KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian :
Semua Bidang Keahlian
Program
Keahlian : Semua Program Keahlian
Kompetensi
Keahlian : Semua Kompetensi
Keahlian
Mata
Pelajaran :
Sejarah Indonesia
Jam Pelajaran : 108 JP (@ 45 Menit)
Tujuan kurikulum mencakup empat
aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial,
(3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui
proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan
kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, santun,
peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai),
bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif
melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan
pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut
dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah,
dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran
berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam
mengembangkan karakter peserta didik lebih
lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif sesuai
dengan bidang dan lingkup kajian Sejarah Indonesia pada
tingkat teknis, spesifik,
detil,
dan kompleks, berkenaan dengan ilmu
pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari
|
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Sejarah Indonesia.
Menampilkan
kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai
dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,
komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan
|
keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat
nasional,
regional, dan internasional.
|
pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir,
menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di
bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Memahami konsep dasar sejarah (berpikir
kronologis, diakronik, sinkronik, ruang dan waktu serta perubahan dan keberlanjutan)
|
4.1 Menyajikan hasil pemahaman tentang
konsep dasar sejarah (berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang dan
waktu serta perubahan dan keberlanjutan)
|
3.2 Menganalisis kehidupan manusia dan hasil-hasil
budaya
masyarakat Pra Aksara
Indonesia
|
4.2 Menyajikan informasi mengenai manusia
dan hasil-hasil budaya khususnya
masyarakat Pra Aksara Indonesia
|
3.3 Menganalisis berbagai teori tentang proses masuknya agama dan
kebudayaan Hindu dan Buddha serta pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat Indonesia (pemerintahan, budaya)
|
4.3 Mengolah informasi tentang berbagai
teori masuknya agama dan kebudayaan Hindu dan Buddha serta pengaruhnya
terhadap kehidupan masyarakat Indonesia
(pemerintahan, budaya)
|
3.4 Menganalisis berbagai teori tentang
proses masuknya agama dan kebudayaan Islam
serta pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat Indonesia (ekonomi, pemerintahan, budaya)
|
4.4 Menyajikan hasil analisis berbagai teori tentang proses
masuknya agama dan kebudayaan Islam serta pengaruhnya terhadap
kehidupan
masyarakat Indonesia
(ekonomi,
pemerintahan, budaya)
|
3.5 3Menganalisis proses masuk dan
perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia
|
4.5 Mengolah informasi tentang proses masuk
dan perkembangan penjajahan
bangsa
Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris)
ke Indonesia
|
3.6 Menganalisis dampak politik, budaya,
sosial, ekonomi, dan pendidikan pada masa penjajahan bangsa Eropa, lahirnya
pergerakan nasional dan peristiwa sumpah pemuda
|
4.6 Menalar dampak politik, budaya, sosial,
ekonomi, dan pendidikan pada masa penjajahan bangsa Eropa lahirnya pergerakan
nasional dan peristiwa sumpah pemuda
|
3.7 Menganalisis peristiwa proklamasi kemerdekaan dan pembentukan pemerintahan
pertama Republik Indonesia, serta maknanya bagi kehidupan
sosial, budaya, ekonomi, politik, dan pendidikan bangsa Indonesia
|
4.7 Menalar peristiwa proklamasi
kemerdekaan dan pembentukan pemerintahan pertama Republik Indonesia, serta maknanya bagi kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik, dan
pendidikan bangsa Indonesia
|
3.8 Menganalisis strategi dan bentuk
perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan
|
4.8 Mengolah informasi tentang strategi dan bentuk perjuangan
bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan
|
kemerdekaan
dari ancaman
Sekutu
dan Belanda
|
dari
ancaman Sekutu dan
Belanda
|
3.9 Mengevaluasi upaya bangsa indonesia dalam
menghadapi ancaman disintegrasi bangsa antara lain PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI,
Permesta, G-30-S/PKI
|
4.9 Menyajikan hasil kesimpulan tentang
upaya bangsa Indonesia dalam
menghadapi ancaman disintegrasi bangsa antara lain PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI
|
3.10 Mengevaluasi perkembangan kehidupan
politik dan ekonomi Bangsa Indonesia
pada
masa awal kemerdekaan
sampai dengan
masa
Demokrasi
Terpimpin
|
4.10 Menyajikan hasil telaah tentang
perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa
awal kemerdekaan sampai masa Demokrasi Terpimpin
|
3.11 Mengevaluasi perkembangan kehidupan politik
dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa Orde Baru sampai dengan
awal Reformasi, serta peranan mahasiswa dan pemuda dalam perubahan politik
dan ketatanegaraan Indonesia
|
4.11 Mengolah informasi tentang pekembangan
kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia
pada masa Orde Baru sampai dengan
awal Reformasi, serta peranan mahasiswa dan
pemuda
dalam perubahan politik dan ketatanegaraan
Indonesia
|
3.12 Mengevaluasi peran bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia antara lain KAA, Misi Garuda, Deklarasi Djuanda,
Gerakan Non Blok, dan ASEAN, OKI,
dan Jakarta Informal Meeting
|
4.12 Menyajikan hasil telaah tentang peran
bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia antara lain KAA, Misi Garuda,
Deklarasi Djuanda, Gerakan Non Blok, dan ASEAN, OKI, dan Jakarta Informal Meeting
|
3.13 Mengevaluasi kehidupan Bangsa Indonesia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi pada era
kemerdekaan (sejak proklamasi sampai dengan Reformasi)
|
4.13 Membuat studi evaluasi tentang
kehidupan Bangsa Indonesia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi
di era kemerdekaan (sejak
proklamasi sampai dengan Reformasi)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar