Sabtu, 14 Juli 2018

Pengeritingan Rambut dan Penataan Sanggul Tradisional dan Kreatif Ki dan KD Kecantikan Kulit dan Rambut

Mata Pelajaran : Pengeritingan Rambut dan Penataan Sanggul Tradisional dan Kreatif
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Tata Kecantikan
Kompetensi Keahlian : Kecantikan Kulit dan Rambut (3 Tahun)

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Tata Boga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Tata Boga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1     Menerapkan pratata rambut
4.1    Mendemontrasikan pratata rambut
7
KEC.TR.02.005.01
Melakukan Pratata
Beauty Operator Madya
3.2     Menganalisis alat, bahan, dan kosmetika pratata
4.2    Menyajikankan alat, bahan, dan kosmetika pratata
7
KEC.TR.02.005.01
Melakukan Pratata
Beauty Operator Madya
3.3     Menerapkan pratata teknik dasar
4.3    Melakukan pratata tehnik dasar
28
KEC.TR.02.005.01
Melakukan Pratata
Beauty Operator Madya
3.4     Menerapkan  pengeritingan rambut
4.4    Mendemonstrasika  pengeritingan rambut
7
KEC.TR.02.007.01
Mengeriting Rambut
Beauty Operator Madya
3.5     Menerapkan analisa kondisi rambut untuk pengeritingan rambut
4.5    Melakukan analisa kondisi rambut untuk pengeritingan rambut
7
KEC.TR.02.007.01
Mengeriting Rambut
Beauty Operator Madya
3.6     Menganalisis  alat, bahan, dan kosmetika pengeritingan rambut
4.6    Menyajikan  alat, bahan, dan kosmetika pengeritingan rambut
7
KEC.TR.02.007.01
Mengeriting Rambut
Beauty Operator Madya
3.7     Menerapkan pengeritingan rambut tehnik dasar
4.7    Melakukan pengeritingan rambut tehnik dasar
28
KEC.TR.02.007.01
Mengeriting Rambut
Beauty Operator Madya
3.8     Menerapkan  sanggul tradisional Daerah Indonesia
4.8    Melakukan identifikasi sanggul tradisional daerah Indonesia
7
KEC.TR.02.010.01
Menata Sanggul Daerah
Beauty Operator Madya
3.9     Menerapkan penataan sanggul cepol, dan ciwidey
4.9    Melakukan penataan sanggul cepol, dan ciwidey
14
KEC.TR.02.010.01
Menata Sanggul Daerah
Beauty Operator Madya
3.10   Menerapkan penataan sanggul ukel konde, dan ukel tekuk
4.10   Melakukan penataan sanggul ukel konde, dan ukel tekuk
14
KEC.TR.02.010.01
Menata Sanggul Daerah
Beauty Operator Madya
3.11   Menerapkan penataan sanggul pusung tagel, dan pingkan
4.11   Melakukan penataan sanggul pusung tagel, dan pingkan
14
KEC.TR.02.010.01
Menata Sanggul Daerah
Beauty Operator Madya
3.12   Menerapkan penataan sanggul dendeng, dan sempolong tattong
4.12   Melakukan penataan sanggul dendeng, dan sempolong tattong
14
KEC.TR.02.010.01
Menata Sanggul Daerah
Beauty Operator Madya
3.13   Menerapkan penataan sanggul sempol gampang kemang, dan gelung malang
4.13   Melakukan penataan sanggul sempol gampang kemang, dan gelung malang
14
KEC.TR.02.010.01
Menata Sanggul Daerah
Beauty Operator Madya
3.14   Menerapkan penataan sanggul timpus, dan siput ekor kera
4.14   Melakukan penataan sanggul timpus, dan siput ekor kera
14
KEC.TR.02.010.01
Menata Sanggul Daerah
Beauty Operator Madya
3.15   Menerapkan  penataan sanggul modifikasi daerah
4.15   Melakukan penataan sanggul modifikasi daerah
7
KEC.TR.02.010.01
Menata Sanggul Daerah
Beauty Operator Madya
3.16   Menganalisis  alat, bahan, dan kosmetika pengeritingan rambut desain
4.16   Menyajikan  alat, bahan, dan kosmetika pengeritingan rambut desain
7
KEC.TR.02.007.01
Mengeriting Rambut
Beauty Operator Madya
3.17   Menerapkan pengeritingan rambut desain
4.17   Melakukan pengeritingan rambut desain
28
KEC.TR.02.007.01
Mengeriting Rambut
Beauty Operator Madya
3.18   Menerapkan analisa kondisi rambut untuk pelurusan rambut
4.18   Melakukan analisa kondisi rambut untuk pelurusan rambut
10
KEC.TR.02.014.01
Meluruskan Rambut (Rebounding)
Beauty Operator Utama
3.19   Menerapkan berbagai teknik  pelurusan rambut
4.19   Mendemontrasikan berbagai teknik  pelurusan rambut
10
KEC.TR.02.014.01
Meluruskan Rambut (Rebounding)
Beauty Operator Utama
3.20   Menerapkan pelurusan rambut
4.20   Melakukan pelurusan rambut
40
KEC.TR.02.014.01
Meluruskan Rambut (Rebounding)
Beauty Operator Utama
3.21   Menerapkan penyambungan rambut (Hair extension) dengan berbagai teknik
4.21   Melakukan penyambungan rambut (Hair extension) dengan berbagai teknik
20
KEC.TR.02.018.01
Menyambung Rambut dengan Rambut Tambahan
Beauty Operator Utama
3.22   Menerapkan desain penataan sanggul kreatif dengan teknik sasakan dan tanpa sasakan
4.22   Mendemontrasikan desain penataan sanggul kreatif dengan  teknik sasakan dan tanpa sasakan
7
KEC.TR.02.009.01
Menata Sanggul (Up Style)
Beauty Operator Madya
3.23   Menerapkan penataan sanggul tanpa sasakan
4.23   Melakukan penataan sanggul tanpa sasakan sesuai kreasi
7
KEC.TR.02.009.01
Menata Sanggul (Up Style)
Beauty Operator Madya
3.24   Menerapkan penataan sanggul dengan sasakan
4.24   Melakukan penataan sanggul dengan sasakan sesuai kreasi
7
KEC.TR.02.009.01
Menata Sanggul (Up Style)
Beauty Operator Madya
3.25   Menerapkan penataan rambut dengan teknik kepang dan pilin sesuai kreasi
4.25   Melakukan penataan rambut dengan teknik kepang dan pilin sesuai kreasi
7
KEC.TR.02.006.01
Melakukan Penataan Rambut (Styling)
Beauty Operator Madya
3.26   Menganalisis desain penataan sanggul up style
4.26   Membuat desain penataan sanggul up style
10
KEC.TR.02.009.01
Menata Sanggul (Up Style)
Beauty Operator Utama
3.27   Menerapkan penataan sanggul up style sesuai kreasi
4.27   Melakukan penataan sanggul up style sesuai kreasi
10
KEC.TR.02.009.01
Menata Sanggul (Up Style)
Beauty Operator Utama
3.28   Menerapkan penataan sanggul Evening style sesuai kreasi
4.28   Melakukan  penataan sanggul Evening style sesuai kreasi
10
KEC.TR.02.009.01
Menata Sanggul (Up Style)
Beauty Operator Utama
3.29   Menerapkan penataan sanggul Gala sesuai kreasi
4.29   Melakukan penataan sanggul Gala Style sesuai kreasi
20
KEC.TR.02.009.01
Menata Sanggul (Up Style)
Beauty Operator Utama
3.30   Menerapkan penataan sanggul Fantasi sesuai kreasi
4.30   Melakukan penataan sanggul Fantasi sesuai kreasi
20
KEC.TR.02.016.01
Melakukan Penataan Rambut Artistic (Specialist hair styling)
Beauty Operator Utama
3.31   Menerapkan penataan sanggul artistic sesuai kreasi
4.31   Melakukan penataan sanggul artistic sesuai kreasi
20
KEC.TR.02.016.01
Melakukan Penataan Rambut Artistic (Specialist hair styling)
Beauty Operator Utama
Jumlah Jam Pelajaran
422



Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar