Mata Pelajaran : Layanan Komputasi Awan (SaaS)
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Sistem Informatika, Jaringan dan Aplikasi (SIJA) (4 Tahun)
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Sistem Informatika, Jaringan dan Aplikasi (SIJA) (4 Tahun)
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Sistem Informatika, Jaringan dan Aplikasi (SIJA) pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Sistem Informatika, Jaringan dan Aplikasi (SIJA). Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Sistem Informatika, Jaringan dan Aplikasi (SIJA) pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Sistem Informatika, Jaringan dan Aplikasi (SIJA). Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1 Memahami konsep basis data
|
4.1
Mempresentasikan konsep basis data
|
12
|
J.620100.020.02
Menggunakan SQL
|
|
3.2 Menerapkan perintah-perintah basis data untuk Data Definition Language
(DDL)
|
4.2
Membuat basis data baru, menghapus
basis data, membuat tabel, modifikasi struktur tabel, menghapus tabel
|
16
|
|
|
3.3 Menganalisis
permasalahan perintah-perintah basis data untuk Data Definition Language
(DDL)
|
4.3
Memperbaiki permasalahan
perintah-perintah basis data untuk Data Definition Language (DDL)
|
12
|
|
|
3.4 Mengevaluasi
hasil perintah-perintah basis data untuk Data Definition Language (DDL)
|
4.4
Mengkombinasikan perintah-perintah
baru basis data untuk Data Definition Language (DDL)
|
16
|
|
|
3.5 Menerapkan perintah-perintah basis data untuk Data Control Language (DCL)
|
4.5
Membuat user, update user,
mengatur hak user, menghapus user
|
12
|
|
|
3.6 Menganalisis permasalahan perintah-perintah basis data untuk Data Control
Language (DCL)
|
4.6
Memperbaiki permasalahan
perintah-perintah basis data untuk Data Control Language (DCL)
|
16
|
|
|
3.7 Menganalisis perintah-perintah basis data untuk Data Control Language
(DCL)
|
4.7
Mengkombinasi
perintah-perintah basis data untuk Data Control Language (DCL)
|
16
|
|
|
3.8 Menerapkan perintah-perintah basis data untuk Data Manipulation Language
(DML)
|
4.8
Menampilkan record data
dari sebuah tabel, menampilkan record data dari beberapa tabel yang berelasi
|
12
|
J.620100.020.02
Menggunakan SQL
|
|
3.9 Menganalisis permasalahan perintah-perintah basis data untuk Data
Manipulation Language (DML)
|
4.9
Memperbaiki permasalahan
perintah-perintah basis data untuk Data Manipulation Language (DML)
|
16
|
J.620100.020.02
Menggunakan SQL
|
|
3.10 Mengevaluasi perintah-perintah basis data untuk Data Manipulation
Language (DML)
|
4.10
Mengkombinasi
perintah-perintah basis data untuk Data Manipulation Language (DML)
|
16
|
J.620100.020.02
Menggunakan SQL
|
|
3.11 Menerapkan prosedur backup/recovery data
|
4.11
Mendemonstrasikan backup/recovery data secara periodik
|
15
|
J.620900.027.02
Melakukan Recovery Data
J.620900.033.02
Melakukan Backup Data dan Sistem
|
|
3.12 Menganalisis permasalahan backup/recovery data
|
4.12
Memperbaiki permasalahan
backup/recovery data
|
15
|
J.620900.027.02
Melakukan Recovery Data
|
|
3.13 Mengevaluasi hasil backup/recovery data
|
4.13
Merumuskan prosedur baru
backup/recovery data
|
15
|
J.620900.027.02
Melakukan Recovery Data
|
|
3.14 Menerapkan prosedur replikasi basis data
|
4.14
Mendemonstrasikan backup data dari basis data server master
ke basis data server slave
|
20
|
|
|
3.15 Menganalisis permasalahan replikasi basis data
|
4.15
Memperbaiki permasalahan replikasi
basis data
|
20
|
|
|
3.16 Mengevaluasi hasil replikasi basis data
|
4.16
Merumuskan tindakan
berdasarkan hasil replikasi basis data
|
15
|
|
|
3.17 Memahami teknologi Big Data
|
4.17
Mempresentasikan teknologi
Big Data
|
20
|
|
|
3.18 Menerapkan prosedur konfigurasi framework Big Data
|
4.18
Mengkonfigurasi framework
Big Data
|
20
|
|
|
3.19 Menganalisis permasalahan konfigurasi framework Big Data
|
4.19
Memperbaiki konfigurasi
framework Big Data
|
20
|
|
|
3.20 Mengevaluasi konfigurasi Big Data
|
4.20
Merumuskan tindakan
berdasarkan data hasil analisis kinerja Big Data
|
20
|
|
|
3.21 Memahami konsep kecerdasan komputasi
|
4.21
Mempresentasikan konsep kecerdasan komputasi
|
12
|
|
Diusulkan
skema baru kluster “Perekayasaan kecerdasan komputasi (IoT)”
|
3.22 Menerapkan kecerdasan komputasi
pada skala kecil (smart home)
|
4.22
Membuat kecerdasan komputasi pada skala kecil (smart home)
|
18
|
|
|
3.23 Menganalisis permasalahan kecerdasan
komputasi pada skala kecil (smart home)
|
4.23
Memperbaiki permasalahan
kecerdasan komputasi pada skala kecil
(smart home)
|
20
|
|
|
3.24 Mengevaluasi hasil kecerdasan
komputasi pada skala kecil (smart home)
|
4.24
Menyimpulkan hasil
kecerdasan komputasi pada skala kecil
(smart home)
|
18
|
|
|
3.25 Menerapkan kecerdasan komputasi
pada skala menengah (smart city, smart building)
|
4.25
Membuat kecerdasan komputasi pada skala menengah (smart city,
smart building)
|
24
|
|
|
3.26 Menganalisis permasalahan kecerdasan
komputasi pada skala menengah (smart city, smart building)
|
4.26
Memperbaiki permasalahan
kecerdasan komputasi pada skala
menengah (smart city, smart building)
|
18
|
|
|
3.27 Mengevaluasi kecerdasan komputasi
pada skala menengah (smart city, smart building)
|
4.27
Membuat kecerdasan komputasi pada skala menengah (smart city,
smart building)
|
24
|
J.612000.035
Menunjukkan Internet of Things (IoT) dan
Smart City Technology |
|
3.28 Menerapkan kecerdasan komputasi
pada skala luas (IoT)
|
4.28
Membuat kecerdasan komputasi pada skala luas
|
24
|
|
|
3.29 Menganalisis permasalahan kecerdasan
komputasi pada skala luas (IoT)
|
4.29
Memperbaiki permasalahan
kecerdasan komputasi pada skala luas
(IoT)
|
18
|
J.612000.035
Menunjukkan Internet of Things (IoT) dan
Smart City Technology |
|
3.30 Menganalisis kecerdasan komputasi
pada skala luas (IoT)
|
4.30
Membuat kecerdasan komputasi pada skala luas
|
18
|
|
|
JUMLAH JAM
PEMBELAJARAN
|
518
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar