Selasa, 24 April 2018

KI & KD Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kur2013

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN


Muatan                 : Nasional

Bidang Keahlian    : Semua Bidang Keahlian

Mata Pelajaran      : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Jam Pelajaran       : 318 JP (@ 45 Menit)


Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.


KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)
KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)

1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

2.  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui
keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.


KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

1.1      Membaca al-Quran dengan meyakini bahwa kontrol
diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) adalah perintah agama
2.1      Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-
nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi perintah QS al-Anfal (8):72,
QS al- Hujurat (49): 10 dan 12
serta Hadis terkait

1.2      Meyakini bahwa pergaulan bebas dan zina adalah dilarang agama
2.2      Menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan
perbuatan zina sebagai pengamalan QS al-Isra’ (17):
32, dan QS an-Nur (24): 2,
serta Hadis terkait

1.3      Meyakini bahwa Allah
Maha Mulia, Maha
Memberi Rasa Aman, Maha
Memelihara, Maha
Sempurna Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun, Maha Adil, dan Maha Akhir
2.3      Memiliki sikap keluhuran
budi; kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan adil sebagai implementasi pemahaman al-Asmau al- Husna: Al-Karim, Al-Mu’min, Al-Wakil, Al- Matin, Al-Jami’, Al-‘Adl, dan Al-Akhir

1.4      Meyakini keberadaan malaikat-malaikat Allah swt.
2.4      Menunjukkan sikap disiplin,
jujur dan bertanggung jawab, sebagai implementasi beriman kepada malaikat-malaikat Allah swt.

1.5      Terbiasa berpakaian sesuai dengan syariat Islam
2.5      Menunjukkan perilaku
berpakaian sesuai dengan syariat Islam

1.6      Meyakini bahwa jujur adalah ajaran pokok agama
2.6      Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari

1.7      Meyakini bahwa menuntut ilmu adalah perintah Allah dan Rasul-Nya
2.7      Memiliki sikap semangat keilmuan sebagai
implementasi pemahaman QS at-Taubah (9): 122 dan Hadis terkait

1.8      Meyakini al-Qur’an, Hadis dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam
2.8      Menunjukkan perilaku ikhlas dan taat beribadah sebagai
implementasi pemahaman terhadap kedudukan al- Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam

1.9      Meyakini bahwa haji, zakat dan wakaf adalah perintah Allah dapat memberi kemaslahatan bagi
individu dan masyarakat
2.9      Menunjukkan kepedulian
sosial sebagai hikmah dari perintah haji, zakat, dan wakaf

1.10    Meyakini kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah
2.10    Bersikap tangguh dan rela
berkorban menegakkan kebenaran sebagai ’ibrah dari sejarah strategi dakwah Nabi di Makkah

1.11    Meyakini kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah
2.11    Menunjukkan sikap semangat
ukhuwah dan kerukunan sebagai ibrah dari sejarah strategi dakwah Nabi di Madinah

1.12    Terbiasa membaca al- Qur’an dengan meyakini bahwa taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja sebagai perintah agama
2.12    Bersikap taat aturan,
tanggung jawab, kompetitif dalam kebaikan dan kerja keras sebagai implementasi dari pemahaman QS al Maidah (5): 48; QS an-Nisa
(4): 59; dan QS at-Taubah (9):
105 serta Hadis yang terkait

1.13    Meyakini bahwa agama mengajarkan toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
2.13    Bersikap toleran, rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan sebagai
implementasi pemahaman QS Yunus (10): 40-41 dan QS al- Maidah (5): 32, serta Hadis terkait

1.14    Meyakini adanya kitab- kitab suci Allah swt.
2.14    Peduli kepada orang lain
dengan saling menasihati sebagai cerminan beriman kepada kitab-kitab Allah swt.

1.15    Meyakini adanya rasul- rasul Allah swt.
2.15    Menunjukkan perilaku saling menolong sebagai cerminan
beriman kepada rasul-rasul
Allah swt.

1.16    Meyakini bahwa Islam mengharus-kan umatnya untuk memiliki sifat syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran
2.16    Menunjukkan sikap syaja’ah
(berani membela kebenaran)
dalam mewujudkan kejujuran

1.17    Meyakini bahwa hormat dan patuh kepada
orangtua dan guru sebagai kewajiban agama
2.17    Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada
orangtua dan guru sebagai implementasi pemahaman QS al-Isra’ (17): 23 dan Hadis terkait

1.18    Menerapkan penyelenggaraan jenazah sesuai dengan ketentuan syariat Islam
2.18    Menunjukkan sikap tanggung
jawab dan kerja sama dalam penyelenggaraan perawatan jenazah di masyarakat

1.19    Menerapkan ketentuan khutbah, tablig, dan dakwah di masyarakat sesuai dengan syariat Islam
2.19    Menjaga kebersamaan dengan orang lain dengan saling menasihati melalui khutbah, tablig, dan dakwah

1.20    Menerapkan prinsip ekonomi dan muamalah sesuai dengan ketentuan syariat Islam
2.20    Bekerjasama dalam
menegakkan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi sesuai syariat Islam

1.21    Mengakui bahwa nilai-nilai Islam dapat mendorong kemajuan perkembangan Islam pada masa kejayaan
2.21    Bersikap rukun dan kompetitif dalam kebaikan
sebagai implementasi nilai- nilai perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan

1.22    Mempertahankan keyakinan yang benar sesuai ajaran Islam dalam sejarah peradaban Islam pada masa modern
2.22    Bersikap rukun dan
kompetitif dalam kebaikan sebagai implementasi nilai- nilai sejarah peradaban Islam pada masa modern

1.23    Terbiasa membaca al- Qur’an sebagai pengamalan dengan meyakini bahwa agama mengajarkan kepada umatnya untuk berpikir kritis dan bersikap demokratis
2.23    Bersikap kritis dan
demokratis sesuai dengan pesan QS Ali Imran (3): 190-
191 dan 159, serta Hadis
terkait

1.24    Meyakini bahwa agama mewajibkan umatnya untuk beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia
2.24    Berbuat baik kepada sesama
manusia sesuai dengan perintah QS Luqman (31): 13-
14 dan QS al-Baqarah (2): 83, serta Hadis terkait

1.25    Meyakini terjadinya hari akhir
2.25    Berperilaku jujur, bertanggung jawab, dan adil
sesuai dengan keimanan kepada hari akhir

1.26    Meyakini adanya qadha dan qadar Allah swt.
2.26    Bersikap optimis, ikhtiar, dan
tawakal sebagai implementasi beriman kepada qadha dan qadar Allah swt.

1.27    Meyakini bahwa agama mewajibkan umatnya untuk bekerja keras dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari
2.27    Berperilaku kerja keras, dan bertanggung jawab dalam
kehidupan sehari-hari

1.28    Meyakini kebenaran ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam
2.28    Menunjukkan sikap bersatu
dan kebersamaan dalam
lingkungan masyarakat sebagai implementasi ketentuan pernikahan dalam Islam

1.29    Meyakini kebenaran ketentuan waris berdasarkan syariat Islam
2.29    Peduli kepada orang lain
sebagai cerminan pelaksanaan ketentuan waris dalam Islam

1.30    Meyakini kebenaran ketentuan dakwah berdasarkan syariat Islam dalam memajukan perkembangan Islam di Indonesia
2.30    Bersikap moderat dan santun dalam berdakwah dan
mengembangkan ajaran Islam

1.31    Meyakini kebenaran bahwa dakwah dengan cara
damai, Islam diterima oleh
masyarakat di Indonesia
2.31    Menjunjung tinggi kerukunan
dan kedamaian dalam kehidupan sehari-hari

1.32    Meyakini bahwa islam adalah rahmatan lil-
‘alamin yang dapat memajukan peradaban dunia
2.32    Menjunjung tinggi nilai-nilai Islam rahmatanlil-alamin sebagai pemicu kemajuan peradaban Islam di masa mendatang

1.33    Meyakini bahwa kemunduran umat Islam di dunia, sebagai bukti penyimpangan dari ajaran Islam yang benar
2.33    Mewaspadai secara bijaksana terhadap penyimpangan
ajaran Islam yang berkembang di masyarakat

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3.  Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian
Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti pada tingkat teknis, spesifik, detail dan kompleks berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional dan internasional.

4.  Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat informasi dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan lingkup kajian Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif dan solutif dalam ranah abstrak, terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak
mahir, menjadikan gerak alami, dalam ranah kongkrit terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah.

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.1      Menganalisis QS al-Anfal
(8):72, QS al-Hujurat (49):
10 dan 12 serta Hadis
tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
4.1.1     Membaca QS al-Anfal (8):72,
QS al-Hujurat (49): 10 dan 12, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.1.2     Mendemonstrasikan hafalan
QS al-Anfal (8:72), QS al- Hujurat (49): 10 dan 12 dengan fasih dan lancar
4.1.3      Menyajikan keterkaitan antara kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan QS al- Anfal (8:72), QS al-Hujurat (49): 10 dan 12, serta Hadis terkait

3.2      Menganalisis QS al-Isra’ (17): 32, dan QS an-Nur (24): 2, serta Hadis tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina
4.2.1      Membaca QS al-Isra (17): 32, dan QS an-Nur (24): 2 sesuai dengan kaidah tajwid dan
makharijul huruf
4.2.2      Mendemonstrasikan hafalan
QS al-Isra’ (17): 32, dan QS an-Nur (24): 2 dengan fasih dan lancar
4.2.3      Menyajikan larangan pergaulan bebas dan
perbuatan zina dengan berbagai kekejian (fahisyah) yang ditimbulkannya sesuai pesan QS al-Isra’ (17): 32, dan QS an-Nur (24): 2

3.3      Menganalisis makna al- Asma’u al-Husna: al- Karim, al-Mu’min, al- Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
4.3        Menyajikan hubungan makna al-Asma’u al-Husna:
al-Karim, al-Mumin, al-Wakil, al-Matin, al-Jami, al-‘Adl, dan al-Akhir dengan perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, rasa aman,
tawakal dan perilaku adil

3.4      Menganalisis makna beriman kepada malaikat- malaikat Allah swt.
4.4        Mempresentasikan
hubungan makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah swt dengan perilaku teliti, disiplin, dan waspada

3.5      Menerapkan ketentuan berpakaian sesuai syariat Islam
4.5        Mempraktikkan tata cara
berpakaian sesuai syariat
Islam

3.6      Memahami manfaat kejujuran dalam kehidupan sehari-hari
4.6        Melaksanakan perilaku jujur
dalam kehidupan sehari- hari.

3.7      Menganalisis kewajiban menuntut ilmu untuk membela agama
4.7        Menyajikan kewajiban
menuntut ilmu dengan kewajiban membela agama sesuai perintah QS at- Taubah (9): 122 dan Hadis

3.8      Menganalisis kedudukan al-Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam
4.8        Menentukan suatu hukum
berdasarkan al-Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam

3.9      Menganalisis tata cara ibadah haji, zakat, dan wakaf
4.9        Menyimulasikan tata cara
ibadah haji, zakat, dan wakaf

3.10    Menganalisis substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah
4.10      Menyajikan substansi,
strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah

3.11    Menganalisis strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah
4.11      Mempresentasikan dan
strategi dengan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah

3.12    Menganalisis makna QS al-Maidah (5): 48; QS an- Nisa (4): 59, dan QS at- Taubah (9): 105, serta Hadis tentang taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja
4.12.1   Membaca QS al-Maidah (5):
48; QS an-Nisa (4): 59, dan QS
at-Taubah (9): 105 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijulhuruf
4.12.2   Mendemonstrasikan hafalan
QS al-Maidah (5): 48; QS an-
Nisa (4): 59, dan QS at- Taubah (9): 105 dengan fasih dan lancar
4.12.3   Menyajikan perintah berkompetisi dalam kebaikan
dan kepatuhan terhadap ketentuan Allah sesuai dengan pesan QS al-Maidah (5): 48; QS an-Nisa (4): 59, dan QS at-Taubah (9): 105

3.13    Menganalisis makna QS Yunus (10): 40-41 dan QS al-Maidah (5): 32, serta Hadis tentang toleransi, rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
4.13.1  Membaca QS Yunus (10): 40-
41 dan QS al-Maidah (5): 32
sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.13.2  Mendemonstrasikan hafalan
QS Yunus (10): 40-41 dan QS al-Maidah (5): 32 dengan fasih dan lancar
4.13.3  Mempresentasikan perintah toleransi dan kerukunan
sesuai pesan QS Yunus (10):
40-41 dan menghindari tindak kekerasan sesuai pesan QS
Al-Maidah (5): 32

3.14    Menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah swt.
4.14    Mempresentasikan keterkaitan
antara beriman kepada kitab- kitab suci Allah swt dengan perilaku sehari-hari

3.15    Menganalisis makna iman kepada rasul-rasul Allah swt.
4.15    Menyajikan hubungan antara iman kepada rasul-rasul Allah
swt dengan keteguhan dalam bertauhid, toleransi, ketaatan, dan kecintaan kepada Allah

3.16    Menganalisis makna syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran
4.16    Menyajikan makna syaja’ah
(berani membela kebenaran)
dan upaya mewujudkan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari

3.17    Menganalisis perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru
4.17    Menyajikan ketauhidan dalam beribadah serta hormat dan
patuh kepada orangtua dan guru sesuai dengan QS al-Isra’ (17): 23 dan Hadis terkait

3.18    Mengevaluasi tata cara perawatan jenazah
4.18    Menyimulasikan tata cara perawatan jenazah

3.19    Menganalisis pelaksanaan khutbah, tablig, dan dakwah
4.19    Menyimulasikan tata cara
khutbah, tablig, dan dakwah

3.20    Menganalisis prinsip- prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam
4.20    Menentukan kegiatan usaha sesuai dengan prinsip-prinsip
dan praktik ekonomi dalam
Islam

3.21    Menganalisis perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan (Masa Khulafaur Rasyidin
– Bani Umayyah)
4.21    Menyajikan perkembangan peradaban Islam dan faktor- faktor yang mempengaruhinya
pada masa kejayaan (Khulafaur Rasyidin – Bani Umayyah)

3.22    Menganalisis perkembangan Islam pada masa modern (1800- sekarang)
4.22.1   Menyajikan perkembangan peradaban Islam pada masa
modern (1800-sekarang)
4.22.2  Menyajikan prinsip-prinsip
pembaharuan yang sesuai dengan perkembangan peradaban Islam pada masa modern

3.23    Mengevaluasi makna QS
Ali Imran (3): 190-191, dan
QS Ali Imran (3): 159, serta Hadis tentang
berpikir kritis dan bersikap demokratis
4.23.1  Membaca QS Ali Imran (3):
190-191, dan QS Ali Imran
(3): 159,; sesuai dengan
kaidah tajwid dan makharijul- huruf
4.23.2  Mendemonstrasikan hafalan
QS Ali Imran (3): 190-191, dan QS Ali Imran (3): 159, dengan lancer
4.23.3  Menyajikan sikap kritis dan
ciri orang-orang berakal (ulil albab) sesuai pesan QS Ali Imran (3): 190-191
4.23.4         Mempresentasikan demokrasi dan sikap tidak memaksakan
kehendak sesuai pesan QS Ali
Imran (3): 159

3.24    Mengevaluasi makna QS Luqman (31): 13-14 dan QS al-Baqarah (2): 83, serta Hadis tentang kewajibanberibadah dan bersyukur kepada Allah sertaberbuat baik kepada sesama manusia
4.24.1  Membaca QS Luqman (31): 13-
14 dan QS al-Baqarah (2): 83
sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.24.2  Mendemonstrasikan hafalan
QS Luqman (31): 13-14 dan QS al-Baqarah (2): 83 dengan lancar
4.24.3   Mempresentasikan kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik terhadap sesama manusia sesuai pesan QS
Luqman (31): 13-14 dan QS al- Baqarah (2): 83

3.25    Mengevaluasi makna iman kepada hari akhir
4.25      Menyajikan perilaku jujur, bertanggung jawab, dan adil sebagai perwujudan iman
kepada hari akhir

3.26    Mengevaluasi makna iman kepada qadha dan qadar
4.26     Mempresentasikan makna
sikap optimis, ikhtiar, dan tawakkal sebagai perwujudan iman kepada qadha dan qadar Allah swt.

3.27    Mengevaluasi perilaku bekerja keras dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat
4.27     Menyajikan perilaku bekerja
keras, jujur, bertanggung jawab, adil, dan toleransi dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat sebagai wujud keimanan

3.28    Mengevaluasi ketentuan pernikahan dalam Islam
4.28      Menyajikan prosesi pernikahan dalam Islam

3.29    Mengevaluasi ketentuan waris dalam Islam
4.29      Menggunakan ketentuan pembagian waris Islam dalam
kehidupan

3.30    Mengevaluasi strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
4.30     Menyajikan prinsip-prinsip
strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia

3.31    Mengevaluasi sejarah perkembangan Islam di Indonesia
4.31      Menyajikan nilai-nilai keteladanan tokoh-tokoh
dalam sejarah perkembangan
Islam di Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar