Sabtu, 14 Juli 2018

Perawatan Tangan, Kaki, Nail Art dan Rias Wajah Khusus dan Kreatif Ki dan KD Kecantikan Kulit dan Rambut

Mata Pelajaran : Perawatan Tangan, Kaki, Nail Art dan Rias Wajah Khusus dan Kreatif
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Tata Kecantikan
Kompetensi Keahlian : Kecantikan Kulit dan Rambut (3 Tahun)

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Tata Boga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Tata Boga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1    Menganalisis analisa kondisi tangan, kaki dan kuku
3.1    Menyajikan analisa kondisi dan tangan, kaki dan kuku.
8
KEC.TK.02.003.01
Merawat Tangan dan Mewarnai Kuku
KEC.TK.02.004.01
Merawat Kaki dan Mewarnai Kuku
Beauty Operator  Madya
3.2    Menerapkan perawatan tangan, kaki dan kuku
3.2    Melakukan perawatan  tangan, kaki dan kuku
28
KEC.TK.02.003.01
Merawat Tangan dan Mewarnai Kuku
KEC.TK.02.004.01
Merawat Kaki dan Mewarnai Kuku
Beauty Operator  Madya
3.3    Menerapkan manicure pedicure spa
3.3    Melakukan manicure pedicure spa
36


3.4    Menerapkan french manicure
3.4    Melakukan french manicure
12
KEC.TK.02.003.01
Merawat Tangan dan Mewarnai Kuku
KEC.TK.02.004.01
Merawat Kaki dan Mewarnai Kuku
Beauty Operator  Madya
3.5    Menerapkan berbagai jenis dan desain nail art.
3.5    Mendemontrasikan berbagai jenis dan desain nail art
24
KEC.TK.02.024.01
Menghias Kuku (Nail Art)
Beauty Operator Utama
3.6     Menerapkan nail acrylic dengan berbagai tema
3.6    Melakukan nail acrylic dengan berbagai tema
24
KEC.TK.02.024.01
Menghias Kuku (Nail Art)
Beauty Operator Utama
3.7     Menerapkan rias tangan dan kaki dengan henna sesuai desain
3.7    Melakukan rias tangan dan kaki dengan henna sesuai desain
8


3.8    Menerapkan rias sikatri
3.8    Melakukan rias wajah sikatri
8
KEC.TK.02.011.01
Merias Wajah Cicatri
Beauty Operator  Madya
3.9    Menerapkan rias geriatri
3.9    Melakukan rias wajah geriatri
8
KEC.TK.02.012.01
Merias Wajah Geriatri
Beauty Operator  Madya
3.10    Menerapkan rias wajah panggung sesuai desain dan tema
3.10    Melakukan rias wajah panggung sesuai desain dan tema
20
KEC.TK.02.013.01
Merias Wajah Panggung
Beauty Operator  Madya
3.11    Menerapkan rias wajah foto hitam putih dan berwarna
3.11    Melakukan rias wajah foto hitam putih dan berwarna
12
KEC.TK.02.019.01
Merias Wajah Foto/ TV / Film
Beauty Operator  Madya
3.12    Menerapkan rias wajah TV dan Film
3.12   Melakukan rias wajah TV dan Film
12
KEC.TK.02.019.01
Merias Wajah Foto/ TV / Film
Beauty Operator  Madya
3.13    Menerapkan rias wajah teatrical
3.13   Melakukan rias wajah teatrical
12
KEC.TK.02.019.01
Merias Wajah Foto/ TV / Film
Beauty Operator  Utama
3.14    Menganalisis alat, bahan, dan kosmetika rias karakter
3.14   Menyajikan alat, bahan, dan kosmetika rias wajah karakter
4
KEC.TK.02.020.01
Merias Wajah Karakter
Beauty Operator  Utama
3.15    Menerapkan rias karakter berbagai tema sesuai desain
3.15   Melakukan rias karakter berbagai tema sesuai desain
4
KEC.TK.02.020.01
Merias Wajah Karakter
Beauty Operator  Utama
3.16    Menerapkan rias karakter dua dimensi dengan berbagai tema
3.16   Melakukan rias karakter dua dimensi dengan berbagai tema
28
KEC.TK.02.020.01
Merias Wajah Karakter
Beauty Operator  Utama
3.17    Menerapkan alat, bahan dan kosmetika rias fantasi
3.17   Menentukan alat, bahan dan kosmetika rias wajah fantasi
4
KEC.TK.02.021.01
Melakukan Rias fantasi
Beauty Operator  Utama
3.18    Mengevaluasi desain rias fantasi
3.18   Mendesain rias fantasi
4
KEC.TK.02.021.01
Melakukan Rias fantasi
Beauty Operator  Utama
3.19    Menerapkan rias fantasi dengan berbagai tema
3.19   Melakukan rias fantasi dengan berbagai tema
24
KEC.TK.02.021.01
Melakukan Rias fantasi
Beauty Operator  Utama
Jumlah Jam Pelajaran
280




Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar