Mata Pelajaran : Perencanaan Perjalanan Wisata
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Perhotelan dan Jasa Pariwisata
Kompetensi Keahlian : Usaha Perjalanan Wisata
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Perhotelan dan Jasa Pariwisata
Kompetensi Keahlian : Usaha Perjalanan Wisata
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Usaha Perjalanan Wisatapada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Usaha Perjalanan Wisata. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Usaha Perjalanan Wisatapada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Usaha Perjalanan Wisata. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT
KOMPETENSI
|
SKEMA
SERTIFIKASI
|
3.1 Menganalisis produk wisata
|
4.1.
Memberikan
informasi produk wisata kepada pelanggan
|
24
|
Mencatat
dan mengkoordinasikan jasa pemasok
|
Sertifikat
II Bidang Agen Perjalanan
|
3.2 Menganalisis perjalanan wisata
|
4.2 Menyusun rencana perjalanan wisata
|
24
|
Mengelola
dan melaksanakan rencana perjalanan tour terperinci
|
Sertifikat
II Bidang Agen Perjalanan
|
3.3 Menganalisis perencanaan perjalanan wisata
|
4.3 Memberikan informasi perjalanan wisata
|
24
|
Mengelola
dan melaksanakan rencana perjalanan tour terperinci
|
Sertifikat
II Bidang Agen Perjalanan
|
3.4
Menganalisis komponen wisata
|
4.4 Menyusun
komponen wisata
|
24
|
Memelihara ketersediaan informasi produk
|
Sertifikat
II Bidang Agen Perjalanan
|
3.5
Menganalisis
Distribution Of Time
|
4.5 Membuat Distribution
Of Time
|
24
|
Mengelola
dan melaksanakan rencana perjalanan tour terperinci
|
Sertifikat
II Bidang Agen Perjalanan
|
3.6
Menganalisis
Tour Itinerary
|
4.6 Menyusun Tour
Itinerary
|
24
|
Mengelola
dan melaksanakan rencana perjalanan tour terperinci
|
Sertifikat
II Bidang Agen Perjalanan
|
3.7
Menghitung
komponen biaya wisata
|
4.7 Melakukan pemeriksaan komponen biaya wisata
|
24
|
Mencari
dan membuat paket produk dan jasa wisata
|
Sertifikat
II Bidang Agen Perjalanan
|
3.8
Menghitung
biaya perjalanan wisata
|
4.8 Melakukan pengecekan hasil perhitungan biaya
perjalanan wisata
|
24
|
Menyiapkan
penawaran harga
|
Sertifikat
II Bidang Agen Perjalanan
|
3.9
Menganalisis
produk perjalanan wisata Ready Made Tour
|
4.9 Membuat produk perjalanan wisata Ready
Made Tour
|
24
|
Mencari
dan membuat paket produk dan jasa wisata
|
Sertifikat
II Bidang Agen Perjalanan
|
3.10
Menganalisis
produk perjalanan wisata Tailor made
tour
|
4.10Membuat produk perjalanan wisata Tailor
made tour
|
21624
|
Mencari
dan membuat paket produk dan jasa wisata
|
Sertifikat
II Bidang Agen Perjalanan
|
3.11
Menganalisis paket perjalanan wisata Excursion/one day tour
|
4.11 Menyusun paket perjalanan wisata Excursion/one day tour
|
24
|
Mencari
dan membuat paket produk dan jasa wisata
|
Sertifikat
II Bidang Agen Perjalanan
|
3.12 Menganalisis paket perjalanan wisata lebih dari
satu hari dan overland tour
|
4.12 Menyusun paket perjalanan wisata lebih dari satu
hari dan overland tour
|
24
|
Mencari
dan membuat paket produk dan jasa wisata
|
Sertifikat
II Bidang Agen Perjalanan
|
3.13
Menghitung
single extra charge
|
4.13
Melakukan pengecekan hasil perhitungan single extra charge
|
24
|
Mencari
dan membuat paket produk dan jasa wisata
|
Sertifikat
II Bidang Agen Perjalanan
|
3.14 Menghitung complimentary
|
4.14
Melakukan
pemeriksaan hasil penghitungan complimentary
|
18
|
Menyiapkan
penawaran harga
|
Sertifikat
II Bidang Agen Perjalanan
|
3.15 Menghitung selling
price
|
4.15
Melakukan
pemeriksaan hasil penghitungan selling
price
|
24
|
Menyiapkan
penawaran harga
|
Sertifikat
II Bidang Agen Perjalanan
|
3.16 Mengevaluasi harga paket perjalanan wisata one day tour
|
4.16
Melakukan
pemeriksaan harga wisata one day tour
|
18
|
Menyiapkan
penawaran harga
|
Sertifikat
II Bidang Agen Perjalanan
|
3.17 Mengevaluasi harga paket perjalanan wisata multidays tour dan overland tour
|
4.17
Melakukan
pemeriksaan harga paket wisata multiday
tour dan overland tour
|
18
|
Menyiapkan
penawaran harga
|
Sertifikat
II Bidang Agen Perjalanan
|
3.18 Mengevaluasi penawaran harga paket perjalanan
wisata
|
4.18
Melakukan
penawaran harga paket perjalanan wisata
|
18
|
Menyiapkan
penawaran harga
|
Sertifikat
II Bidang Agen Perjalanan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar