Sabtu, 14 Juli 2018

Perawatan Wajah, Badan (Body Massage) dan Waxing KI dan KD Kecantikan Kulit dan Rambut

Mata Pelajaran : Perawatan Wajah, Badan (Body Massage) dan Waxing
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Tata Kecantikan
Kompetensi Keahlian : Kecantikan Kulit dan Rambut (3 Tahun)

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Tata Boga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Tata Boga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.


KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1     Menganalisis permasalahan kulit wajah
4.1     Menyajikan permasalahan kulit wajah
14


3.2     Menerapkan perawatan wajah berjerawat secara manual
4.2     Melakukan perawatan wajah berjerawat secara manual
28
KEC.TK.02.006.01
Merawat Kulit Wajah Berjerawat / Berkomedo Secara Manual
Beauty Operator  Madya
3.3     Menerapkan perawatan wajah pigmentasi secara manual
4.3     Melakukan perawatan wajah pigmentasi secara manual
28
KEC.TK.02.007.01
Merawat Kulit Wajah Berpigmentasi Secara Manual
Beauty Operator  Madya
3.4     Menerapkan perawatan wajah dehidrasi secara manual
4.4     Melakukan perawatan wajah dehidrasi secara manual
28
KEC.TK.02.008.01
Merawat Kulit Wajah Kering  - kasar (Dehidrasi) Secara Manual
Beauty Operator  Madya
3.5     Menerapkan perawatan wajah menua secara manual
4.5     Melakukan perawatan wajah menua secara manual
28
KEC.TK.02.009.01
Merawat Kulit Wajah  Menua (Aging Skin) Secara Manual
Beauty Operator  Madya
3.6     Menerapkan berbagai metode massage (pengurutan badan)

4.6     Melakukan massage (pengurutan badan) dengan berbagai metode
14
KEC.TK.02.022.01
Merawat Badan secara tradisional
Beauty Operator  Madya
3.7     Menerapkan perawatan badan dengan lulur dan body mask
4.7     Melakukan perawatan  badan dengan lulur dan body mask
42
KEC.TK.02.022.01
Merawat Badan secara tradisional
Beauty Operator  Madya
3.8     Menerapkan perawatan payudara
4.8     Melakukan perawatan payudara
28
KEC.TK.02.022.01
Merawat Badan secara tradisional
Beauty Operator  Madya
3.9     Menerapkan bahan jamu dan boreh/lulur perawatan badan
4.9     Mendemontrasikan jamu dan boreh/lulur perawatan badan
14
KEC.TK.02.022.01
Merawat Badan secara tradisional
Beauty Operator  Madya
3.10 Menerapkan bahan jamu dan boreh perawatan badan
4.10 Membuat jamu dan boreh perawatan badan
14
KEC.TK.02.022.01
Merawat Badan secara tradisional
Beauty Operator  Madya
3.11 Menganalisis alat, bahan, dan kosmetik perawatan wajah teknologi
4.11 Menyajikan alat, bahan, dan kosmetik perawatan wajah teknologi
12
KEC.TK.01.024.01
Merawat Badan dengan Teknologi
Beauty Operator  Utama
3.12 Menerapkan berbagai bahan masker perawatan wajah (formulasi masker setting)
4.12 Membuat berbagai bahan masker perawatan wajah (formulasi masker setting)
6


3.13 Menerapkan perawatan wajah berjerawat dengan teknologi
4.13 Melakukan perawatan wajah berjerawat dengan teknologi
24
KEC.TK.02.015.01
Merawat Kulit Wajah Berjerawat/Berkomedo dengan Teknologi
Beauty Operator  Utama
3.14 Menerapkan perawatan wajah pigmentasi dengan teknologi
4.14 Melakukan perawatan wajah pigmentasi dengan teknologi
24
KEC.TK.02.016.01
Merawat Kulit Wajah Berpigmentasi dengan Teknologi
Beauty Operator  Utama
3.15 Menerapkan perawatan wajah dehidrasi dengan teknologi
4.15 Melakukan perawatan wajah dehidrasi dengan teknologi
24
KEC.TK.02.017.01
Merawat Kulit Wajah Dehidrasi dengan Teknologi
Beauty Operator  Utama
3.16 Menerapkan perawatan wajah menua dengan teknologi
4.16 Melakukan perawatan wajah menua dengan teknologi
24
KEC.TK.02.018.01
Merawat Kulit Wajah Menua (Aging Skin) dengan Teknologi
Beauty Operator  Utama
3.17 Menerapkan perawatan badan dengan vibrator massage
4.17 Melakukan perawatan badan  relaxasi dengan vibrator massage
36
KEC.TK.02.023.01
Merawat Badan dengan Teknologi
Beauty Operator  Utama
3.18 Menerapkan cellulite massage dengan teknologi
4.18 Melakukan cellulite massage dengan teknologi
36
KEC.TK.02.023.01
Merawat Badan dengan Teknologi
Beauty Operator  Utama
3.19 Menerapkan body scrub dengan teknologi
4.19 Melakukan body scrub dengan teknologi
18
KEC.TK.02.023.01
Merawat Badan dengan Teknologi

Beauty Operator  Utama
3.20 Menerapkan pencabutan bulu
4.20 Melakukan pencabutan bulu
14
KEC.TK.02.014.01
Melakukan Pengangkatan Bulu yang Tidak Dikehendaki (Depilasi & Epilasi)
Beauty Operator  Madya
Jumlah Jam Pelajaran
456


Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar