Sabtu, 26 Mei 2018

C1. Biologi Agribisnis Ternak SMK 3 Tahun


KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : Agribisnis & Agroteknologi
Program Keahlian : Agribisnis Ternak
Kompetensi Keahlian :
1. Agribisnis Ternak Ruminansi (3 Tahun)
2. Agribisnis Ternak Unggas (3 tahun)
Mata Pelajaran : Biologi


Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3.   Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian/kerja Biologi pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4.   Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian/kerja Biologi
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI
WAKTU
3.1  Memahami  ruang lingkup biologi berdasar permasalahan pada berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan
4.1    Menunjukkan masalah tentang objek biologi pada berbagai tingkatan organisasi kehidupan
4 jp
3.2  Menganalisis  keterkaitan antara Struktur, fungsi dan proses yang berlangsung di dalam sel. 
4.2    Membedakan struktur sel dan fungsinya dengan menggunakan berbagai media
12jp
3.3     Manganalisis  keterkaitan antara struktur sel pada jaringan yang terdapat di dalam organ tumbuhan dan hewan
4.3    membedakan struktur sel pada jaringan yang terdapat di dalam organ tumbuhan dan hewan
12jp
3.4     Memahami peran enzim dalam proses metabolisme pada  tumbuhan dan hewan
4.4    Menunjukan cara kerja enzim  dalam   proses metabolisme tumbuhan dan hewan  
4jp
3.5     Memahami  ciri, peranan, dan reproduksi  jamur (khamir dan kapang). 

4.5     Menunjukan ciri dan peran  jamur (khamir dan kapang ) 
4 jp
3.6     Memahami  ciri, sifat dan reproduksi virus dan protista .

4.6     Menunjukan ciri, sifat dan reproduksi virus  dengan berbagai media dalam bidang agribisnis dan agroteknologi 
4 jp
3.7     Memahami ciri dan peranan bakteri   dalam   bidang  agrobisnis dan agroteknologi. 

4.7     Menenunjukan  ciri sifat  serta mengaitkan  peranan bakteri dalam  bidang  agribisnis dan agroteknologi.
8 jp
3.8     Memahami  faktor – faktor yang mempengaruhi  proses pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.
4.8     Menunjukan faktor- faktor yang mempengaruhi  proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dan hewan
8 jp
3.9     Menganalisis proses reproduksi pada tumbuhan dan hewan.
4.9    Membedakan proses reproduksi pada tumbuhan dan hewan
12jp
3.10 Mengevaluasi berbagai macam limbah aktifitas mahluk hidup
4.10 Memanfaatkan berbagai macam limbah aktifitas mahluk hidup
20 jp
3.11 Menganalisis  ekosistem dan semua interaksi yang berlangsung di dalamnya dari berbagai sumber
4.11 Membedakan ekosistem dan semua interaksi yang berlangsung di dalamnya dalam bentuk bagan
12 jp
3.12 Menerapkan upaya penanganan dampak polusi  terhadap perubahan lingkungan hidup dan kesehatan
4.12 Melakukan upaya penanganan dampak polusi terhadap  perubahan lingkungan dan kesehatan
12 jp
3.13 Menganalisis ciri, sifat dan habitat makhluk hidup sebagai komponen dalam  keanekaragaman hayati
4.13  Mengklasifikasi ciri, sifat dan habitat makhluk hidup sebagai komponen dalam  keanekaragaman hayati
12jp
3.14 Menganalisis keterkaitan antara struktur dan fungsi gen, DNA, Kromosom dalam proses penurunan / pewarisan sifat  dalam kehidupan.
4.14 Menentukan model struktur dan fungsi gen, DNA, Kromosom dalam proses penurunan/pewarisan sifat  dalam kehidupan
12 jp
3.15 Menerapkan  konsep dan prosedur bioteknologi dalam bidang agrobisnis dan agroteknologi.
4.15  Melaksanakan konsep dan prosedur hasil bioteknologi konvensional untuk menghasilkan produk
12 jp
Jumlah
144 JP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar