Senin, 04 Juni 2018

C1. Kimia Terapan Pengolahan Hasil Perikanan

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : Kemaritiman
Program Keahlian : Pengolahan Hasil Perikanan
Kompetensi Keahlian : Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan
Mata Pelajaran : Kimia Terapan



Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3.   Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Kimia Terapan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4.   Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Kimia Terapan
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI
WAKTU
3.1     Menganalisis sifat materi dan perubahannya
3.1      Menunjukkan perbedaan sifat materi dan perubahannya melalui eksperimen
6 JP
3.2     Menganalisis lambang  unsur, rumus kimia, tata nama senyawa sederhana dan persamaan reaksi
3.2      Menuliskan persamaan reaksi kimia berdasarkan peristiwa dalam kehidupan
9 JP
3.3     Menganalisis struktur atom dan sifat-sifat unsur dalam sistem periodik serta hubungannya dengan ikatan kimia
3.3      Mengklasifikasi ikatan kimia dalam senyawa berdasarkan konsep struktur atom dan sifat-sifat unsur
12 JP
3.4     Menerapkan hukum-hukum dasar kimia dan konsep mol dalam perhitungan kimia
3.4      Menggunakan hukum-hukum dasar kimia dan konsep mol dalam perhitungan kimia
12 JP
3.5     Menganalisis konsep larutan berdasarkan sifat asam basa dan daya hantar listriknya
3.5      Melakukan percobaan uji larutan berdasarkan sifat asam basa dan daya hantar listriknya
9 JP
3.6     Menganalisis konsep redoks dan elektrokimia serta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari
3.6      Menyajikan contoh-contoh elektrokimia dalam kehidupan sehari-hari
6 JP
3.7     Menganalisis senyawa hidrokarbon dan turunannya beserta kegunaannya
3.7      Mengklasifikasi senyawa hidrokarbon dan turunannya berdasarkan sifat-sifatnya
6 JP
3.8     Menganalisis perubahan entalpi berdasarkan konsep termokimia
3.8     Mengimplementasikan konsep perubahan entalpi dalam menyelesaikan masalah termokimia.
6 JP
3.9     Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi  laju reaksi dalam kehidupan sehari-hari
3.9     Membuktikan  faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi melalui percobaan
6 JP
3.10 Menerapkan konsep kesetimbangan kimia dan faktor-faktor yang mempengaruhinya
3.10  Membuktikan faktor-faktor yang mempengaruhi kesetimbangan kimia
6 JP
3.11 Menganalisis koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
3.11  Membuat berbagai  koloid dengan bahan-bahan yang ada disekitar
6 JP
3.12 Menganalisis senyawa makromolekul (karbohidrat, protein dan lemak) beserta kegunaannya
3.12  Melakukan percobaan identifikasi senyawa makromolekul (karbohidrat, protein dan lemak)
12 JP
3.13 Menerapkan teknik-teknik pemisahan campuran sederhana
3.13  Melakukan pemisahan berbagai jenis campuran dengan menggunakan teknik pemisahan tertentu
12 JP
Jumlah
108 JP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar