KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : Kesehatan dan Pekerjaan Sosial
Program Keahlian : Keperawatan
Paket Keahlian : Asisten Keperawatan
Mata Pelajaran : FISIKA
KELAS: X
Jumlah Jam Pelajaran: 72 Jp (2 jp X 36 minggu efektif)
Tujuan Kurikulum mencakup empat Kompetensi, yaitu Kompetensi Sikap Spiritual, Sikap Sosial, Pengetahuan, dan Keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, ko-kurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa pada pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : Kesehatan dan Pekerjaan Sosial
Program Keahlian : Keperawatan
Paket Keahlian : Asisten Keperawatan
Mata Pelajaran : FISIKA
KELAS: X
Jumlah Jam Pelajaran: 72 Jp (2 jp X 36 minggu efektif)
Tujuan Kurikulum mencakup empat Kompetensi, yaitu Kompetensi Sikap Spiritual, Sikap Sosial, Pengetahuan, dan Keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, ko-kurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa pada pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami, menerapkandanmenganalisispengetahuanfaktual,
konseptual, danproseduralberdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan,
teknologi, seni, budaya, danhumanioradalamwawasankemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadiandalambidangkerja
yang spesifikuntukmemecahkanmasalah.
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menganalisis konsep gerak lurus dan gerak melingkar serta
besaran-besaran yang terkait.
|
4.1 Mendemonstrasikan gerak lurus dan gerak melingkar dengan
kecepatan tetap dan percepatan tetap
|
3.2 Menganalisis hukum Newton dan konsep gaya
|
4.2 Mendemonstrasikan hukum-hukum Newton dan konsep gaya
|
3.3 Menerapkan konsep usaha, energi, daya dan efisiensi dalam
memecahkan masalah
|
4.3 Mendemonstrasikan
proses perubahanenergi
|
3.4 Menganalisis hubungan impuls dan momentum dalam perhitungan
|
4.4 Memecahkanmasalahtumbukan
|
3.5 Menerapkan konsep gerak translasi dan rotasi pada keseimbangan
benda tegar
|
4.5 Mempraktekkan gerak translasi dan rotasi untuk menemukan
hubungan antara keduanya
|
3.6 Menerapkan konsep elastisitas bahan menggunakan hukum Hooke
|
4.6 Mempraktekanpercobaanhukum Hooke
|
3.7 Menerapkan hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik dan
dinamik
|
4.7 Memecahkan persoalan pada bidang teknologi dan rekayasa yang
berkaitan dengan hukum-hukum fluida statik dan dinamik.
|
3.8 Menerapkan konsep suhu dan kalor dalam proses pemuaian,
perubahan wujud zat dan perpindahan kalor
|
4.8 Menyaji hasil penyelidikan mengenai perpindahan kalor
|
3.9 Menerapkanhukum-hukumtermodinamika
|
4.9 Memecahkan persoalan mengenai aplikasi hukum termodinamika dalam
produk yang berhubungan dengan teknologi dan rekayasa
|
3.10 Menerapkan konsep getaran dan gelombang
|
4.10 Mempraktekan ayunan bandul untuk menentukan percepatan gravitasi
|
3.12 Menerapkan hukum-hukum kemagnetan dalam persoalan sehari-hari
|
4.12 Mendemonstrasikan percobaan yang berkaitan dengan konsep
kemagnetan dan elektromagnet
|
3.13 Menerapkan sifat cermin dan
lensa pada alat–alat optik dalam bidang teknologi dan rekayasa
|
4.13 Merencanakan pembuatan alat-alat optik sederhana dengan menerapkan
prinsip pemantulan dan pembiasan pada cermin dan lensa
|
3.14 Menentukan gejala radioaktivitas dan besaran-besaran yang terkait
|
4.14 Menyajikan aplikasi radioaktivitas dalam kehidupan sehari-hari
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar