Selasa, 31 Juli 2018

Produksi Animasi 2 Dimensi - Animasi

Mata Pelajaran : Produksi Animasi 2 Dimensi
Bidang Keahlian : Seni dan Industri Kreatif
Program Keahlian : Seni Rupa
Kompetensi Keahlian : Animasi (3 Tahun)

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Animasi  pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Desain Fesyen. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1 Memahami alat dan bahan dalam pembuatan animasi 2D
4.1 Memahami alat dan bahan dalam pembuatan animasi 2D
7

-

-
3.2 Memahami prosedur kerja animasi 2D
4.2 Memahami prosedur kerja animasi 2D
7

-

-
3.3 Menerapkan prosedur pembuatan sketsa karakter
4.3 Menerapkan prosedur pembuatan sketsa karakter
14
J.591120.040.01             Membuat gambar sketsa karakter

Okupasi : Visual, jabatan : Character asset creator, level 5
3.4 Menerapkan prosedur pembuatan gambar desain karakter
4.4 Menerapkan prosedur pembuatan gambar desain karakter
21
J.591120.010.01
Membuat elemen gambar digital puppeteer

Okupasi : Motion, jabatan : 2D Digital Puppeteer Animator junior
, level 2
(BNSP)

3.5 Menerapkan prosedur pembuatan sketsa latar (background dan foreground)
4.5 Menerapkan prosedur pembuatan sketsa latar (background dan foreground)
21

J.591120.039.01            Membuat gambar sketsa latar

Okupasi : Visual, jabatan : Background artist junior, level 2
(BNSP)
3.6 Menerapkan prosedur pembuatan sketsa property
4.6 Menerapkan prosedur pembuatan sketsa property
21
J.591120.039.01            Membuat gambar sketsa latar

Okupasi : Visual, jabatan : Background artist junior creator, level 2
(BNSP)
3.7 Memahami kombinasi warna   berdasarkan suasana atau tema
4.7 Memahami kombinasi warna   berdasarkan suasana atau tema
21
J.591120.029.01           Melakukan pewarnaan gambar latar (coloring)

Okupasi : Visual, jabatan : Background artist junior
, level 2
(BNSP)
3.8 Menerapkan cara membuat  sekuensial gambar gerak utama (key-frame) sesuai dengan 12 prinsip animasi
4.8 Menerapkan cara membuat  sekuensial gambar gerak utama (key-frame) sesuai dengan 12 prinsip animasi
42


J.591120.018.01
Membuat gerak digital puppeteer

Okupasi : Motion, jabatan : 2D Digital Puppeteer Animator junior
, level 2
(BNSP)

3.9 Menerapkan cara membuat  sekuensial gambar sela/ antara (Inbetween) sesuai dengan 12 prinsip animasi
4.9 Menerapkan cara membuat  sekuensial gambar sela/ antara (Inbetween) sesuai dengan 12 prinsip animasi
42




J.591120.005.01
Membuat sekuensial gambar gerak sela (inbetween)


Okupasi : Motion, jabatan : 2D Digital Puppeteer Animator junior, 2D Clean-up Artist junior,
2D In-between Artist junior
, level 2
(BNSP)

3.10 Menerapkan cara line test
4.10       Menerapkan cara line test
28


J.591120.018.01
Membuat gerak digital puppeteer

Okupasi : Motion, jabatan : 2D Digital Puppeteer Animator junior, 2D Clean-up Artist junior,
2D In-between Artist junior
, level 2
(BNSP)

3.11 Menilai hasil line test key frame dan inbetween
4.11       Menilai hasil line test key frame dan inbetween
28

-

-
3.12 Memahami alur tahapan produksi animasi dan perkembangan software animasi 2D (bitmap dan vector)
4.12 Mempresentasikan alur tahapan produksi animasi dan perkembangan software animasi 2D (bitmap dan vector) dalam bentuk peta konsep
10



-



-
3.13  Memahami penamaan asset sesuai prosedur kerja
4.13 Menentukan penamaan asset sesuai prosedur kerja
10
J.591120.001.01
Melakukan pemindaian digital
Okupasi : Motion, jabatan : 2D Digital Puppeteer Animator junior,
, level 2
(BNSP)

3.14  Menerapkan pengumpulan asset (karakter, background, dan property)
4.14 Mengumpulkan asset (karakter, background, dan property)
10
3.15  Menentukan pembagian layer dalam sebuah adegan
4.15 Membagi layer dalam sebuah adegan
20

J.591120.019.01             Membuat komposisi teknik layer 2 dimensi (2D compositing)

Okupasi : Motion, jabatan : 2D Digital Puppeteer Animator junior,
, level 2

3.16  Merancang pembuatan layout
4.16 Membuat layout
50












J.591120.017.01
Membuat gerak digital character






Okupasi : Motion, jabatan : 2D Digital Puppeteer Animator junior, 2D Clean-up Artist junior,
2D In-between Artist junior
, level 2
(BNSP)

3.17  Menganalisis animasi karakter beraksi tanpa property sesuai dengan 12 prinsip animasi
4.17 Menganimasikan karakter beraksi tanpa property sesuai dengan 12 prinsip animasi
50
3.18  Menganalisis animasi character beraksi dengan property sesuai dengan 12 prinsip animasi
4.18 Menganimasikan character beraksi dengan property sesuai dengan 12 prinsip animasi
40
3.19  Menganalisis  animasi karakter beraksi menggunakan asset sesuai dengan 12 prinsip animasi
4.19 Menganimasikan karakter beraksi menggunakan asset sesuai dengan 12 prinsip animasi
50
3.20  Menerapkan asset lipsync
4.20 Membuat asset lipsync
40
J.591120.010.01            Membuat elemen gambar digital puppeteer
Okupasi : Motion, jabatan : 2D Digital Puppeteer Animator junior,
, level 2
(BNSP)

3.21  Menerapkan pencitraan gambar digital (draft rendering) pada animasi 2D
4.21 Membuat pencitraan gambar digital (draft rendering) pada animasi 2D
30



J.591120.012.01             Membuat pencitraan gambar digital(rendering)



Okupasi : Visual, jabatan : SLR artist junior
, level 3

3.22  Mengevaluasi pencitraan gambar digital (draft rendering) pada animasi 2D
4.22 Memperbaiki pencitraan gambar digital (draft rendering) pada animasi 2D
30


592



Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar