KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Keahlian : Semua Program Keahlian
Kompetensi Keahlian : Semua Kompetensi Keahlian
Mata Pelajaran : FISIKA dan KIMIA
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Keahlian : Semua Program Keahlian
Kompetensi Keahlian : Semua Kompetensi Keahlian
Mata Pelajaran : FISIKA dan KIMIA
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI
3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI
4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif
sesuai dengan bidang dan lingkup kajian/kerja Fisika dan Kimia pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari
keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan
internasional.
|
4.
Melaksanakan tugas
spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim
dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian/kerja Fisika dan Kimia. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu
dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan
menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
3.1 Menerapkan
konsep besaran pokok, besaran turunan, dan satuan dalam pengukuran
|
4.1 Menyaji hasil pengukuran besaran
fisis menggunakan alat ukur dan teknik yang tepat
|
6
|
3.2 Menggunakan konsep usaha, energi, daya dan efisiensi dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.2 Melakukan percobaan untuk menentukan usaha pesawat
sederhana
|
6
|
3.3 Menganalisis
sifat elastisitas bahan
|
4.3 Menyajikan
hasil percobaan tentang elastisitas benda
|
6
|
3.4 Menganalisis
hubungan antara getaran dan gelombang serta besaran-besaran nya yang terkait
|
4.4 Mendemonstrasikan fenomena gelombang dengan peralatan sederhana
|
6
|
3.5 Menganalisis optik fisis
dan geometri
|
4.5 Menyajikan
hasil percobaan tentang optik fisis / geometri
|
6
|
3.6 Mengevaluasi
proses pemuaian, perubahan wujud zat dan perpindahan kalor
|
4.6 Menyaji hasil penyelidikan mengenai perpindahan
kalor menggunakan azas black
|
6
|
3.7 Menganalisis
konsep listrik statis dalam bidang teknologi
informasi dan komunikasi
|
4.7 Mengatasi
berbagai masalah yang diakibatkan oleh listrik statis pada komponen-komponen
teknologi informasi dan komunikasi
|
9
|
3.8 Menerapkan
hukum-hukum kelistrikan arus searah
|
4.8 Menyajikan hasil percobaan hukum-hukum kelistrikan arus searah
|
6
|
3.9 Menerapkan konsep
kemagnetan dan elektromagnet
|
4.9 Menyajikan
hasil percobaan tentang medan magnet dan induksi magnet
|
9
|
3.10 Mengevaluasi
dampak radiasi elektromagnetik secara kualitatif
|
4.10 Membuat karya
tulis tentang dampak radiasi elektromagnetik
|
3
|
Jumlah
|
63*
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
3.11
Memahami
peran kimia dalam kehidupan
|
4.11
Menunjukkan perbedaan perubahan
materi dan pemisahan campuran melalui praktikum
|
6
|
3.12 Menganalisis struktur atom berdasarkan konfigurasi elektron
untuk menentukan letak unsur dalam tabel periodik
|
4.12
Menentukan letak unsur dalam tabel periodik pada struktur atom dengan menggunakan konfigurasi elektron
|
6
|
3.13 Menganalisis proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen,
dan ikatan logam serta interaksi antar partikel (atom, ion, molekul) materi
dan hubungannya dengan sifat fisik materi
|
4.13
Menganalis proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen,
dan ikatan logam yang terjadi pada beberapa
senyawa dalam kehidupan sehari hari
|
9
|
3.14
Menerapkan
konsep mol dan hukum-hukum dasar serta
persamaan kimia
|
4.14
Menyelesaikan permasalahan
yang berkaitan dengan konsep mol dan hokum – hokum dasar serta persamaan kimia
|
9
|
3.15 Menganalisis kegunaan polimer berdasarkan
jenisnya
|
4.15
Menentukan kegunaan polimer berdasarkan sumbernya
|
3
|
3.16 Menganalisis gejala proses penyepuhan dan
faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya korosi
|
4.16
mengajukan
ide/gagasan untuk mengatasi proses korosi berdasarkan faktor-faktor
yang mempengaruhinya pada kehidupan sehari hari melalui percobaan yang dilakukan
|
12
|
Jumlah
|
45*
|
|
JUMLAH TOTAL
|
108
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar