KOMPETENSI INTI
DAN KOMPETENSI DASAR

Muatan : Nasional
Bidang
Keahlian : Semua Bidang Keahlian
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi
sikap spiritual, (2) sikap sosial,
(3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek
kompetensi tersebut dicapai melalui
proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam
mengembangkan karakter peserta didik lebih
lanjut.
KOMPETENSI INTI 1
(SIKAP SPIRITUAL)
|
KOMPETENSI INTI 2
(SIKAP SOSIAL)
|
1. Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan
proaktif melalui
keteladanan,
pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara
berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa
dalam
pergaulan dunia.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.1 Membaca
al-Qur’an dengan
meyakini bahwa kontrol
diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
adalah perintah agama
|
2.1 Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-
nafs),
prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
sebagai implementasi perintah QS al-Anfal (8):72,
QS al-
Hujurat (49): 10 dan 12
serta
Hadis terkait
|
1.2 Meyakini bahwa pergaulan bebas dan zina
adalah dilarang agama
|
2.2 Menghindarkan diri dari pergaulan bebas
dan
perbuatan
zina sebagai pengamalan QS al-Isra’
(17):
32,
dan QS an-Nur (24): 2,
serta
Hadis terkait
|
1.3 Meyakini bahwa Allah
Maha
Mulia, Maha
Memberi Rasa Aman, Maha
Memelihara, Maha
Sempurna
Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun, Maha Adil, dan Maha Akhir
|
2.3 Memiliki sikap keluhuran
budi; kokoh
pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan adil sebagai implementasi pemahaman
al-Asmau al- Husna: Al-Karim, Al-Mu’min, Al-Wakil, Al- Matin, Al-Jami’, Al-‘Adl, dan Al-Akhir
|
1.4 Meyakini keberadaan malaikat-malaikat
Allah swt.
|
2.4 Menunjukkan sikap disiplin,
jujur dan
bertanggung jawab, sebagai implementasi beriman kepada malaikat-malaikat Allah swt.
|
1.5 Terbiasa berpakaian sesuai dengan syariat Islam
|
2.5 Menunjukkan perilaku
berpakaian
sesuai dengan syariat Islam
|
1.6 Meyakini bahwa jujur adalah ajaran pokok
agama
|
2.6 Menunjukkan perilaku jujur dalam
kehidupan sehari-hari
|
1.7 Meyakini
bahwa menuntut ilmu adalah perintah Allah dan Rasul-Nya
|
2.7 Memiliki sikap semangat keilmuan sebagai
implementasi
pemahaman QS at-Taubah (9): 122 dan Hadis terkait
|
1.8 Meyakini al-Qur’an, Hadis dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam
|
2.8 Menunjukkan perilaku ikhlas dan taat
beribadah sebagai
implementasi
pemahaman terhadap kedudukan al- Qur’an,
Hadis, dan ijtihad sebagai sumber
hukum Islam
|
1.9 Meyakini bahwa haji, zakat dan wakaf
adalah perintah Allah dapat memberi kemaslahatan bagi
individu
dan masyarakat
|
2.9 Menunjukkan kepedulian
sosial
sebagai hikmah dari perintah haji, zakat, dan wakaf
|
1.10 Meyakini kebenaran dakwah Nabi Muhammad
saw di Makkah
|
2.10 Bersikap tangguh dan rela
berkorban
menegakkan kebenaran sebagai ’ibrah dari sejarah strategi dakwah Nabi di
Makkah
|
1.11 Meyakini kebenaran dakwah Nabi Muhammad
saw di Madinah
|
2.11 Menunjukkan sikap semangat
ukhuwah dan
kerukunan sebagai ibrah dari sejarah strategi dakwah Nabi di Madinah
|
1.12 Terbiasa
membaca al- Qur’an dengan meyakini bahwa taat pada aturan, kompetisi dalam
kebaikan, dan etos kerja sebagai perintah agama
|
2.12 Bersikap taat aturan,
tanggung jawab,
kompetitif dalam kebaikan dan kerja keras sebagai implementasi dari pemahaman
QS al Maidah (5): 48; QS an-Nisa
(4): 59; dan QS at-Taubah (9):
105
serta Hadis yang terkait
|
1.13 Meyakini bahwa agama mengajarkan
toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
|
2.13 Bersikap toleran, rukun, dan menghindarkan
diri dari tindak kekerasan sebagai
implementasi
pemahaman QS Yunus (10): 40-41 dan
QS al- Maidah (5): 32, serta Hadis terkait
|
1.14 Meyakini adanya kitab- kitab suci Allah swt.
|
2.14 Peduli kepada orang lain
dengan saling
menasihati sebagai cerminan beriman kepada kitab-kitab Allah swt.
|
1.15 Meyakini adanya rasul- rasul Allah swt.
|
2.15 Menunjukkan perilaku saling menolong
sebagai cerminan
beriman kepada
rasul-rasul
Allah
swt.
|
1.16 Meyakini bahwa Islam mengharus-kan
umatnya untuk memiliki sifat syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam
mewujudkan kejujuran
|
2.16 Menunjukkan sikap syaja’ah
(berani
membela kebenaran)
dalam
mewujudkan kejujuran
|
1.17 Meyakini bahwa hormat dan patuh kepada
orangtua
dan guru sebagai kewajiban agama
|
2.17 Menunjukkan perilaku hormat dan patuh
kepada
orangtua dan
guru sebagai implementasi pemahaman QS al-Isra’
(17): 23 dan Hadis terkait
|
1.18 Menerapkan penyelenggaraan jenazah sesuai
dengan ketentuan syariat Islam
|
2.18 Menunjukkan sikap tanggung
jawab dan kerja
sama dalam penyelenggaraan perawatan jenazah di masyarakat
|
1.19 Menerapkan ketentuan khutbah, tablig, dan
dakwah di masyarakat sesuai dengan syariat Islam
|
2.19 Menjaga kebersamaan dengan orang lain
dengan saling menasihati melalui khutbah, tablig, dan dakwah
|
1.20 Menerapkan prinsip ekonomi dan muamalah
sesuai dengan ketentuan syariat Islam
|
2.20 Bekerjasama dalam
menegakkan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi sesuai
syariat Islam
|
1.21 Mengakui bahwa nilai-nilai Islam dapat
mendorong kemajuan perkembangan Islam pada masa kejayaan
|
2.21 Bersikap rukun dan kompetitif dalam
kebaikan
sebagai
implementasi nilai- nilai
perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan
|
1.22 Mempertahankan keyakinan yang benar sesuai
ajaran Islam dalam sejarah peradaban Islam
pada masa modern
|
2.22 Bersikap rukun dan
kompetitif
dalam kebaikan sebagai implementasi nilai-
nilai sejarah peradaban Islam pada
masa modern
|
1.23 Terbiasa
membaca al- Qur’an sebagai pengamalan dengan meyakini bahwa agama
mengajarkan kepada umatnya untuk berpikir kritis dan bersikap demokratis
|
2.23 Bersikap kritis dan
demokratis
sesuai dengan pesan QS Ali Imran (3):
190-
191
dan 159, serta Hadis
terkait
|
1.24 Meyakini bahwa agama mewajibkan umatnya
untuk beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama
manusia
|
2.24 Berbuat baik kepada sesama
manusia
sesuai dengan perintah QS Luqman (31): 13-
14
dan QS al-Baqarah (2): 83, serta
Hadis terkait
|
1.25 Meyakini terjadinya hari akhir
|
2.25 Berperilaku jujur, bertanggung jawab, dan adil
sesuai
dengan keimanan kepada hari akhir
|
1.26 Meyakini adanya qadha dan qadar Allah swt.
|
2.26 Bersikap optimis, ikhtiar, dan
tawakal sebagai
implementasi beriman kepada qadha dan qadar Allah swt.
|
1.27 Meyakini bahwa agama mewajibkan umatnya untuk
bekerja keras dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari
|
2.27 Berperilaku kerja keras, dan bertanggung
jawab dalam
kehidupan sehari-hari
|
1.28 Meyakini kebenaran ketentuan pelaksanaan
pernikahan berdasarkan syariat Islam
|
2.28 Menunjukkan sikap bersatu
dan
kebersamaan dalam
lingkungan
masyarakat sebagai implementasi ketentuan pernikahan dalam Islam
|
1.29 Meyakini kebenaran ketentuan waris
berdasarkan syariat Islam
|
2.29 Peduli kepada orang lain
sebagai
cerminan pelaksanaan ketentuan waris dalam Islam
|
1.30 Meyakini kebenaran ketentuan dakwah
berdasarkan syariat Islam dalam
memajukan perkembangan Islam di Indonesia
|
2.30 Bersikap moderat dan santun dalam
berdakwah dan
mengembangkan
ajaran Islam
|
1.31 Meyakini kebenaran bahwa dakwah dengan
cara
damai,
Islam diterima oleh
masyarakat
di Indonesia
|
2.31 Menjunjung tinggi kerukunan
dan
kedamaian dalam kehidupan sehari-hari
|
1.32 Meyakini bahwa islam adalah rahmatan lil-
‘alamin yang
dapat memajukan peradaban dunia
|
2.32 Menjunjung tinggi nilai-nilai Islam rahmatanlil-alamin sebagai pemicu
kemajuan peradaban Islam di masa mendatang
|
1.33 Meyakini bahwa kemunduran umat Islam di
dunia, sebagai bukti penyimpangan dari ajaran Islam yang benar
|
2.33 Mewaspadai secara bijaksana terhadap
penyimpangan
ajaran
Islam yang berkembang di masyarakat
|
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian
Pendidikan
Agama Islam dan Budi
Pekerti
pada tingkat teknis, spesifik,
detail dan kompleks berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional dan internasional.
|
4.
Melaksanakan
tugas spesifik, dengan menggunakan alat informasi dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta
menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan lingkup kajian Pendidikan
Agama
Islam dan Budi Pekerti.
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif dan solutif dalam ranah
abstrak, terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak
mahir,
menjadikan gerak alami, dalam ranah kongkrit terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menganalisis QS al-Anfal
(8):72, QS al-Hujurat (49):
10 dan
12
serta
Hadis
tentang kontrol
diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan),
dan persaudaraan (ukhuwah)
|
4.1.1 Membaca QS al-Anfal (8):72,
QS al-Hujurat (49):
10 dan 12, sesuai dengan
kaidah tajwid dan makharijul
huruf
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan
QS
al-Anfal (8:72), QS al- Hujurat
(49): 10 dan 12 dengan fasih dan lancar
4.1.3 Menyajikan keterkaitan antara kualitas
keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan QS al- Anfal (8:72), QS al-Hujurat (49): 10 dan 12, serta Hadis
terkait
|
3.2 Menganalisis QS al-Isra’ (17): 32, dan QS an-Nur
(24): 2, serta Hadis tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina
|
4.2.1 Membaca QS al-Isra’ (17): 32, dan QS an-Nur
(24): 2 sesuai dengan
kaidah tajwid
dan
makharijul huruf
4.2.2 Mendemonstrasikan hafalan
QS
al-Isra’
(17): 32, dan QS an-Nur (24): 2
dengan fasih dan lancar
4.2.3 Menyajikan larangan
pergaulan bebas dan
perbuatan zina dengan berbagai kekejian (fahisyah)
yang ditimbulkannya sesuai
pesan
QS al-Isra’ (17):
32, dan QS an-Nur (24): 2
|
3.3 Menganalisis makna al- Asma’u al-Husna: al- Karim, al-Mu’min,
al- Wakil, al-Matin, al-Jami’,
al-‘Adl, dan al-Akhir
|
4.3 Menyajikan hubungan makna al-Asma’u al-Husna:
al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil,
al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl,
dan
al-Akhir dengan perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, rasa aman,
tawakal
dan perilaku adil
|
3.4 Menganalisis makna beriman kepada
malaikat- malaikat Allah swt.
|
4.4 Mempresentasikan
hubungan makna
beriman kepada malaikat-malaikat
Allah swt dengan perilaku teliti, disiplin, dan waspada
|
3.5 Menerapkan ketentuan berpakaian sesuai
syariat Islam
|
4.5 Mempraktikkan tata cara
berpakaian
sesuai syariat
Islam
|
3.6 Memahami manfaat kejujuran dalam
kehidupan sehari-hari
|
4.6 Melaksanakan perilaku jujur
dalam
kehidupan sehari- hari.
|
3.7 Menganalisis kewajiban menuntut ilmu
untuk membela agama
|
4.7 Menyajikan kewajiban
menuntut ilmu
dengan kewajiban membela agama sesuai perintah QS at- Taubah (9): 122
dan Hadis
|
3.8 Menganalisis kedudukan al-Qur’an, Hadis,
dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam
|
4.8 Menentukan suatu hukum
berdasarkan al-Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai
sumber hukum Islam
|
3.9 Menganalisis
tata cara ibadah haji, zakat, dan wakaf
|
4.9 Menyimulasikan tata cara
ibadah
haji, zakat, dan wakaf
|
3.10 Menganalisis substansi, strategi, dan
penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah
|
4.10 Menyajikan substansi,
strategi,
dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah
|
3.11 Menganalisis strategi, dan keberhasilan
dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah
|
4.11 Mempresentasikan dan
strategi
dengan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah
|
3.12 Menganalisis makna QS al-Maidah (5): 48;
QS an- Nisa (4): 59, dan QS at- Taubah
(9): 105, serta Hadis tentang taat
pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja
|
4.12.1 Membaca QS al-Maidah (5):
48; QS an-Nisa (4):
59, dan QS
at-Taubah (9): 105 sesuai
dengan kaidah tajwid dan makharijulhuruf
4.12.2 Mendemonstrasikan hafalan
QS
al-Maidah (5): 48; QS an-
Nisa (4): 59,
dan QS at- Taubah (9): 105 dengan
fasih dan lancar
4.12.3 Menyajikan perintah berkompetisi dalam
kebaikan
dan kepatuhan
terhadap ketentuan Allah sesuai dengan pesan QS al-Maidah (5): 48; QS an-Nisa (4): 59, dan QS at-Taubah (9):
105
|
3.13 Menganalisis makna QS Yunus (10): 40-41 dan QS al-Maidah (5): 32, serta
Hadis tentang toleransi, rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
|
4.13.1
Membaca
QS Yunus (10): 40-
41 dan
QS al-Maidah
(5): 32
sesuai
dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.13.2
Mendemonstrasikan
hafalan
QS Yunus (10):
40-41 dan QS al-Maidah (5): 32
dengan fasih dan lancar
4.13.3 Mempresentasikan
perintah toleransi dan kerukunan
sesuai pesan QS
Yunus (10):
40-41
dan menghindari tindak kekerasan sesuai pesan
QS
Al-Maidah (5):
32
|
3.14 Menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah swt.
|
4.14 Mempresentasikan keterkaitan
antara beriman
kepada kitab- kitab suci Allah swt
dengan perilaku sehari-hari
|
3.15 Menganalisis makna iman kepada rasul-rasul Allah swt.
|
4.15 Menyajikan hubungan antara iman kepada
rasul-rasul Allah
swt dengan
keteguhan dalam bertauhid, toleransi, ketaatan, dan kecintaan kepada Allah
|
3.16 Menganalisis makna syaja’ah (berani membela
kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran
|
4.16 Menyajikan makna syaja’ah
(berani
membela kebenaran)
dan upaya
mewujudkan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari
|
3.17 Menganalisis perilaku hormat dan patuh
kepada orangtua dan guru
|
4.17 Menyajikan ketauhidan dalam beribadah
serta hormat dan
patuh kepada
orangtua dan guru sesuai dengan QS al-Isra’ (17): 23 dan Hadis terkait
|
3.18 Mengevaluasi tata cara perawatan jenazah
|
4.18 Menyimulasikan tata cara perawatan jenazah
|
3.19 Menganalisis pelaksanaan khutbah, tablig,
dan dakwah
|
4.19 Menyimulasikan tata cara
khutbah,
tablig, dan dakwah
|
3.20 Menganalisis prinsip- prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam
|
4.20 Menentukan kegiatan usaha sesuai dengan
prinsip-prinsip
dan praktik
ekonomi dalam
Islam
|
3.21 Menganalisis perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan (Masa Khulafaur Rasyidin
–
Bani Umayyah)
|
4.21 Menyajikan perkembangan peradaban Islam dan
faktor- faktor yang mempengaruhinya
pada masa
kejayaan (Khulafaur Rasyidin – Bani
Umayyah)
|
3.22 Menganalisis perkembangan Islam
pada masa modern (1800- sekarang)
|
4.22.1 Menyajikan perkembangan peradaban Islam pada
masa
modern (1800-sekarang)
4.22.2
Menyajikan
prinsip-prinsip
pembaharuan
yang sesuai dengan perkembangan peradaban Islam
pada masa modern
|
3.23 Mengevaluasi makna QS
Ali Imran (3): 190-191, dan
QS
Ali Imran (3): 159, serta Hadis tentang
berpikir
kritis dan bersikap demokratis
|
4.23.1
Membaca
QS Ali Imran
(3):
190-191,
dan QS Ali Imran
(3): 159,; sesuai dengan
kaidah
tajwid dan makharijul- huruf
4.23.2
Mendemonstrasikan
hafalan
QS Ali Imran (3): 190-191, dan QS Ali Imran (3): 159, dengan lancer
4.23.3 Menyajikan sikap kritis dan
ciri orang-orang berakal (ulil
albab) sesuai pesan QS Ali Imran (3): 190-191
4.23.4 Mempresentasikan demokrasi dan sikap tidak memaksakan
kehendak sesuai pesan QS Ali
Imran (3): 159
|
3.24 Mengevaluasi makna QS Luqman (31): 13-14 dan QS al-Baqarah (2): 83, serta Hadis tentang kewajibanberibadah
dan bersyukur kepada Allah sertaberbuat baik
kepada sesama manusia
|
4.24.1
Membaca
QS Luqman (31):
13-
14
dan QS al-Baqarah (2): 83
sesuai
dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.24.2
Mendemonstrasikan
hafalan
QS
Luqman (31): 13-14 dan QS
al-Baqarah (2): 83 dengan lancar
4.24.3 Mempresentasikan kewajiban beribadah dan
bersyukur kepada Allah serta berbuat baik terhadap sesama manusia sesuai
pesan QS
Luqman (31):
13-14 dan QS al- Baqarah (2): 83
|
3.25 Mengevaluasi makna iman kepada hari akhir
|
4.25 Menyajikan perilaku jujur, bertanggung
jawab, dan adil sebagai perwujudan iman
kepada
hari akhir
|
3.26 Mengevaluasi makna iman kepada qadha dan
qadar
|
4.26 Mempresentasikan makna
sikap optimis,
ikhtiar, dan tawakkal sebagai perwujudan iman kepada qadha dan qadar Allah
swt.
|
3.27 Mengevaluasi perilaku bekerja keras dan
bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari
yang berkembang di masyarakat
|
4.27 Menyajikan perilaku bekerja
keras, jujur,
bertanggung jawab, adil, dan toleransi dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat sebagai
wujud keimanan
|
3.28 Mengevaluasi ketentuan pernikahan dalam Islam
|
4.28 Menyajikan prosesi pernikahan dalam Islam
|
3.29 Mengevaluasi ketentuan waris dalam Islam
|
4.29 Menggunakan ketentuan pembagian waris Islam
dalam
kehidupan
|
3.30 Mengevaluasi strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
|
4.30 Menyajikan prinsip-prinsip
strategi dakwah
dan perkembangan Islam di Indonesia
|
3.31 Mengevaluasi sejarah perkembangan Islam
di Indonesia
|
4.31 Menyajikan nilai-nilai keteladanan tokoh-tokoh
dalam sejarah
perkembangan
Islam di Indonesia
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar