Senin, 09 Juli 2018

KidanKD Sistem Utilitas Bangunan Gedung

Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian : Teknik Konstruksi dan Properti
Kompetensi Keahlian : Konstruksi Gedung, Sanitasi dan Perawatan (4 Tahun)
Mata Pelajaran : Sistem Utilitas Bangunan Gedung

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Konstruksi Gedung, Sanitasi dan Perawatan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Konstruksi Gedung, Sanitasi dan Perawatan. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1    Menerapkan prosedur Keselamatan Dan Kesehatan Kerja pada pekerjaan utilitas.
4.1     Melaksanakan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja pada pekerjaan utilitas.
26 JP
INA. 5230.2.22.01
Melakukan Persiapan di Tempat Kerja
Tukang Plambing
INA. 5230.2.22
(Departemen Pekerjaan Umum)
3.2      Menerapkan konsep dan aturan menggambar proyeksi dan isometri dalam pekerjaan plumbing
4.2     Menggambar proyeksi dan isometri dalam pekerjaan plumbing
32 JP


3.3      Menerapkan  simbol simbol dalam gambar teknik plumbing
4.3     Menggunakan simbol simbol dalam gambar teknik plumbing
26 JP


3.4      Memahami Pengetahuan Tentang Air
4.4     Menyajikan Pengetahuan Tentang Air
26 JP


3.5      Menganalisis Sistem Instalasi Pipa Air Bersih
4.5     Merencanakan sistem Instalasi Pipa Air Bersih
32 JP
INA 5230.2.22.02
Memasang Pipa Air Bersih
Tukang Plambing
INA. 5230.2.22
(Departemen Pekerjaan Umum)
3.6      Menganalisis dasar-dasar perhitungan dimensi pipa Air Panas, Udara Tekan dan Gas
4.6     Merencanakan perhitungan dimensi pipa Air Panas, Udara Tekan dan Gas
36 JP


3.7      Menganalisis Sambungan Pipa dan Komponen Pipa
4.7     Merencanakan sistem sambungan pipa dan komponen pipa
36 JP
INA 5230.2.22.07
Memasang Pipa Cabang

Tukang Plambing
INA. 5230.2.22
(Departemen Pekerjaan Umum)
3.8      Mengevaluasi perancangan dan perhitungan instalasi air bersih, air panas, udara tekan dan gas
4.8     Melaksanakan pengujian sistem instalasi air bersih, air panas, udara tekan dan gas.
38 JP
INA 5230.2.22.06
Melakukan Pengujian dan Komisioning

Tukang Plambing
INA. 5230.2.22
(Departemen Pekerjaan Umum)
3.9      Memahami dasar-dasar perhitungan dimensi pipa Air Kotor/Buangan
4.9  Menyajikan dasar-dasar perhitungan dimensi pipa Air Kotor/Buangan
25 JP
INA 5230.2.22.03
Memasang Pipa Air Kotor dan Air Kotoran
Tukang Plambing
INA. 5230.2.22
(Departemen Pekerjaan Umum)
3.10   Menerapkan prosedur perhitungan dimensi pipa Air Kotor/Buangan
4.10 Menghitung dimensi pipa Air Kotor/Buangan
30 JP


3.11   Memahami jenis-jenis bahan alat saniter.
4.11 Menyajikan jenis-jenis bahan alat saniter.
36 JP
INA 5230.2.22.04
Memasang Alat Plambing
Tukang Plambing
INA. 5230.2.22
(Departemen Pekerjaan Umum)
3.12   Menerapkan prosedur pemasanganalat-alat saniter.
4.12 Melaksanakan  pemasangan  alat-alat saniter.
36 JP
INA 5230.2.22.04
Memasang Alat Plambing
Tukang Plambing
INA. 5230.2.22
(Departemen Pekerjaan Umum)
3.13   Menganalisis konsep dan aturan gambar teknik instalasi  listrik.
4.13 Merancang instalasi  listrik.
25 JP


3.14   Menerapkan prosedur pemasangan instalasi listrik.
4.14 Melaksanakan pemasangan instalasi listrik.
30 JP


3.15   Menganalisis konsep dan aturan instalasi titik CCTV.
4.15 Merancang instalasi titik CCTV.
30 JP


3.16   Mengevaluasi sistem dan komponen instalasi listrik tegangan rendah fasa tunggal dan fasa tiga.
4.16 Memeriksa hasil pemasangan komponen dan sirkuit instalasi listrik tegangan rendah fasa tunggal dan fasa tiga.
30 JP


3.17   Menerapkan prosedur pemasangan instalasi pemadam kebakaran.
4.17 Melaksanakan pemasangan instalasi pemadam kebakaran.
30 JP
SPL.IG25.212.01
Melaksanakan Pemasangan Sistem Fire Alarm
Teknisi Fire Alarm
(BNSP)
3.18   Memahami prinsip operasi sistem tata udara domestik
4.18 Menyajikan prinsip operasi sistem tata udara domestik
28 JP
SPL.IG27.201.01
Mengidentifikasi Komponen Utama HVAC
Mekanik HVAC
(BNSP)
3.19   Memahami fungsi komponen utama sistem tata udara domestik
4.19 Menyajikan fungsi komponen utama sistem tata udara domestik
28 JP
SPL.IG27.201.01
Mengidentifikasi Komponen Utama HVAC
Mekanik HVAC
(BNSP)
3.20   Memahami karakteristik termodinamik refrijeran dan oli refrijeran
4.20 Menyajikan karakteristik termodinamik refrijeran dan oli refrijeran
25 JP
SPL.IG27.201.01
Mengidentifikasi Komponen Utama HVAC

Mekanik HVAC
(BNSP)
3.21   Memahami konsep dan aturan gambar pemipaan sistem tata udara domestik
4.21 Menggambar instalasi pemipaan sistem tata udara domestik
32 JP


3.22   Memahami gambar sistem kelistrikan unit refrigerasi domestik
4.22 Menggambar sistem kelistrikan refrigerasi domestik
28 JP


3.23   Menerapkan prosedur pemasangan  unit tata udara domestik
4.23 Melakukan pemasangan unit tata udara domestik
36 JP
SPL.IG27.202.01
Melaksanakan Pemasangan Sistem HVAC sesuai petunjuk pemasangan
Mekanik HVAC
(BNSP)
3.24   Memahami prinsip operasi  sistem tata udara komersial
4.24 Menyajikan prinsip operasi sistem tata udara komersial
21 JP
SPL.IG27.201.01
Mengidentifikasi Komponen Utama HVAC
Mekanik HVAC
(BNSP)
3.25   Menganalisis konsep dan aturan gambar instalasi pemipaan sistem tata udara komersial
4.25 Merancang instalasi pemipaan sistem tata udara komersial
32 JP


3.26   Menerapkan prosedur pengisian refrijeran.
4.26 Melaksanakan pengisian refrijeran.
14 JP


3.27   Mengevaluasi proses pengisian refrijeran pada unit tata udara
4.27 Memeriksa hasil pengisian refrijeran pada unit tata udara
28 JP


JUMLAH JAM
796 JP


Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar