Senin, 09 Juli 2018

KidanKD Perencanaan Perjalanan Wisata

Mata Pelajaran : Perencanaan Perjalanan Wisata
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Perhotelan dan Jasa Pariwisata
Kompetensi Keahlian : Usaha Perjalanan Wisata


KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Usaha Perjalanan Wisatapada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Usaha Perjalanan Wisata. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1      Menganalisis produk wisata
4.1.   Memberikan informasi produk wisata kepada pelanggan

24
Mencatat dan mengkoordinasikan jasa pemasok
Sertifikat II Bidang Agen Perjalanan
3.2      Menganalisis perjalanan wisata
4.2     Menyusun rencana perjalanan wisata

24
Mengelola dan melaksanakan rencana perjalanan tour terperinci
Sertifikat II Bidang Agen Perjalanan
3.3      Menganalisis perencanaan perjalanan wisata
4.3     Memberikan informasi perjalanan wisata

24
Mengelola dan melaksanakan rencana perjalanan tour terperinci
Sertifikat II Bidang Agen Perjalanan
3.4     Menganalisis komponen wisata
4.4     Menyusun komponen wisata

24
Memelihara ketersediaan informasi produk

Sertifikat II Bidang Agen Perjalanan
3.5     Menganalisis Distribution  Of Time
4.5     Membuat Distribution Of Time

24
Mengelola dan melaksanakan rencana perjalanan tour terperinci
Sertifikat II Bidang Agen Perjalanan
3.6     Menganalisis Tour Itinerary
4.6     Menyusun Tour Itinerary

24
Mengelola dan melaksanakan rencana perjalanan tour terperinci
Sertifikat II Bidang Agen Perjalanan
3.7     Menghitung komponen biaya wisata
4.7     Melakukan pemeriksaan komponen biaya wisata

24
Mencari dan membuat paket produk dan jasa wisata
Sertifikat II Bidang Agen Perjalanan
3.8     Menghitung biaya perjalanan wisata
4.8     Melakukan pengecekan hasil perhitungan biaya perjalanan wisata

24
Menyiapkan penawaran harga
Sertifikat II Bidang Agen Perjalanan
3.9    Menganalisis produk perjalanan wisata  Ready Made Tour

4.9     Membuat produk perjalanan wisata  Ready Made Tour
24
Mencari dan membuat paket produk dan jasa wisata
Sertifikat II Bidang Agen Perjalanan
3.10   Menganalisis produk perjalanan wisata Tailor made tour
4.10Membuat produk perjalanan wisata Tailor made tour

21624
Mencari dan membuat paket produk dan jasa wisata
Sertifikat II Bidang Agen Perjalanan
3.11     Menganalisis paket perjalanan wisata Excursion/one day tour

4.11 Menyusun paket perjalanan wisata Excursion/one day tour

24
Mencari dan membuat paket produk dan jasa wisata
Sertifikat II Bidang Agen Perjalanan
3.12   Menganalisis paket perjalanan wisata lebih dari satu hari dan overland tour
4.12 Menyusun paket perjalanan wisata lebih dari satu hari dan overland tour

24
Mencari dan membuat paket produk dan jasa wisata
Sertifikat II Bidang Agen Perjalanan
3.13     Menghitung single extra charge

4.13     Melakukan  pengecekan hasil perhitungan single extra charge

24
Mencari dan membuat paket produk dan jasa wisata
Sertifikat II Bidang Agen Perjalanan
3.14 Menghitung complimentary
4.14     Melakukan pemeriksaan hasil penghitungan  complimentary

18
Menyiapkan penawaran harga
Sertifikat II Bidang Agen Perjalanan
3.15 Menghitung selling price
4.15     Melakukan pemeriksaan hasil penghitungan selling price

24
Menyiapkan penawaran harga
Sertifikat II Bidang Agen Perjalanan
3.16 Mengevaluasi harga paket perjalanan wisata one day tour
4.16     Melakukan pemeriksaan harga wisata one day tour

18
Menyiapkan penawaran harga
Sertifikat II Bidang Agen Perjalanan
3.17 Mengevaluasi harga paket perjalanan wisata multidays tour dan overland tour
4.17     Melakukan pemeriksaan harga paket wisata multiday tour dan overland tour

18
Menyiapkan penawaran harga
Sertifikat II Bidang Agen Perjalanan
3.18 Mengevaluasi penawaran harga paket perjalanan wisata
4.18     Melakukan penawaran harga paket perjalanan wisata

18
Menyiapkan penawaran harga
Sertifikat II Bidang Agen Perjalanan

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar