Sabtu, 14 Juli 2018

Produk Pastry Dan Bakery Ki dan KD Tata Boga

Mata Pelajaran : Produk Pastry Dan Bakery
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Kuliner
Kompetensi Keahlian : Tata Boga (3 Tahun)

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Tata Boga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Tata Boga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Mata Pelajaran: PRODUK PASTRY DAN BAKERY (KELAS XI)

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1   Menerapkan pedoman suhu  pada pembuatan pastry dan bakery
4.1  Melakukan pegamatan suhu pembuatan dan pembakaran pada pastry dan bakery
15


3.2   Menerapkan metode pembuatan adonan beragi
4.2  Melakukan metode pembuatan adonan beragi
35
PMM.UBO2.015.01
Menyiapkan dan membuat makanan yang terbuat dari adonan beragi
Baker/
Pastry cook/
Captain baker
3.3   Menganalisis perubahan bahan,  kegagalan produk, kriteria hasil kue adonan beragi
4.3  Menyajikan hasil uji kelayakan produk hasil kue adonan beragi

15
3.4   Menganalisis  jenis bread (sweet bread, soft roll, hard bread, 
4.4  Melakukan pembuatan produk roti sweet bread, soft roll hard bread,

40
PMM.UBO2.013.01
Menyiapkan produk roti sebagai pelengkap makanan
Baker/
Pastry cook
3.5   Menerapkan bahan pengisi pastry dan bakery
4.5  Melakukan teknik perhitungan presentasi bahan pengisi pastry dan bakery

30
PMM.UBO2.016.01
Menyajikan makanan penutup
Waiter/
Pastry cook
3.6   Menganalisis hasil bahan penutup pastry dan bakery
4.6  Menyajikan bahan penutup pastry dan bakery
30
3.7   Menerapkan coklat, permen cokelat dan cokelat praline
4.7  Melakukan tahapan pengolahan coklat, permen cokelat dan cokelat praline

45


Mata Pelajaran: PRODUK PASTRY DAN BAKERY (KELAS XII)

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1   Menganalisis  kue dari  adonan pie dan sugar dough
4.1  Menyajikan metode pembuatan kue dari adonan pie dough dan  sugar dough
42
PMM.UBO2.014.01
Menyiapkan dan membuat kue
Baker/
Capain baker
3.2   Menganalisis kue dari adonan ”strudel”
4.2  Menyajikan meode pembuatan kue dari adonan ”strudel”

42
3.3   Menganalisis kue dari  adonan   choux paste
4.3  Menyajikan meode pembuatan kue dari  adonan choux paste

42
3.4   Menganalisis kue dari  adonan   puff pastry
4.4  Menyajikan meode pembuatan kue dari  adonan puff pastry, strudel, danish, croissant

42
3.5   Mengevaluasi jenis cookies
4.5  Memodifikasi pengembangan jenis cookies
40
JUMLAH JAM PELAJARAN
418


Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar