Mata Pelajaran : Penataan Produk
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Bisnis dan Pemasaran
Kompetensi Keahlian : Bisnis Daring dan Pemasaran
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Bisnis dan Pemasaran
Kompetensi Keahlian : Bisnis Daring dan Pemasaran
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1
Memahami
penataan produk
|
4.1Merumuskan
penataan produk
|
18
|
Diusulkan untuk
mengacu pada
Menata Produk
KOP.RK.02.012.01
|
Diusulkan untuk
mengacu pada
Menata Produk
KOP.RK.02.012.01
|
3.2
Menganalisis produk yang akan ditata berdasarkan teknik vertical
|
4.2 Melakukan penataan produk berdasarkan teknik vertical
|
30
|
||
3.3 Menganalisis produk yang akan ditata
berdasarkan teknik horizontal
|
4.3
Melakukan penataan produk
berdasarkan teknik horizontal
|
36
|
||
3.4 Menganalisis atribut produk yang akan
ditata
|
4.4 Melakukan penataan atribut produk
|
30
|
||
3.5 Menerapkan spesifikasi produk
|
4.5 Membuat
data spesifikasi produk
|
24
|
||
3.6 Menerapkan SOP
pelabelan (Barcode produk)
|
4..6Melakukan pelabelan (Barcode produk) berdasarkan SOP
|
26
|
||
3.7 Menerapkan SOP
penataan produk
|
4.7Melakukan
penataan produk berdasarkan SOP
|
24
|
Diusulkan untuk
mengacu pada
Menata Produk
KOP.RK.02.012.01
|
Diusulkan untuk
mengacu pada
Menata Produk
KOP.RK.02.012.01
|
3.8 Menerapkan
layout/planogram penataan produk
|
4.8 Membuat layout/planogram penataan produk
|
24
|
||
3.9 Menganalisis elemen
desain dan visual display (POS, POP, decorasi, tema, dsb)
|
4.9 Merancang elemen desain dan visual penataan
(POS, POP, decorasi, tema, dsb)
|
36
|
||
3.10 Menganalisis
fixture yang digunakan dalam penataan produk
|
4.10Merancang fixture
yang digunakan dalam penataan produk
|
24
|
||
3.11 Menerapkan penataan
barang pada setiap jenis fixture
|
4.11 Melakukan penataan
barang pada setiap jenis fixture
|
24
|
||
3.12Mengevaluasiperawatan
produk yang didisplay
|
4.12Membuat laporan
hasil perawatan produk yang didisplay
|
24
|
||
3.13 Menerapkan stock floor
produk sesuai SOP
|
4.13 Membuat laporan
stock floor produk sesuai SOP
|
28
|
||
Jumlah Jam
|
348
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar