Sabtu, 14 Juli 2018

Pemangkasan dan Pewarnaan Rambut Ki dan KD Kecantikan Kulit dan Rambut

Mata Pelajaran : Pemangkasan dan Pewarnaan Rambut
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Tata Kecantikan
Kompetensi Keahlian : Kecantikan Kulit dan Rambut (3 Tahun)

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Tata Boga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Tata Boga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1      Menerapkan pemangkasan rambut
4.1    Mendemontrasikan pemangkasan rambut
18
KEC.TR.02.004.01
Memangkas Rambut
Beauty Operator Madya
3.2      Menganalisis alat, bahan, dan kosmetika pemangkasan rambut
4.2    Menyajikan alat, bahan, dan kosmetika pemangkasan
6
KEC.TR.02.004.01
Memangkas Rambut
Beauty Operator Madya
3.3      Menerapkan pemangkasan rambut  teknik  solid form
4.3    Melakukan pemangkasan rambut teknik solid form
18
KEC.TR.02.004.01
Memangkas Rambut
Beauty Operator Madya
3.4      Menerapkan pemangkasan rambut teknik graduasi
4.4    Melakukan pemangkasan rambut teknik graduasi
18
KEC.TR.02.004.01
Memangkas Rambut
Beauty Operator Madya
3.5      Menerapkan pemangkasan rambut teknik uniform layer
4.5    Melakukan pemangkasan rambut teknik uniform layer
18
KEC.TR.02.004.01
Memangkas Rambut
Beauty Operator Madya
3.6      Menerapkan pemangkasan rambut teknik increase layer
4.6    Melakukan pemangkasan rambut teknik increase layer
18
KEC.TR.02.004.01
Memangkas Rambut
Beauty Operator Madya
3.7      Menerapkan desain pemangkasan rambut wanita
4.7    Mendemontrasikan desain pemangkasan rambut wanita
12
KEC.TR.02.004.01
Memangkas Rambut
Beauty Operator Madya
3.8      Menganalisis pemangkasan dan penataan rambut teknik desain
4.8    Melakukan pemangkasan dan penataan rambut teknik desain
48
KEC.TR.02.004.01
Memangkas Rambut
Beauty Operator Madya
3.9      Menerapkan pewarnaan rambut
4.9    Mendemontrasikan pewarnaan rambut
12
KEC.TR.02.012.01
Mewarnai Rambut
Beauty Operator Madya
3.10   Menganalisis alat, bahan, dan kosmetika pewarnaan rambut single aplikasi.
4.10 Menyajikan alat, bahan, dan kosmetika pewarnaan rambut single  aplikasi
6
KEC.TR.02.012.01
Mewarnai Rambut
Beauty Operator Madya
3.11   Menerapkan analisa karakteristik kondisi rambut.
4.11 Melakukan analisa karakteristik kondisi rambut
6
KEC.TR.02.012.01
Mewarnai Rambut
Beauty Operator Madya
3.12   Menerapkan  pewarnaan rambut single aplikasi
4.12 Melakukan pewarnaan rambut single aplikasi
36
KEC.TR.02.012.01
Mewarnai Rambut
Beauty Operator Madya
3.13   Menerapkan pemangkasan rambut pria
4.13 Mendemontrasikan pemangkasan rambut pria
10
KEC.TR.02.011.01
Memangkas Rambut dengan Teknik Barber
Beauty Operator Utama
3.14   Mengevaluasi desain pemangkasan dan penataan rambut komersial pria
4.14 Mendesain pemangkasan dan penataan rambut komersial pria
5
KEC.TR.02.011.01
Memangkas Rambut dengan Teknik Barber
Beauty Operator Utama
3.15   Menerapkan pemangkasan dan penataan rambut komersial pria sesuai desain
4.15 Melakukan pemangkasan dan penataan rambut komersial pria sesuai desain
20
KEC.TR.02.011.01
Memangkas Rambut dengan Teknik Barber
Beauty Operator Utama
3.16   Mengevaluasi desain pemangkasan dan penataan rambut artistik pria
4.16 Mendesain pemangkasan dan penataan rambut artistik pria
5
KEC.TR.02.011.01
Memangkas Rambut dengan Teknik Barber
Beauty Operator Utama
3.17   Menerapkan pemangkasan dan penataan rambut artistik pria sesuai desain
4.17 Melakukan pemangkasan dan penataan rambut artistik pria sesuai desain
20
KEC.TR.02.011.01
Memangkas Rambut dengan Teknik Barber
Beauty Operator Utama
3.18   Menganalisis kosmetika dan metode pemudaan dan penghilangan warna rambut
4.18 Menyajikan kosmetika dan metode pemudaan dan penghilangan warna rambut
5
KEC.TR.02.012.01
Mewarnai Rambut
Beauty Operator Utama
3.19   Mengevaluasi desain pewarnaan rambut double aplikasi
4.19 Mendesain pewarnaan rambut double aplikasi
5
KEC.TR.02.012.01
Mewarnai Rambut
Beauty Operator Utama
3.20   Menerapkan pewarnaan rambut teknik double  aplikasi
4.20 Melakukan pewarnaan rambut teknik double  aplikasi
20
KEC.TR.02.012.01
Mewarnai Rambut
Beauty Operator Utama
3.21   Mengevaluasi desain pewarnaan rambut artistik
4.21 Mendesain pewarnaan rambut artistik
5
KEC.TR.02.015.01
Melakukan  Pewarnaan  Artistic (Specialist Hair Colouring)
Beauty Operator Utama
3.22   Menerapkan pewarnaan rambut artistic dengan berbagai teknik
4.22 Melakukan pewarnaan rambut artistic dengan berbagai teknik
20
KEC.TR.02.015.01
Melakukan  Pewarnaan  Artistic (Specialist Hair Colouring)
Beauty Operator Utama
3.23   Menerapkan desain pemangkasan, pewarnaan, dan penataan rambut pria komersial dan artistik
4.23 Membuat desain pemangkasa, pewarnaan, dan penataan rambut komersial dan artistik pada pria
5
KEC.TR.02.015.01
Melakukan  Pewarnaan  Artistic (Specialist Hair Colouring)
Beauty Operator Utama
3.24   Menerapkan pemangkasa, pewarnaan, dan penataan rambut komersial dan artistik pada pria sesuai desain
4.24 Melakukan pemangkasa, pewarnaan, dan penataan rambut komersial dan artistik pada pria sesuai desain
20
KEC.TR.02.015.01
Melakukan  Pewarnaan  Artistic (Specialist Hair Colouring)
Beauty Operator Utama
3.25   Menerapkan desain pemangkasan, pewarnaan, dan penataan rambut wanita komersial dan artistik
4.25 Membuat desain pemangkasa, pewarnaan, dan penataan rambut komersial dan artistik pada wanita
5
KEC.TR.02.015.01
Melakukan  Pewarnaan  Artistic (Specialist Hair Colouring)
Beauty Operator Utama
3.26   Menerapkan pemangkasan, pewarnaan, dan penataan rambut wanita komersial dan artistic sesuai desain
4.26 Melakukan pemangkasa, pewarnaan, dan penataan rambut wanita komersial dan artistic sesuai desain
25
KEC.TR.02.015.01
Melakukan  Pewarnaan  Artistic (Specialist Hair Colouring)
Beauty Operator Utama
Jumlah Jam Pelajaran
386




Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar