Mata Pelajaran : Produk Kreatif dan Kewirausahaan
Bidang Keahlian : Seluruh Bidang Keahlian
Program Keahlian : Seluruh Program Keahlian
Kompetensi Keahlian : Seluruh Kompetensi Keahlian (3 Tahun)
Bidang Keahlian : Seluruh Bidang Keahlian
Program Keahlian : Seluruh Program Keahlian
Kompetensi Keahlian : Seluruh Kompetensi Keahlian (3 Tahun)
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Produk Kreatif dan Kewirausahaan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Produk Kreatif dan Kewirausahaan Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Produk Kreatif dan Kewirausahaan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Produk Kreatif dan Kewirausahaan Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1
Memahami sikap
dan perilaku wirausahawan
|
3.1
Mempresentasi
kan sikap dan perilaku
wirausahawan
|
5
|
|
|
3.2
Menganalisis peluang usaha produk barang/jasa
|
3.2
Menentukan peluang usaha produk barang/jasa
|
5
|
|
|
3.3
Memahami hak atas kekayaan intelektual
|
3.3
Mepresentasikan hak atas kekayaan intelektual
|
5
|
|
|
3.4
Menganalisis konsep desain/ prototype dan kemasan produk barang/jasa
|
3.4
Membuat desain/ prototype dan kemasan produk
barang/jasa
|
10
|
|
|
3.5
Menganalisis proses kerja pembuatan prototype
produk barang/jasa
|
3.5
Membuat alur dan proses kerja pembuatan
prototype produk barang/jasa
|
10
|
|
|
3.6
Menganalisis lembar kerja /gambar kerja untuk
pembuatan prototype produk barang/jasa
|
3.6
Membuat lembar kerja /gambar kerja untuk
pembuatan prototype produk barang/jasa
|
10
|
|
|
3.7
Menganalisis biaya produksi prototype produk
barang/jasa
|
3.7
Menghitung biaya produksi prototype produk
barang/jasa
|
20
|
|
|
3.8
Menerapkan proses kerja pembuatan prototype
produk barang/jasa
|
3.8
Membuat prototype produk barang /jasa
|
40
|
|
|
3.9
Menentukan pengujian kesesuaian fungsi prototype produk barang/jasa
|
3.9
Menguji prototype
produk barang/ jasa
|
10
|
|
|
3.10 Menganalisis
perencanaan produksi massal
|
3.10
Membuat perencanaan produksi massal
|
10
|
|
|
3.11 Menentukan
indikator keberhasilan tahapan
produksi massal
|
3.11
Membuat indikator keberhasilan tahapan produksi
missal
|
10
|
|
|
3.12 Menerapkan proses produksi massal
|
3.12
Melakukan
produksi massal
|
45
|
|
|
3.13 Menerapkan metoda
perakitan produk barang/jasa
|
3.13
Melakukan
perakitan produk barang/jasa
|
60
|
|
|
3.14 Menganalisis
prosedur pengujian kesesuaian fungsi produk barang/jasa
|
3.14
Melakukan pengujian produk barang/jasa
|
20
|
|
|
3.15 Mengevaluasi
kesesuaian hasil produk dengan rancangan
|
3.15
Melakukan
pemeriksaan produk sesuai dengan kriteria kelayakan produk/standar
operasional
|
10
|
|
|
3.16 Memahami paparan
deskriptif, naratif, argumentatif, atau persuasif tentang produk/jasa
|
3.16
Menyusun paparan deskriptif, naratif,
argumentatif, atau persuasif tentang produk/jasa
|
10
|
|
|
3.17 Menentukan media
promosi
|
3.17
Membuat
media promosi berdasarkan segmentasi pasar
|
20
|
|
|
3.18 Menyeleksi
strategi pemasaran
|
3.18
Melakukan
pemasaran
|
20
|
|
|
3.19 Menilai
perkembangan usaha
|
3.19
Membuat bagan
perkembangan usaha
|
10
|
|
|
3.20 Menentukan
standard laporan keuangan
|
3.20
Membuat Laporan Keuangan
|
20
|
|
|
JUMLAH
JAM
|
350
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar