digital
|
|
3.24
Menerapkan pencitraan gambar digital (draft rendering)
pada animasi 3D
|
4.24
Membuat pencitraan gambar digital (draft rendering)
pada animasi 3D
|
20
|
J.591120.012.01 Membuat pencitraan gambar
digital(rendering)
|
Okupasi : Visual, jabatan : SLR artist junior
, level 3
|
3.25
Mengevaluasi pencitraan gambar digital (draft rendering)
pada animasi 3D
|
4.25
Memperbaiki pencitraan gambar digital (draft rendering)
pada animasi 3D
|
20
|
||
592
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar