Mata Pelajaran : Pengeritingan Rambut dan Penataan Sanggul Tradisional dan Kreatif
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Tata Kecantikan
Kompetensi Keahlian : Kecantikan Kulit dan Rambut (3 Tahun)
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Tata Kecantikan
Kompetensi Keahlian : Kecantikan Kulit dan Rambut (3 Tahun)
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Tata Boga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Tata Boga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Tata Boga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Tata Boga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1
Menerapkan
pratata rambut
|
4.1
Mendemontrasikan
pratata rambut
|
7
|
KEC.TR.02.005.01
Melakukan Pratata
|
Beauty Operator Madya
|
3.2
Menganalisis alat, bahan, dan kosmetika pratata
|
4.2
Menyajikankan alat, bahan, dan kosmetika pratata
|
7
|
KEC.TR.02.005.01
Melakukan Pratata
|
Beauty Operator Madya
|
3.3
Menerapkan pratata
teknik dasar
|
4.3
Melakukan pratata tehnik dasar
|
28
|
KEC.TR.02.005.01
Melakukan Pratata
|
Beauty Operator Madya
|
3.4
Menerapkan
pengeritingan rambut
|
4.4
Mendemonstrasika
pengeritingan rambut
|
7
|
KEC.TR.02.007.01
Mengeriting Rambut
|
Beauty Operator Madya
|
3.5
Menerapkan
analisa kondisi rambut untuk pengeritingan rambut
|
4.5
Melakukan
analisa kondisi rambut untuk pengeritingan rambut
|
7
|
KEC.TR.02.007.01
Mengeriting Rambut
|
Beauty Operator Madya
|
3.6
Menganalisis alat, bahan, dan kosmetika pengeritingan
rambut
|
4.6
Menyajikan alat, bahan, dan kosmetika pengeritingan
rambut
|
7
|
KEC.TR.02.007.01
Mengeriting Rambut
|
Beauty Operator Madya
|
3.7
Menerapkan
pengeritingan rambut tehnik dasar
|
4.7
Melakukan
pengeritingan rambut tehnik dasar
|
28
|
KEC.TR.02.007.01
Mengeriting Rambut
|
Beauty Operator Madya
|
3.8
Menerapkan sanggul tradisional Daerah Indonesia
|
4.8
Melakukan
identifikasi sanggul tradisional daerah Indonesia
|
7
|
KEC.TR.02.010.01
Menata Sanggul Daerah
|
Beauty Operator Madya
|
3.9
Menerapkan
penataan sanggul
cepol, dan ciwidey
|
4.9
Melakukan
penataan sanggul cepol, dan ciwidey
|
14
|
KEC.TR.02.010.01
Menata Sanggul Daerah
|
Beauty Operator Madya
|
3.10
Menerapkan
penataan sanggul
ukel konde, dan ukel tekuk
|
4.10
Melakukan
penataan sanggul ukel konde, dan ukel tekuk
|
14
|
KEC.TR.02.010.01
Menata Sanggul Daerah
|
Beauty Operator Madya
|
3.11
Menerapkan penataan sanggul pusung tagel, dan pingkan
|
4.11
Melakukan
penataan sanggul pusung tagel, dan pingkan
|
14
|
KEC.TR.02.010.01
Menata Sanggul Daerah
|
Beauty Operator Madya
|
3.12
Menerapkan penataan sanggul dendeng, dan sempolong tattong
|
4.12
Melakukan
penataan sanggul dendeng, dan sempolong tattong
|
14
|
KEC.TR.02.010.01
Menata Sanggul Daerah
|
Beauty Operator Madya
|
3.13
Menerapkan
penataan sanggul sempol gampang kemang, dan gelung
malang
|
4.13
Melakukan
penataan sanggul sempol gampang kemang, dan gelung malang
|
14
|
KEC.TR.02.010.01
Menata Sanggul Daerah
|
Beauty Operator Madya
|
3.14
Menerapkan
penataan sanggul timpus, dan siput ekor kera
|
4.14
Melakukan
penataan sanggul timpus, dan siput ekor kera
|
14
|
KEC.TR.02.010.01
Menata Sanggul Daerah
|
Beauty Operator Madya
|
3.15
Menerapkan penataan sanggul modifikasi daerah
|
4.15
Melakukan
penataan sanggul modifikasi daerah
|
7
|
KEC.TR.02.010.01
Menata Sanggul Daerah
|
Beauty Operator Madya
|
3.16
Menganalisis alat, bahan, dan kosmetika pengeritingan
rambut desain
|
4.16
Menyajikan alat, bahan, dan kosmetika pengeritingan
rambut desain
|
7
|
KEC.TR.02.007.01
Mengeriting Rambut
|
Beauty Operator Madya
|
3.17
Menerapkan
pengeritingan rambut desain
|
4.17
Melakukan
pengeritingan rambut desain
|
28
|
KEC.TR.02.007.01
Mengeriting Rambut
|
Beauty Operator Madya
|
3.18
Menerapkan
analisa kondisi rambut untuk pelurusan rambut
|
4.18
Melakukan
analisa kondisi rambut untuk pelurusan rambut
|
10
|
KEC.TR.02.014.01
Meluruskan Rambut (Rebounding)
|
Beauty Operator Utama
|
3.19
Menerapkan
berbagai teknik pelurusan rambut
|
4.19
Mendemontrasikan
berbagai teknik pelurusan rambut
|
10
|
KEC.TR.02.014.01
Meluruskan Rambut (Rebounding)
|
Beauty Operator Utama
|
3.20
Menerapkan
pelurusan rambut
|
4.20
Melakukan
pelurusan rambut
|
40
|
KEC.TR.02.014.01
Meluruskan Rambut (Rebounding)
|
Beauty Operator Utama
|
3.21
Menerapkan
penyambungan rambut (Hair extension) dengan berbagai teknik
|
4.21
Melakukan
penyambungan rambut (Hair extension) dengan berbagai teknik
|
20
|
KEC.TR.02.018.01
Menyambung Rambut dengan Rambut Tambahan
|
Beauty Operator Utama
|
3.22
Menerapkan desain penataan
sanggul kreatif dengan teknik sasakan dan tanpa sasakan
|
4.22
Mendemontrasikan
desain penataan sanggul kreatif dengan
teknik sasakan dan tanpa sasakan
|
7
|
KEC.TR.02.009.01
Menata Sanggul (Up Style)
|
Beauty Operator Madya
|
3.23
Menerapkan penataan sanggul tanpa sasakan
|
4.23
Melakukan
penataan sanggul tanpa sasakan sesuai kreasi
|
7
|
KEC.TR.02.009.01
Menata Sanggul (Up Style)
|
Beauty Operator Madya
|
3.24
Menerapkan penataan sanggul dengan sasakan
|
4.24
Melakukan
penataan sanggul dengan sasakan sesuai kreasi
|
7
|
KEC.TR.02.009.01
Menata Sanggul (Up Style)
|
Beauty Operator Madya
|
3.25
Menerapkan penataan rambut dengan teknik kepang dan pilin sesuai kreasi
|
4.25
Melakukan
penataan rambut dengan teknik kepang dan pilin sesuai kreasi
|
7
|
KEC.TR.02.006.01
Melakukan Penataan Rambut (Styling)
|
Beauty Operator Madya
|
3.26
Menganalisis desain penataan sanggul up style
|
4.26
Membuat
desain penataan sanggul up style
|
10
|
KEC.TR.02.009.01
Menata Sanggul (Up Style)
|
Beauty Operator Utama
|
3.27
Menerapkan penataan sanggul up style sesuai kreasi
|
4.27
Melakukan
penataan sanggul up style sesuai kreasi
|
10
|
KEC.TR.02.009.01
Menata Sanggul (Up Style)
|
Beauty Operator Utama
|
3.28
Menerapkan penataan sanggul Evening style sesuai kreasi
|
4.28
Melakukan
penataan sanggul Evening style sesuai
kreasi
|
10
|
KEC.TR.02.009.01
Menata Sanggul (Up Style)
|
Beauty Operator Utama
|
3.29
Menerapkan penataan sanggul Gala
sesuai kreasi
|
4.29
Melakukan
penataan sanggul Gala Style sesuai kreasi
|
20
|
KEC.TR.02.009.01
Menata Sanggul (Up Style)
|
Beauty Operator Utama
|
3.30
Menerapkan penataan sanggul Fantasi sesuai kreasi
|
4.30
Melakukan
penataan sanggul Fantasi sesuai kreasi
|
20
|
KEC.TR.02.016.01
Melakukan Penataan Rambut Artistic (Specialist
hair styling)
|
Beauty Operator Utama
|
3.31
Menerapkan penataan sanggul
artistic sesuai kreasi
|
4.31
Melakukan
penataan sanggul artistic sesuai kreasi
|
20
|
KEC.TR.02.016.01
Melakukan Penataan Rambut Artistic (Specialist
hair styling)
|
Beauty Operator Utama
|
Jumlah Jam Pelajaran
|
422
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar