KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : Agribisnis dan Agroteknologi
Program Keahlian : Teknik Pertanian
Kompetensi Keahlian : Alat Mesin Pertanian (3 Tahun)
Mata Pelajaran : Biologi
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : Agribisnis dan Agroteknologi
Program Keahlian : Teknik Pertanian
Kompetensi Keahlian : Alat Mesin Pertanian (3 Tahun)
Mata Pelajaran : Biologi
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI
INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual,
konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai
dengan bidang dan lingkup kajian Biologi pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
|
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan
prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Biologi Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur
sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan
menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal
dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
3.1 Memahami ruang lingkup biologi berdasar permasalahan
pada berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan
|
4.1
Menunjukkan
masalah tentang objek biologi pada berbagai tingkatan organisasi kehidupan
|
4 JP
|
3.2 Menganalisis keterkaitan antara Struktur,
fungsi dan proses yang berlangsung di dalam sel.
|
4.2
Membedakan struktur sel dan
fungsinya dengan menggunakan berbagai media
|
4 JP
|
3.3
Manganalisis keterkaitan antara struktur sel pada
jaringan yang terdapat di dalam organ tumbuhan dan hewan
|
4.3
membedakan
struktur sel pada jaringan yang terdapat di dalam organ tumbuhan dan hewan
|
8 JP
|
3.4
Memahami peran enzim dalam proses metabolisme
pada tumbuhan dan hewan
|
4.4
Menunjukan cara
kerja enzim dalam proses metabolisme tumbuhan dan hewan
|
4 JP
|
3.5
Memahami
mikroorganisme (jamur, virus, protista, dan
bakteri) berdasarkan ciri, peranan, dan reproduksinya
|
4.5
Menunjukan
mikroorganisme berdasarkan ciri, peranan, dan reproduksinya
|
4 JP
|
3.6
Memahami faktor – faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan makhluk
hidup
|
4.6
Menunjukan faktor- faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
dan hewan agroteknologi
|
4 JP
|
3.7
Memahami proses reproduksi pada tumbuhan dan hewan
|
4.7
Menunjukan
proses reproduksi pada tumbuhan dan hewan
|
4 JP
|
3.8
Mengevaluasi berbagai macam limbah aktifitas mahluk hidup dan dampak polusi terhadap perubahan lingkungan hidup
dan kesehatan
|
4.8
Memanfaatkan
berbagai macam limbah aktifitas mahluk hidup dan dampak polusi terhadap perubahan lingkungan
dan kesehatan
|
10 JP
|
3.9
Menganalisis ekosistem dan semua
interaksi yang berlangsung di dalamnya dari berbagai sumber
|
4.9
Membedakan ekosistem dan semua interaksi yang berlangsung di dalamnya dalam bentuk bagan
|
8 JP
|
3.10
Menganalisis ciri, sifat dan habitat
makhluk hidup sebagai komponen
dalam keanekaragaman hayati
|
4.10 Mengklasifikasi ciri, sifat dan habitat makhluk hidup sebagai komponen dalam keanekaragaman hayati
|
8 JP
|
3.11
Menganalisis keterkaitan antara struktur dan fungsi gen, DNA,
Kromosom dalam proses penurunan / pewarisan sifat dalam kehidupan
|
4.11 Menentukan model struktur dan fungsi gen, DNA, Kromosom
dalam proses penurunan/pewarisan sifat
dalam kehidupan
|
8 JP
|
3.12
Menerapkan konsep dan prosedur bioteknologi dalam bidang agrobisnis dan
agroteknologi
|
4.12
Melaksanakan konsep dan prosedur hasil bioteknologi konvensional
untuk menghasilkan produk
|
6 JP
|
Jumlah
|
72
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar