KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian : Teknik Geomatika Geospasial
Kompetensi Keahlian : Informasi Geospasial (4 Tahun)
Mata pelajaran : Gambar Teknik
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian : Teknik Geomatika Geospasial
Kompetensi Keahlian : Informasi Geospasial (4 Tahun)
Mata pelajaran : Gambar Teknik
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN): Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Informasi Geospasial pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN): 3. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Informasi Geospasial. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN): Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Informasi Geospasial pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN): 3. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Informasi Geospasial. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1 Menerapkan peralatan dan kelengkapan
gambar teknik berdasarkan fungsi dan cara penggunaan
|
4.1
Menggunakan peralatan dan
kelengkapan gambar teknik berdasarkan
fungsi dan cara penggunaan
|
12
|
SPL.KS21.231.00
Menggambar/plot Peta, Diagram Dan Profil
|
Juru Gambar
|
3.2 Menerapkan garis-garis gambar teknik
berdasarkan bentuk dan fungsi garis
|
4.2
Mengambar garis-garis gambar teknik berdasar bentuk dan fungsi garis
|
16
|
SPL.KS21.231.00
Menggambar/plot Peta, Diagram Dan Profil
|
Juru Gambar
|
3.3 Menerapkan huruf, angka dan etiket
gambar teknik sesuai prosedur dan aturan penerapan
|
4.3
Menggambar huruf, angka dan etiket
gambar teknik sesuai prosedur dan aturan penerapan
|
12
|
SPL.KS21.233.00 Mengaplikasikan Sketsa Kasar Gambar, Spesifikasi
Dan Data Teknik
|
Juru Gambar
|
3.4 Menganalisis
gambar konstruksi geometris berdasarkan bentuk konstruksi sesuai prosedur
|
4.4
Menyajikan
konstruksi geometris berdasarkan bentuk konstruksi sesuai prosedur
|
16
|
SPL.KS21.231.00
Menggambar/plot Peta, Diagram Dan Profil
|
Juru Gambar
|
3.5
Menganalisis gambar sketsa lokasi
|
4.5
Menyajikan
gambar
sketsa lokasi
|
24
|
SPL.KS21.233.00 Mengaplikasikan Sketsa Kasar Gambar, Spesifikasi
Dan Data Teknik
|
Juru Gambar
|
3.6
Menganalisis legenda
|
4.6
Menyajikan
legenda
|
12
|
SPL.KS21.234.00
Mengidentifikasi Simbol-Simbol Yang Terdapat Pada Survai Peta Topografi
|
Juru Gambar
|
3.7
Memahami aturan gambar kerja
|
4.7
Menggunakan aturan
gambar kerja pada penggambaran peta
|
8
|
SPL.KS21.234.00
Mengidentifikasi Simbol-Simbol Yang Terdapat Pada Survai Peta Topografi
|
Juru Gambar
|
3.8 Menerapkan gambar proyeksi terpusat
|
4.8
Menggambar proyeksi terpusat
|
12
|
SPL.KS21.231.00
Menggambar/plot Peta, Diagram Dan Profil
|
Juru Gambar
|
3.9 Menganalisis
gambar perspektik 2 titik hilang
|
4.9
Menyajikan
perspektif 2 titik hilang
|
12
|
SPL.KS21.231.00
Menggambar/plot Peta, Diagram Dan Profil
|
Juru Gambar
|
3.10 Menerapkan gambar hasil ukur tanah
|
4.10 Menggambar hasil ukur tanah
|
12
|
SPL.KS21.235.00
Menginput Data Topografi (Hasil Survai/Rekayasa
Injiner) Untuk Diproses Menjadi Gambar/Peta
|
Juru Gambar
|
3.11 Mengevaluasi gambar hasil ukur tanah
|
4.11 Memperbaiki gambar hasil ukur tanah
|
8
|
SPL.KS21.236.00
Menginformasikan Kekurangan Data Gambar
Konstruksi Untuk Revisi Gambar Kepada Atasan
Langsung
|
Juru Gambar
|
|
JUMLAH
|
144 Jam
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar