Mata Pelajaran : Pemangkasan dan Pewarnaan Rambut
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Tata Kecantikan
Kompetensi Keahlian : Kecantikan Kulit dan Rambut (3 Tahun)
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Tata Kecantikan
Kompetensi Keahlian : Kecantikan Kulit dan Rambut (3 Tahun)
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Tata Boga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Tata Boga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Tata Boga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Tata Boga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1
Menerapkan pemangkasan rambut
|
4.1
Mendemontrasikan
pemangkasan rambut
|
18
|
KEC.TR.02.004.01
Memangkas Rambut
|
Beauty
Operator Madya
|
3.2 Menganalisis alat, bahan, dan kosmetika pemangkasan rambut
|
4.2 Menyajikan alat, bahan, dan kosmetika
pemangkasan
|
6
|
KEC.TR.02.004.01
Memangkas Rambut
|
Beauty
Operator Madya
|
3.3 Menerapkan pemangkasan rambut teknik
solid form
|
4.3 Melakukan pemangkasan rambut teknik solid form
|
18
|
KEC.TR.02.004.01
Memangkas Rambut
|
Beauty
Operator Madya
|
3.4 Menerapkan pemangkasan rambut teknik graduasi
|
4.4 Melakukan pemangkasan rambut teknik graduasi
|
18
|
KEC.TR.02.004.01
Memangkas Rambut
|
Beauty
Operator Madya
|
3.5 Menerapkan pemangkasan rambut teknik uniform layer
|
4.5 Melakukan pemangkasan rambut teknik uniform layer
|
18
|
KEC.TR.02.004.01
Memangkas Rambut
|
Beauty
Operator Madya
|
3.6 Menerapkan pemangkasan rambut teknik increase layer
|
4.6 Melakukan pemangkasan rambut teknik increase
layer
|
18
|
KEC.TR.02.004.01
Memangkas Rambut
|
Beauty
Operator Madya
|
3.7 Menerapkan desain pemangkasan rambut wanita
|
4.7 Mendemontrasikan desain pemangkasan rambut
wanita
|
12
|
KEC.TR.02.004.01
Memangkas Rambut
|
Beauty
Operator Madya
|
3.8 Menganalisis
pemangkasan dan penataan rambut teknik desain
|
4.8 Melakukan pemangkasan dan penataan rambut teknik desain
|
48
|
KEC.TR.02.004.01
Memangkas Rambut
|
Beauty
Operator Madya
|
3.9 Menerapkan pewarnaan rambut
|
4.9 Mendemontrasikan pewarnaan rambut
|
12
|
KEC.TR.02.012.01
Mewarnai Rambut
|
Beauty
Operator Madya
|
3.10 Menganalisis
alat, bahan, dan kosmetika pewarnaan rambut single aplikasi.
|
4.10 Menyajikan alat,
bahan, dan kosmetika pewarnaan rambut
single aplikasi
|
6
|
KEC.TR.02.012.01
Mewarnai Rambut
|
Beauty
Operator Madya
|
3.11
Menerapkan
analisa karakteristik kondisi rambut.
|
4.11 Melakukan analisa karakteristik kondisi rambut
|
6
|
KEC.TR.02.012.01
Mewarnai Rambut
|
Beauty
Operator Madya
|
3.12
Menerapkan pewarnaan rambut single aplikasi
|
4.12 Melakukan pewarnaan rambut single aplikasi
|
36
|
KEC.TR.02.012.01
Mewarnai Rambut
|
Beauty
Operator Madya
|
3.13 Menerapkan pemangkasan rambut pria
|
4.13 Mendemontrasikan pemangkasan rambut pria
|
10
|
KEC.TR.02.011.01
Memangkas Rambut dengan Teknik Barber
|
Beauty
Operator Utama
|
3.14
Mengevaluasi
desain pemangkasan dan penataan rambut komersial pria
|
4.14 Mendesain pemangkasan dan penataan rambut komersial pria
|
5
|
KEC.TR.02.011.01
Memangkas Rambut dengan Teknik Barber
|
Beauty Operator Utama
|
3.15
Menerapkan
pemangkasan dan penataan rambut komersial pria sesuai desain
|
4.15 Melakukan pemangkasan dan
penataan rambut komersial pria sesuai
desain
|
20
|
KEC.TR.02.011.01
Memangkas Rambut dengan Teknik Barber
|
Beauty Operator Utama
|
3.16
Mengevaluasi
desain pemangkasan dan penataan rambut artistik pria
|
4.16 Mendesain pemangkasan dan penataan rambut
artistik pria
|
5
|
KEC.TR.02.011.01
Memangkas Rambut dengan Teknik Barber
|
Beauty Operator Utama
|
3.17
Menerapkan
pemangkasan dan penataan rambut artistik pria sesuai desain
|
4.17 Melakukan pemangkasan dan penataan rambut
artistik pria sesuai desain
|
20
|
KEC.TR.02.011.01
Memangkas Rambut dengan Teknik Barber
|
Beauty Operator Utama
|
3.18
Menganalisis kosmetika dan
metode pemudaan dan penghilangan
warna rambut
|
4.18 Menyajikan kosmetika dan
metode pemudaan dan penghilangan
warna rambut
|
5
|
KEC.TR.02.012.01
Mewarnai Rambut
|
Beauty Operator Utama
|
3.19
Mengevaluasi
desain pewarnaan rambut double aplikasi
|
4.19 Mendesain pewarnaan rambut
double aplikasi
|
5
|
KEC.TR.02.012.01
Mewarnai Rambut
|
Beauty Operator Utama
|
3.20
Menerapkan pewarnaan rambut teknik double aplikasi
|
4.20 Melakukan pewarnaan rambut teknik double aplikasi
|
20
|
KEC.TR.02.012.01
Mewarnai Rambut
|
Beauty Operator Utama
|
3.21
Mengevaluasi
desain pewarnaan rambut artistik
|
4.21 Mendesain pewarnaan rambut artistik
|
5
|
KEC.TR.02.015.01
Melakukan
Pewarnaan Artistic (Specialist
Hair Colouring)
|
Beauty Operator Utama
|
3.22
Menerapkan
pewarnaan rambut artistic dengan berbagai teknik
|
4.22 Melakukan pewarnaan rambut artistic dengan
berbagai teknik
|
20
|
KEC.TR.02.015.01
Melakukan
Pewarnaan Artistic (Specialist
Hair Colouring)
|
Beauty Operator Utama
|
3.23
Menerapkan
desain pemangkasan, pewarnaan, dan penataan rambut pria komersial dan
artistik
|
4.23 Membuat desain pemangkasa, pewarnaan, dan
penataan rambut komersial dan artistik pada pria
|
5
|
KEC.TR.02.015.01
Melakukan
Pewarnaan Artistic (Specialist
Hair Colouring)
|
Beauty Operator Utama
|
3.24
Menerapkan
pemangkasa, pewarnaan, dan penataan rambut komersial dan artistik pada pria
sesuai desain
|
4.24 Melakukan pemangkasa, pewarnaan, dan penataan
rambut komersial dan artistik pada pria sesuai desain
|
20
|
KEC.TR.02.015.01
Melakukan
Pewarnaan Artistic (Specialist
Hair Colouring)
|
Beauty Operator Utama
|
3.25
Menerapkan
desain pemangkasan, pewarnaan, dan penataan rambut wanita komersial dan
artistik
|
4.25 Membuat desain pemangkasa, pewarnaan, dan
penataan rambut komersial dan artistik pada wanita
|
5
|
KEC.TR.02.015.01
Melakukan
Pewarnaan Artistic (Specialist
Hair Colouring)
|
Beauty
Operator Utama
|
3.26
Menerapkan
pemangkasan, pewarnaan, dan penataan rambut wanita komersial dan artistic
sesuai desain
|
4.26 Melakukan pemangkasa, pewarnaan, dan penataan
rambut wanita komersial dan artistic sesuai desain
|
25
|
KEC.TR.02.015.01
Melakukan
Pewarnaan Artistic (Specialist
Hair Colouring)
|
Beauty
Operator Utama
|
Jumlah Jam Pelajaran
|
386
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar