Senin, 04 Juni 2018

C1. Kimia Terapan Agribisnis dan Agroteknologi

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : Agribisnis dan Agroteknologi
Program Keahlian : 5.4 Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian
Kompetensi Keahlian :
5.4.1 Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian
5.4.2 Pengawasan Mutu Hasil Pertanian
5.4.3 Agroindustri (4 Tahun)
Mata Pelajaran : Kimia Terapan

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3.   Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Kimia Terapan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4.   Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Kimia Terapan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI
WAKTU
3.1     Menganalisis perubahan materi dan pemisahan campuran
4.1    Melakukan pemisahan campuran melalui berbagai eksperimen
9 JP
3.2     Menganalisis lambang unsur, rumus kimia dan persamaan reaksi
4.2    Mengintegrasikan penulisan lambang unsur dan rumus kimia dengan persamaan reaksi kimia berdasarkan kasus-kasus dalam kehidupan sehari-hari
9 JP
3.3     Menganalisis struktur atom dan sifat-sifat unsur dalam sistem periodik serta hubungannya dengan ikatan kimia
4.3    Mengintegrasikan proses pembentukan ikatan kimia dalam kehidupan sehari-hari dengan elektron valensi atom-atom penyusunnya
12 JP
3.4     Menerapkan hukum-hukum dasar kimia dalam perhitungan kimia
4.4    Menggunakan hukum-hukum dasar kimia dalam perhitungan kimia
9 JP
3.5     Menganalisis konsep pembuatan larutan dan sifat-sifatnya
4.5    Membuat larutan dengan konsentrasi dan volume tertentu
12 JP
3.6     Menerapkan konsep reaksi Oksidasi-Reduksi dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari
4.6    Memecahkan masalah reaksi oksidasi reduksi dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari
9 JP
3.7     Menganalisis senyawa hidrokarbon dan turunannya beserta kegunaannya dalam proses pengolahan pangan
4.7    Mengintegrasikan senyawa hidrokarbon dan turunannya dalam proses pengolahan pangan.
15 JP
3.8     Menganalisis senyawa makromolekul (Karbohidrat, Protein, dan Lipid) dalam proses pengolahan pangan.
4.8    Mengintegrasikan sifat-sifat senyawa makromolekul (karbohidrat, protein, dan lipid) dalam proses pengolahan pangan
12 JP
3.9     Mengevalusi laju reaksi berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
4.9    Mengitegrasikan antara laju reaksi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
12 JP
3.10 Menganalisis pembuatan berbagai sistem koloid dengan bahan-bahan yang ada di sekitar kita.
4.10 Mengembangkan pembuatan berbagai sistem koloid dengan bahan-bahan yang ada di sekitar kita.
9 JP
Total Jam Pelajaran
108

Tidak ada komentar:

Posting Komentar