Mata Pelajaran : Perawatan Tangan, Kaki, Nail Art dan Rias Wajah Khusus dan Kreatif
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Tata Kecantikan
Kompetensi Keahlian : Kecantikan Kulit dan Rambut (3 Tahun)
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Tata Kecantikan
Kompetensi Keahlian : Kecantikan Kulit dan Rambut (3 Tahun)
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Tata Boga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Tata Boga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Tata Boga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Tata Boga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1
Menganalisis analisa kondisi tangan, kaki dan kuku
|
3.1
Menyajikan analisa
kondisi dan tangan, kaki dan kuku.
|
8
|
KEC.TK.02.003.01
Merawat
Tangan dan Mewarnai Kuku
KEC.TK.02.004.01
Merawat
Kaki dan Mewarnai Kuku
|
Beauty
Operator Madya
|
3.2
Menerapkan perawatan tangan, kaki dan kuku
|
3.2
Melakukan
perawatan tangan, kaki dan kuku
|
28
|
KEC.TK.02.003.01
Merawat
Tangan dan Mewarnai Kuku
KEC.TK.02.004.01
Merawat
Kaki dan Mewarnai Kuku
|
Beauty
Operator Madya
|
3.3
Menerapkan manicure pedicure spa
|
3.3
Melakukan manicure pedicure spa
|
36
|
|
|
3.4
Menerapkan french manicure
|
3.4
Melakukan french manicure
|
12
|
KEC.TK.02.003.01
Merawat
Tangan dan Mewarnai Kuku
KEC.TK.02.004.01
Merawat
Kaki dan Mewarnai Kuku
|
Beauty
Operator Madya
|
3.5
Menerapkan berbagai jenis dan desain nail art.
|
3.5
Mendemontrasikan berbagai jenis dan desain nail art
|
24
|
KEC.TK.02.024.01
Menghias
Kuku (Nail Art)
|
Beauty
Operator Utama
|
3.6
Menerapkan nail
acrylic dengan berbagai tema
|
3.6
Melakukan nail
acrylic dengan berbagai tema
|
24
|
KEC.TK.02.024.01
Menghias
Kuku (Nail Art)
|
Beauty
Operator Utama
|
3.7
Menerapkan rias tangan dan kaki dengan henna sesuai
desain
|
3.7
Melakukan rias tangan dan kaki dengan henna sesuai
desain
|
8
|
|
|
3.8
Menerapkan rias sikatri
|
3.8
Melakukan rias wajah sikatri
|
8
|
KEC.TK.02.011.01
Merias Wajah Cicatri
|
Beauty
Operator Madya
|
3.9
Menerapkan rias geriatri
|
3.9
Melakukan rias wajah geriatri
|
8
|
KEC.TK.02.012.01
Merias Wajah Geriatri
|
Beauty
Operator Madya
|
3.10
Menerapkan rias wajah panggung sesuai desain dan
tema
|
3.10
Melakukan rias wajah
panggung sesuai desain dan tema
|
20
|
KEC.TK.02.013.01
Merias Wajah Panggung
|
Beauty
Operator Madya
|
3.11
Menerapkan rias wajah foto hitam putih dan berwarna
|
3.11
Melakukan
rias wajah foto hitam putih dan berwarna
|
12
|
KEC.TK.02.019.01
Merias
Wajah Foto/ TV / Film
|
Beauty
Operator Madya
|
3.12
Menerapkan rias wajah TV dan Film
|
3.12 Melakukan rias wajah TV dan Film
|
12
|
KEC.TK.02.019.01
Merias
Wajah Foto/ TV / Film
|
Beauty
Operator Madya
|
3.13
Menerapkan rias wajah teatrical
|
3.13
Melakukan
rias wajah teatrical
|
12
|
KEC.TK.02.019.01
Merias
Wajah Foto/ TV / Film
|
Beauty
Operator Utama
|
3.14
Menganalisis alat, bahan, dan kosmetika rias karakter
|
3.14 Menyajikan alat, bahan, dan kosmetika rias wajah
karakter
|
4
|
KEC.TK.02.020.01
Merias Wajah Karakter
|
Beauty
Operator Utama
|
3.15
Menerapkan rias karakter berbagai tema sesuai desain
|
3.15 Melakukan rias karakter berbagai tema sesuai desain
|
4
|
KEC.TK.02.020.01
Merias Wajah Karakter
|
Beauty
Operator Utama
|
3.16
Menerapkan rias karakter dua dimensi dengan berbagai
tema
|
3.16 Melakukan rias karakter dua dimensi dengan berbagai tema
|
28
|
KEC.TK.02.020.01
Merias Wajah Karakter
|
Beauty
Operator Utama
|
3.17
Menerapkan alat, bahan dan kosmetika rias fantasi
|
3.17 Menentukan alat, bahan dan kosmetika rias wajah
fantasi
|
4
|
KEC.TK.02.021.01
Melakukan Rias fantasi
|
Beauty
Operator Utama
|
3.18
Mengevaluasi desain rias fantasi
|
3.18 Mendesain rias fantasi
|
4
|
KEC.TK.02.021.01
Melakukan Rias fantasi
|
Beauty
Operator Utama
|
3.19
Menerapkan rias fantasi dengan berbagai tema
|
3.19 Melakukan rias fantasi dengan berbagai tema
|
24
|
KEC.TK.02.021.01
Melakukan Rias fantasi
|
Beauty
Operator Utama
|
Jumlah Jam Pelajaran
|
280
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar