Mata Pelajaran : Perawatan Wajah, Badan (Body Massage) dan Waxing
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Tata Kecantikan
Kompetensi Keahlian : Kecantikan Kulit dan Rambut (3 Tahun)
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Tata Kecantikan
Kompetensi Keahlian : Kecantikan Kulit dan Rambut (3 Tahun)
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Tata Boga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Tata Boga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Tata Boga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Tata Boga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1
Menganalisis
permasalahan kulit wajah
|
4.1
Menyajikan permasalahan kulit wajah
|
14
|
|
|
3.2
Menerapkan
perawatan wajah berjerawat secara manual
|
4.2
Melakukan perawatan wajah berjerawat secara manual
|
28
|
KEC.TK.02.006.01
Merawat Kulit Wajah Berjerawat / Berkomedo Secara
Manual
|
Beauty
Operator Madya
|
3.3
Menerapkan
perawatan wajah pigmentasi secara manual
|
4.3
Melakukan perawatan wajah pigmentasi secara manual
|
28
|
KEC.TK.02.007.01
Merawat Kulit Wajah Berpigmentasi Secara Manual
|
Beauty
Operator Madya
|
3.4
Menerapkan
perawatan wajah dehidrasi secara manual
|
4.4
Melakukan perawatan wajah dehidrasi secara manual
|
28
|
KEC.TK.02.008.01
Merawat Kulit Wajah Kering - kasar (Dehidrasi) Secara Manual
|
Beauty
Operator Madya
|
3.5
Menerapkan
perawatan wajah menua secara manual
|
4.5
Melakukan perawatan wajah menua secara manual
|
28
|
KEC.TK.02.009.01
Merawat Kulit Wajah Menua (Aging Skin) Secara Manual
|
Beauty
Operator Madya
|
3.6
Menerapkan
berbagai metode massage (pengurutan badan)
|
4.6
Melakukan massage (pengurutan badan) dengan berbagai
metode
|
14
|
KEC.TK.02.022.01
Merawat Badan secara tradisional
|
Beauty
Operator Madya
|
3.7
Menerapkan
perawatan badan dengan lulur dan body mask
|
4.7
Melakukan perawatan
badan dengan lulur dan body mask
|
42
|
KEC.TK.02.022.01
Merawat Badan secara tradisional
|
Beauty
Operator Madya
|
3.8
Menerapkan
perawatan payudara
|
4.8
Melakukan perawatan payudara
|
28
|
KEC.TK.02.022.01
Merawat Badan secara tradisional
|
Beauty
Operator Madya
|
3.9
Menerapkan
bahan jamu dan
boreh/lulur perawatan badan
|
4.9
Mendemontrasikan
jamu dan boreh/lulur perawatan badan
|
14
|
KEC.TK.02.022.01
Merawat Badan secara tradisional
|
Beauty
Operator Madya
|
3.10 Menerapkan bahan jamu dan boreh perawatan badan
|
4.10 Membuat jamu dan boreh
perawatan badan
|
14
|
KEC.TK.02.022.01
Merawat Badan secara tradisional
|
Beauty
Operator Madya
|
3.11 Menganalisis alat, bahan, dan kosmetik perawatan wajah teknologi
|
4.11 Menyajikan alat, bahan, dan kosmetik perawatan wajah teknologi
|
12
|
KEC.TK.01.024.01
Merawat Badan dengan Teknologi
|
Beauty
Operator Utama
|
3.12 Menerapkan berbagai bahan masker perawatan wajah (formulasi masker
setting)
|
4.12 Membuat berbagai bahan masker perawatan wajah (formulasi masker setting)
|
6
|
|
|
3.13 Menerapkan perawatan
wajah berjerawat dengan teknologi
|
4.13 Melakukan perawatan
wajah berjerawat dengan teknologi
|
24
|
KEC.TK.02.015.01
Merawat Kulit Wajah Berjerawat/Berkomedo dengan
Teknologi
|
Beauty
Operator Utama
|
3.14 Menerapkan perawatan
wajah pigmentasi dengan teknologi
|
4.14 Melakukan perawatan
wajah pigmentasi dengan teknologi
|
24
|
KEC.TK.02.016.01
Merawat Kulit Wajah Berpigmentasi dengan
Teknologi
|
Beauty
Operator Utama
|
3.15 Menerapkan perawatan
wajah dehidrasi dengan teknologi
|
4.15 Melakukan perawatan
wajah dehidrasi dengan teknologi
|
24
|
KEC.TK.02.017.01
Merawat Kulit Wajah Dehidrasi dengan Teknologi
|
Beauty
Operator Utama
|
3.16 Menerapkan perawatan
wajah menua dengan teknologi
|
4.16 Melakukan perawatan
wajah menua dengan teknologi
|
24
|
KEC.TK.02.018.01
Merawat Kulit Wajah Menua (Aging Skin) dengan
Teknologi
|
Beauty
Operator Utama
|
3.17 Menerapkan perawatan
badan dengan vibrator massage
|
4.17 Melakukan perawatan
badan relaxasi dengan vibrator massage
|
36
|
KEC.TK.02.023.01
Merawat Badan dengan Teknologi
|
Beauty
Operator Utama
|
3.18 Menerapkan cellulite massage dengan teknologi
|
4.18 Melakukan cellulite massage dengan teknologi
|
36
|
KEC.TK.02.023.01
Merawat Badan dengan Teknologi
|
Beauty
Operator Utama
|
3.19 Menerapkan body scrub dengan teknologi
|
4.19 Melakukan body scrub dengan teknologi
|
18
|
KEC.TK.02.023.01
Merawat Badan dengan Teknologi
|
Beauty
Operator Utama
|
3.20 Menerapkan pencabutan
bulu
|
4.20 Melakukan pencabutan
bulu
|
14
|
KEC.TK.02.014.01
Melakukan Pengangkatan Bulu yang Tidak
Dikehendaki (Depilasi & Epilasi)
|
Beauty
Operator Madya
|
Jumlah Jam Pelajaran
|
456
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar