KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian :
Seluruh Bidang Keahlian
Program
Keahlian : Seluruh Program Keahlian
Kompetensi
Keahlian : Seluruh Kompetensi
Keahlian (4 Tahun) Mata
Pelajaran :
Bahasa Inggris
Jam Pelajaran : 488 JP (@ 45 Menit)
Tujuan kurikulum mencakup empat
aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial,
(3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui
proses pembelajaran intrakurikuler,
kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan
kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), bertanggung-jawab,
responsif, dan proaktif melalui
keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara
berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut
dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect
teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah,
dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam
mengembangkan karakter peserta didik lebih
lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Bahasa
Inggris pada tingkat
teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi
diri
|
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Bahasa
Inggris.
Menampilkan
kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,
komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya
|
sebagai
bagian dari keluarga, sekolah, dunia
kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
|
di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan
langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir,
menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di
bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan
hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur
kebahasaan pronoun:
subjective,
objective, possessive)
|
4.1 Menyusun teks interaksi transaksional
lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks penggunaannya.
|
3.2 Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberikan ucapan selamat bersayap (extended), dan responnya, sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
4.2 Menyusun teks interaksi interpersonal
lisan dan tulis sederhana yang melibatkan tindakan memberikan ucapan selamat
bersayap (extended), dan responnya dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks
|
3.3 Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan
suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan
unsur kebahasaan be going to,
would
like to)
|
4.3 Menyusun teks interaksi transaksional
lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks penggunaannya
|
3.4 Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan
memberi dan meminta
informasi
pendek dan sederhana terkait orang, benda
dan
tempat sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.4 Menyusun teks deskriptif lisan dan
tulis, pendek dan sederhana, terkait orang, benda dan tempat, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara
benar dan sesuai konteks
|
3.5 Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement),
dengan memberi dan meminta
|
4.5 Menyusun teks khusus dalam bentuk
pemberitahuan (announcement),
lisan dan tulis, pendek dan
sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
|
informasi
terkait kegiatan
sekolah/tempat kerja, sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
kebahasaan,
secara benar dan
sesuai konteks
|
3.6 Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan 4unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/
kegiatan/
kejadian yang
dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dan
kesudahannya, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan simple past
tense vs present perfect tense)
|
4.6 Menyusun teks interaksi transaksional,
lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan unsur dan
meminta informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/ kejadian yang
dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
|
3.7 Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan beberapa
teks recount lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait
peristiwa/pengalaman sesuai
dengan
konteks penggunaannya
|
4.7 Menyusun teks recount lisan dan tulis,
pendek dan sederhana, terkait peristiwa/pengalaman, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
3.8 Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif lisan dan tulis dengan
memberi dan meminta
informasi
terkait legenda rakyat
sederhana,
sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.8 Menyajikan teks naratif pendek dan
sederhana terkait legenda rakyat secara lisan dan tulis dengan memperhatikan
fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan secara benar dan sesuai
konteks
|
3.9 Menganalisis fungsi social, struktur
teks dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk memo, menu,
schedule dan signs dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan
sekolah atau tempat kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia kerja
|
4.9 Menyusun teks khusus dalam bentuk memo,
menu, jadwal dan tanda-tanda (signs) lisan dan tulis, pendek dan sederhana,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan secara
benar dan sesuai konteks
|
3.10 Menerapkan fungsi social, struktur teks
dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta
|
4.10 Menyusun teks interaksi transaksional
lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan member dan meminta
informasi
terkait perbandingan kata sifat dengan
|
informasi
terkait perbandingan
kata sifat
sesuai dengan bidang keahlian dan konteks penggunaannya
|
memperhatikan
fungsi social,
struktur teks
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.11 Menganalisis fungsi social, struktur
teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi tentang petunjuk arah (direction)
sesuai dengan konteks penggunaannya
di dunia kerja
|
4.11 Menyusun teks interaksi transaksional
lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi tentang petunjuk arah (direction)
dengan
memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks di dunia kerja
|
3.12 Menganalisis fungsi social, struktur
teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan/tugas-tugas rutin
sederhana (simple routine tasks) sesuai dengan konteks penggunaan di dunia
kerja
|
4.12 Menyusun teks interaksi transaksional
lisan dan tulis, pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait kegiatan/tugas-tugas rutin sederhana (simple
routine tasks) dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks dunia kerja
|
3.13 Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran,
sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan should, can)
|
4.13 Menyusun teks interaksi transaksional,
lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.14 Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pendapat dan pikiran,
sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan
unsur kebahasaan I think, I suppose, in my
opinion)
|
4.14 Menyusun teks interaksi transaksional,
lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait pendapat dan pikiran, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.15 Menerapkan fungsi social, struktur teks
dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang melibatkan
|
4.15 Menuliskan kembali teks pesan sederhana
lewat telephone terkait tempat kerja dengan memperhatikan fungsi
|
tindakan
memberi dan
meminta
informasi terkait pesan sederhana lewat telephone (taking simple phone
message) sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia kerja
|
sosial,
struktur teks dan unsur
kebahasaan
secara benar dan sesuai konteks dunia kerja
|
3.16 Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk undangan resmi
dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah/tempat kerja
sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.16 Menyusun teks khusus dalam bentuk undangan resmi lisan dan tulis, terkait
kegiatan sekolah/tempat kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
3.17 Membedakan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk surat pribadi dengan
memberi dan menerima informasi terkait kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya,
sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.17 Menyusun teks khusus dalam bentuk surat
pribadi terkait kegiatan diri sendiri dan
orang sekitarnya, lisan dan tulis, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
3.18 Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur lisan dan tulis dengan
memberi dan meminta informasi terkait manual penggunaan teknologi dan
kiat-kiat (tips),
pendek dan sederhana, sesuai dengan bidang
keahlian dan konteks penggunaannya
|
4.18 Menyusun teks prosedur, lisan dan tulis,
dalam bentuk manual terkait penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips),
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur
kebahasaan, secara
benar dan
sesuai konteks
|
3.19 Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/kejadian tanpa perlu
menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, sesuai dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsur kebahasaan passive
voice)
|
4.19 Menyusun teks interaksi transaksional
lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/
kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
3.20 Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang
pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/ peristiwa di waktu yang akan
datang, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4.20 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian
jika terjadi suatu keadaan/kejadian/ peristiwa
di
waktu yang akan datang,
dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
|
3.21 Menganalisis struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi
sosial teks factual report dengan menyatakan dan menanyakan tentang teks
ilmiah faktual tentang orang, binatang,
benda,
gejala dan peristiwa
alam
dan sosial, sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain
|
4.21 Menyusun teks ilmiah faktual (factual
report), lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, binatang, benda, gejala
dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan mata pelajaran lain
|
3.22 Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks eksposisi analitis lisan dan tulis
dengan memberi dan meminta informasi terkait isu aktual, sesuai dengan
konteks penggunaannya
|
4.22 Menyusun teks eksposisi analitis tulis, terkait isu
aktual,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan
unsur kebahasaan, secara
benar dan
sesuai konteks
|
3.23 Menganalisis fungsi social, struktur
teks dan unsur kebahasaan pada teks biografi tokoh sesuai dengan konteks
penggunaannya.
|
4.23 Menyusun teks biografi tokoh lisan dan
tulis, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.24 Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab
akibat, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan because of ..., due to ..., thanks
to ...)
|
4.24 Menyusun teks interaksi transaksional
lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait hubungan sebab akibat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.25 Menganalisis fungsi social, struktur
teks dan unsur kebahasaan teks interaksi
|
4.25 Menyusun teks interaksi transaksional
tulis yang melibatkan tindakan memberi
|
transaksional
yang melibatkan
tindakan
memberi dan meminta informasi terkait penulisan laporan sederhana.
|
dan
meminta informasi terkait
penulisan
laporan sederhana dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.
|
3.26 Menganalisis fungsi social, struktur
teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait penyajian laporan secara lisan
(report presentation)
|
4.26 Menyusun teks interaksi transaksional
lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
penyajian laporan dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.
|
3.27 Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan menawarkan jasa, serta menanggapinya, sesuai dengan
konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan May I help you?
What can I do for you?
What
if ...?)
|
4.27 Menyusun teks interaksi interpersonal
lisan dan tulis sederhana yang melibatkan tindakan menawarkan jasa, dan
menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.28 Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk surat lamaran
kerja, dengan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, latar belakang
pendidikan/pengalaman kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.28 Menyusun teks khusus surat lamaran
kerja, yang memberikan informasi antara lain jati diri, latar belakang
pendidikan/ pengalaman kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks,
dan
unsur kebahasaan, secara
benar dan
sesuai konteks
|
3.29 Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dalam konteks
pekerjaan (wawancara pekerjaan)
|
4.29 Menyusun teks interaksi transaksional
lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati
diri dalam konteks pekerjaan (wawancara pekerjaan), dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks penggunaannya di dunia kerja.
|
3.30 Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4.30 Menyusun teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan menanyakan tentang keharusan, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
3.31 Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks news item lisan
dan tulis dengan memberi dan meminta
informasi terkait berita sederhana dari koran/radio/TV, sesuai dengan
konteks penggunaannya
|
4.31 Menangkap makna secara kontekstual
terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks news
items lisan dan tulis, dalam bentuk berita sederhana
koran/radio/ TV
|
3.32 Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pengandaian diikuti
oleh perintah/saran, sesuai dengan
bidang keahlian dan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan if dengan imperative, can,
should)
|
4.32 Menyusun teks interaksi transaksional
lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait pengandaian diikuti oleh perintah/saran, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.33 Menganalisis fungsi social, struktur
teks, dan unsur kebahasaan pada teks khusus berbentuk dokumen teknis (technical manual)
sesuai dengan kompetensi keahlian
masing-masing.
|
4.33 Menyajikan teks khusus berbentuk dokumen
teknis (technical manual) sesuai
dengan kompetensi keahlian masing-masing.
|
3.34 Menganalisis fungsi social, struktur
teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait penyajian laporan yang sesuai
dengan kompetensi keahlian masing-masing.
|
4.34 Menyusun teks interaksi transaksional
lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
penyajian laporan sesuai dengan kompetensi keahlian masing-masing dengan
memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.
|
3.35 Menganalisis fungsi social, struktur
teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait masalah-masalah yang dihadapi
ditempat kerja (explanation
of
work problems)
sesuai dengan kompetensi keahlian masing-masing.
|
4.35 Menjelaskan masalah yang dihadapi di
tempat kerja dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan secara benar dan sesuai konteks.
|
3.36 Menganalisis fungsi social, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks khusus berbentuk proposal yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi sesuai dengan kompetensi
keahlian masing-masing.
|
4.36 Menyusun teks khusus berbentuk proposal
yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi sesuai dengan
kompetensi kealhian masing-masing.
|
3.37 Memahami fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi dalam
diskusi rapat di tempat kerja sesuai dengan kompetensi keahlian masing-masing
|
4.37 Mendemonstrasikan fungsi social,
struktur teks, dan unsur kebahasaan
teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi dalam diskusi rapat di tempat kerja sesuai dengan kompetensi
keahlian masing-masing
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar