KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Muatan :
Nasional
Bidang
Keahlian : Seluruh Bidang Keahlian
Mata
Pelajaran :
Matematika
Jam Pelajaran : 424 JP (@ 45 Menit)
Tujuan kurikulum mencakup empat
aspek
kompetensi, yaitu (1) aspek
kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial,
(3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui
proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan
kompetensi sikap spiritual yaitu,
“Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, santun,
peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai),
bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian
nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi
tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya
sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan
kondisi peserta didik.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran
berlangsung, dan dapat digunakan
sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih
lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif sesuai
dengan bidang dan lingkup kajian Matematika pada
tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari
keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat
|
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Matematika`
Menampilkan
kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai
dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,
komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di
bawah
|
nasional,
regional, dan internasional.
|
pengawasan
langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir,
menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah,
serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menerapkan konsep bilangan berpangkat,
bentuk akar dan logaritma dalam
menyelesaikan masalah
|
4.1 Menyajikan penyelesaian masalah
bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma
|
3.2 Menerapkan persamaan dan pertidaksamaan
nilai mutlak bentuk linear satu variabel
|
4.2 Menyajikan penyelesaian masalah yang
berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu
variabel
|
3.3 Menentukan nilai variabel pada sistem
persamaan linear dua variabel dalam masalah kontekstual
|
4.3 Menyelesaikan masalah sistem persamaan linier dua variabel
|
3.4 Menentukan nilai maksimum dan minimum
permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel
|
4.4 Menyelesaikan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan program linear dua variabel
|
3.5 Menganalisis barisan dan deret
aritmetika
|
4.5 Menyelesaikan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan barisan dan deret aritmatika
|
3.6 Menganalisis barisan dan deret geometri
|
4.6 Menyelesaikan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan barisan dan deret geometri
|
3.7 Menganalisis pertumbuhan, peluruhan,
bunga dan anuitas
|
4.7 Menyelesaiakan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan pertumbuhan, peluruhan, bunga dan anuitas
|
3.8 Menentukan perbandingan trigonometri
pada segitiga siku- siku
|
4.8 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan perbandingan trigonometri pada segitiga siku- siku
|
3.9 Menentukan nilai sudut berelasi
diberbagai kuadran
|
4.9 Menyelesaikan masalah nilai sudut
berelasi diberbagai kuadran
|
3.10 Menentukan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan
sebaliknya
|
4.10 Menyelesaikan masalah perubahan
koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya
|
3.11 Menerapkan nilai perbandingan
trigonometri pada grafik fungsi trigonometri
|
4.11
Menyajikan
grafik fungsi trigonometri
|
3.12 Menerapkan aturan sinus dan kosinus
|
4.12 Menyelesaikan permasalah kontekstual
dengan aturan sinus dan kosinus
|
3.13 Menentukan luas segitiga pada
trigonometri
|
4.13 Menyelesaikan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan luas segitiga pada trigonometri
|
3.14 Menganalisis nilai sudut dengan rumus jumlah
dan selisih dua sudut
|
4.14 Menyelesaikan nilai nilai sudut dengan
rumus jumlah dan selisih dua sudut
|
3.15 Menerapkan operasi matriks dalam
menyelesaiakan masalah yang berkaitan dengan matriks
|
4.15 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan matriks
|
3.16 Menetukan nilai determinan, invers dan
tranpos pada ordo 2 x 2 dan nilai determinan dan tranpos pada ordo 3 x 3
|
4.16 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan determinan, invers dan tranpose pada
ordo
2
x 2 serta nilai determinan
dan
tranpos pada ordo 3 x 3
|
3.17 Menentukan nilai besaran vektor pada
dimensi dua
|
4.17 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan nilai besaran vektor pada dimensi dua
|
3.18 Menentukan nilai besaran vektor pada dimensi tiga
|
4.18 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan nilai besaran
vektor pada dimensi tiga
|
3.19 Menentukan nilai variabel pada persamaan
dan fungsi kuadrat
|
4.19
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat
|
3.20 Menganalisis operasi komposisi dan
operasi invers pada fungsi
|
4.20 Menyelesaikan masalah operasi komposisi
dan operasi invers pada fungsi
|
3.21 Menentukan persamaan lingkaran
|
4.21 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan persamaan lingkaran
|
3.22 Menganalisis masalah kontekstual yang
berkaitan dengan logika matematika
(pernyataan sederhana, negasi pernyataan sederhana, pernyataan majemuk,
negasi pernyataan majemuk dan penarikan kesimpulan)
|
4.22 Menyelesaikan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan logika matematika (pernyataan sederhana, negasi pernyataan
sederhana, pernyataan majemuk ,
negasi pernyataan majemuk dan penarikan kesimpulan )
|
3.23 Menganalisis titik, garis dan bidang
pada geometri dimensi tiga
|
4.23 Menyajikan penyelesaian masalah yang
berkaitan dengan jarak antara titik ke titik, titik ke garis dan garis ke
bidang pada geometri dimensi tiga
|
3.24 Menetukan masalah kontekstual yang berkaitan dengan
transformasi geometri
|
4.24 Menyelesaikan masalah kontekstual kontekstual yang
|
|
berkaitan
dengan transformasi
geometri
|
3.25 Menganalisis kaidah pencacahan,
permutasi dan kombinasi pada masalah kontekstual
|
4.25 Menyajikan penyelesaian masalah
kontekstual berkaitan dengan kaidah pencacahan, permutasi dan kombinasi
|
3.26 Menentukan peluang kejadian
|
4.26 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan peluang kejadian
|
3.27 Mengevaluasi kajian statistika dalam
masalah kontekstual
|
4.27 Menyelesaikan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan kajian statistika
|
3.28 Menganalisis ukuran pemusatan data tunggal dan data kelompok
|
4.28 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan ukuran pemusatan data tunggal dan data kelompok
|
3.29 Menganalisis ukuran penyebaran data
tunggal dan data kelompok
|
4.29 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan ukuran penyebaran data tunggal dan data kelompok
|
3.30 Menentukan nilai limit fungsi aljabar
|
4.30 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan limit fungsi aljabar
|
3.31 Menentukan turunan fungsi aljabar
menggunakan definisi limit fungsi atau sifat
– sifat turunan fungsi serta penerapannya
|
4.31 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan turunan fungsi aljabar
|
3.32 Menganalisis keberkaitan turunan pertama
fungsi dengan nilai maksimum, nilai
minimum, dan selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva
|
4.32 Menyelesaikan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan turunan pertama fungsi aljabar
|
3.33 Menentukan nilai integral tak tentu dan
tertentu fungsi aljabar
|
4.33 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan integral tak tentu dan tertentu fungsi aljabar
|
3.34 Menentukan luas permukaan dan volume
benda putar dengan menggunakan integral tertentu
|
4.34 Menyelesaikan masalah luas permukaan dan
volume benda putar dengan menggunakan integral tertentu
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar