KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

Bidang
Keahlian : Semua Bidang Keahlian
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Kristen dan Budi Pekerti

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu
(1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial,
(3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui
proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran
berlangsung, dan dapat digunakan
sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 1
(SIKAP SPIRITUAL)
|
KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP
SOSIAL)
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran,
damai), bertanggung-jawab, responsif,
dan
proaktif melalui keteladanan,
pemberian nasihat, penguatan,
pembiasaan, dan
pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam
pergaulan
dunia.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.1 Mensyukuri karunia Allah bagi dirinya
yang terus bertumbuh sebagai
pribadi dewasa
|
2.1 Mengembangkan perilaku sebagai pribadi
yang terus bertumbuh menjadi dewasa
|
1.2 Menghayati nilai-nilai Kristiani: kesetiaan, kasih dan keadilan dalam
kehidupan social
|
2.2 Meneladani Yesus dalam mewujudkan nilai-nilai Kristiani: kesetiaan, kasih dan
keadilan dalam kehidupan sosial
|
1.3 Mengakui peran Roh Kudus dalam
membaharui kehidupan orang beriman
|
2.3 Menyatakan bersedia hidup baru sebagai wujud percaya pada
peran Roh Kudus sebagai pembaharu
|
1.4 Mensyukuri karunia Allah melalui
kebersamaan dengan orang lain tanpa kehilangan identitas
|
2.4 Membangun hidup bersama dengan orang
lain tanpa kehilangan identitas
|
1.5 Mensyukuri keberadaan Allah sebagai
pembaharu dalam relasi dengan sesama manusia
dan alam
|
2.5 Merespons keberadaan Allah sebagai
pembaharu dalam relasi dengan sesama manusia dan alam
|
1.6 Mengakui peran Allah dalam kehidupan
keluarga
|
2.6 Mengembangkan perilaku tanggung jawab
sebagai wujud pengakuan terhadap peran Allah dalam kehidupan keluarga
|
1.7 Menghayati nilai-nilai iman Kristen dalam menghadapi gaya hidup masa kini
|
2.7 Menampilkan nilai-nilai Kristiani sebagai filter dalam menghadapi gaya hidup masa kini
|
1.8 Mengakui peran k eluarga dan sekolah
sebagai lembaga pendidikan utama dalam kehidupan masa kini
|
2.8 Mengkritis peran keluarga dan sekolah
sebagai lembaga pendidikan utama dalam kehidupan masa kini
|
1.9 Mengakui perkembangan kebudayaan, dan
teknologi sesuai pada Alkitab
|
2.9 Mengkritisi perkembangan kebudayaan,
dan tekonologi dengan sesuai pada Alkitab
|
1.10 Menerima demokrasi dan HAM
sebagai
anugerah Allah
|
2.10 Mengembangkan sikap dan karakter yang
sesuai dengan nilai-nilai demokrasi dan HAM
|
1.11 Menghayati pentingnya peran remaja selaku murid Kristus dalam kehidupan sehari-hari
|
2.11 Memperjelas peran remaja selaku murid
Kristus dalam kehidupan sehari-hari
|
1.12 Mensyukuri pemberian Allah dalam
kehidupan budaya dan agama
|
2.12 Mengembangkan sikap bersyukur dalam
kehidupan budaya dan agama
|
1.13 Menghayati dan menjalankan peran murid
Kristus sebagai pembawa damai
|
2.13 Membiasakan peran murid Kristus sebagai
pembawa damai
|
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti pada tingkat teknis, spesifik, detail dan kompleks berkenaan dengan
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional dan internasional.
|
4. Melaksanakan tugas spesifik, dengan
menggunakan alat informasi dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta
menyelesaikan masalah
sederhana
sesuai dengan lingkup kajian Pendidikan Agama Kristen
dan
Budi Pekerti.
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif dan solutif dalam ranah
abstrak, terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir,
menjadikan gerak alami, dalam ranah kongkrit terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1
Menganalisis ciri-ciri
pribadi yang terus bertumbuh menjadi dewasa
|
4.1 Menyajikan hasil wawancara yang
berkaitan dengan ciri-ciri pribadi
yang terus bertumbuh menjadi dewasa
|
3.2 Menerapkan makna nilai-nilai Kristiani: kesetiaan, kasih, dan
keadilan dalam kehidupan
|
4.2 Menyajikan nilai-nilai
Kristiani: kesetiaan, kasih dan keadilan dalam kehidupan
|
3.3 Menganalisis peran Roh Kudus dalam
membaharui kehidupan orang beriman
|
4.3 Mempresentasi peran Roh Kudus sebagai membaharui kehidupan
orang beriman
|
3.4 Menganalisis makna kebersamaan dengan
orang lain tanpa kehilangan identitas
|
4.4 Membuat program kunjungan sebagai bukti
kebersamaan dengan orang lain tanpa kehilangan identitas
|
3.5 Menelaah keberadaan Allah sebagai
pembaharu dalam relasi dengan sesama manusia dan alam
|
4.5 Membuat karya bahan daur ulang yang
mengambarkan peran Allah sebagai pembaharu dalam relasi dengan sesama manusia
dan alam
|
3.6 Memahami peran Allah dalam kehidupan
keluarga
|
4.6 Mengaplikasikan peran Allah dalam kehidupan keluarga
|
3.7 Menganalisis nilai-nilai Kristiani dalam menghadapi gaya
hidup masa kini
|
4.7 Menentukan berbagai aktivitas yang
menggambarkan nilai-nilai Kristiani
menghadapi gaya hidup masa kini
|
3.8 Menganalisis peran keluarga dan sekolah
sebagai lembaga pendidikan utama
dalam kehidupan masa kini
|
4.8 Membuat program yang
berkaitan
dengan peran keluarga dan sekolah sebagai lembaga
pendidikan
utama dalam kehidupan masa kini
|
3.9 Mengidentifikasi perkembangan
kebudayaan dan teknologi sesuai pada Alkitab
|
4.9 Memperagakan perkembangan kebudayaan
dan teknologi sesuai pada Alkitab dalam bentuk sosiodrama
|
3.10 Menentukan sikap dan karakter yang
sesuai dengan nilai-nilai demokrasi
dan HAM
|
4.10 Menunjukkan sikap dan karakter yang
sesuai dengan nilai-nilai demokrasi dan HAM
|
3.11 Menerapkan peran remaja selaku murid Kristus dalam kehidupan
sehari-hari
|
4.11 Memprestasikan film peran remaja selaku murid Kristus dalam
kehidupan sehari-hari
|
3.12 Mengidentifikasi nilai-nilai budaya dan agama dalam kehidupan
|
4.12 Mengaplikasikan nilai-nilai budaya dan agama dalam kehidupan
|
3.13 Mengevaluasi murid Kristus sebagai
pembawa damai
|
4.13 Menata murid Kristus sebagai pembawa
damai.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar