KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

Bidang
Keahlian : Semua Bidang Keahlian
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Katolik dan Budi Pekerti

Tujuan kurikulum mencakup empat
aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial,
(3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler,
kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran
berlangsung, dan dapat digunakan
sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih
lanjut.
KOMPETENSI INTI 1
(SIKAP SPIRITUAL)
|
KOMPETENSI INTI 2
(SIKAP SOSIAL)
|
1. Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif,
dan
proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan,
pembiasaan, dan
pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan
dunia.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.1 Bersyukur kepada Allah
atas keberadaan
dirinya sebagai citra Allah dengan
segala kemampuan
dan keterbatasannya
|
2.1 Bertanggungjawab dalam menerima diri
sebagai citra
Allah
dengan segala kemampuan dan keterbatasannya
|
1.2 Bersyukur kepada Allah yang
menciptakan dirinya sebagai
perempuan atau laki-laki yang saling melengkapi dan sederajat
|
2.2 Santun
sebagai perempuan atau laki-laki yang saling melengkapi dan sederajat
|
1.3 Bersyukur atas peran
dan fungsi suara hati untuk bertindak secara benar dan
tepat sehingga
dapat berelasi dengan
sesamanya
|
2.3 Bersikap santun menurut peran dan
fungsi suara hati untuk bertindak
secara benar dan
tepat
sehingga dapat berelasi
dengan
sesamanya
|
1.4 Bertanggung jawab terhadap
perkembangan mass media,
ideologi dan gaya hidup
|
2.4 Bersikap kritis terhadap pengaruh
massmedia, ideologi dan gaya hidup
yang berkembang
|
1.5 Beriman kepada Allah
melalui Kitab Suci dan Tradisi sebagai
dasar iman kristiani
|
2.5 Responsif dan proaktif dalam mengembangkan pemahaman tentang
Kitab Suci dan Tradisi sebagai
dasar iman kristiani
|
1.6 Percaya kepada Yesus Kristus yang
datang untuk mewartakan
dan memperjuangkan Kerajaan
Allah
|
2.6 Bertanggung jawab untuk ikut mewartakan dan memperjuangkan
Kerajaan Allah seturut teladan Yesus Kristus
|
1.7 Percaya pada pribadi
Yesus Kristus yang rela menderita, sengsara, wafat,dan bangkit demi
kebahagiaan manusia
|
2.7 Peduli terhadap orang lain seperti
pribadi Yesus Kristus yang rela menderita, sengsara, wafat,dan bangkit demi kebahagiaan manusia
|
1.8 Bersyukur atas pribadi Yesus Kristus sebagai sahabat sejati, tokoh idola, dan Juru Selamat
|
2.8 Responsif dan proaktif menerima pribadi Yesus Kristus sebagai sahabat
sejati,tokoh idola,dan Juru Selamat
|
1.9 Percaya pada Allah Tritunggal sebagai kebenaran iman
Kristiani
|
2.9 Bertanggung jawab mengembangkan hidup
sesuai iman akan Allah Tritunggal
|
1.10 Percaya
pada peran Roh Kudus yang melahirkan, membimbing,
dan menghidupi
Gereja
|
2.10 Peduli terhadap pelbagai masalah
kehidupan Gereja yang dilahirkan, dibimbing, dan dihidupi Roh Kudus
|
1.11
Mengagumi Gereja sebagai
umat Allah dan persekutuan yang terbuka
|
2.11 Menyadari Gereja sebagai umat Allah dan persekutuan yang terbuka
|
1.12 Mengakui sifat-sifat Gereja
sebagai dasar panggilan untuk
merasul dan memperjuangkan
|
2.12 Peduli pada sifat-sifat
Gereja sebagai dasar panggilan untuk merasul dan memperjuangkan
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
nilai-nilai Kerajaan
Allah
|
nilai-
nilai Kerajaan Allah
|
1.13
Bersyukur atas fungsi dan peranan hierarki serta awam dalam Gereja
|
2.13 Bertanggungjawab pada fungsi dan peranan
hierarki serta awam dalam Gereja
|
1.14
Mengakui tugas pokok Gereja sesuai kedudukan
dan peranannya sebagai murid Yesus Kristus
|
2.14 Bertanggungjawab atas tugas pokok Gereja sesuai dengan
kedudukan dan peranannya sebagai murid Yesus Kristus
|
1.15
Bersyukur atas hubungan Gereja dengan dunia sehingga dapat terlibat dalam kegem-
biraan dan keprihatinan dunia
|
2.15 Bekerjasama mengembangkan keterlibatan
Gereja dalam kegembiraan dan keprihatinan dunia
|
1.16
Bersyukur atas adanya hak asasi
Manusia, sebagai dasar
panggilan untuk ikut serta menegakkan hak- hak asasi manusia
|
2.16 Peduli terhadap berbagai permasalahan
hak asasi manusia
|
1.17
Beriman pada Allah sebagai pemberi hidup
|
2.17 menunjukkan sikap bersyukur dalam hidup sebagai anugerah Allah
|
1.18
Bersyukur atas panggilan hidupnya sebagai umat Allah (Gereja) dengan menentukan langkah yang tepat dalam menjawab panggilan hidup tersebut
|
2.18 Bertanggungjawab atas panggilan hidupnya
sebagai umat Allah (Gereja) dengan
menentukan langkah yang tepat dalam menjawab panggilan hidup tersebut
|
1.19
Beriman kepada Yesus Kristus yang mengajarkan
nilai –nilai kehidupan
|
2.19 Bekerjasama untuk memperjuangkan
nilai-nilai kehidupan seperti yang diajarkan oleh Yesus Kristus
|
1.20
Bersyukur atas kemajemukan
bangsa Indonesia
sebagai anugerah Allah
|
2.20 Cinta damai di tengah kemajemukan bangsa Indonesia
|
1.21
Bersyukur atas adanya semangat dialog dan
kerjasama dengan umat
beragama lain
|
2.21 Proaktif dan responsif untuk berdialog
serta bekerjasama dengan umat beragama lain
|
1.22
Bersyukur atas keterlibatan aktif umat Katolik dalam membangun bangsa dan negara Indonesia
|
2.22 Bertanggungjawab sebagai umat Katolik
yangterlibat aktif membangun bangsa dan negara Indonesia
|
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup
kajian Pendidikan
Agama
Katolik
dan
Budi Pekerti pada tingkat teknis, spesifik, detail dan kompleks berkenaan dengan ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional dan internasional.
|
4.
Melaksanakan
tugas spesifik, dengan menggunakan alat informasi dan prosedur kerja yang
lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah
sederhana
sesuai dengan lingkup
kajian Pendidikan
Agama Katolik dan Budi Pekerti.
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif dan solutif dalam ranah
abstrak, terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru,
membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, dalam ranah kongkrit terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menganalisis diri
sebagai citra Allah yang memiliki kemampuan
dan keterbatasan
|
4.1
Menunjukkan diri sebagai
citra Allah yang
memiliki kemampuan
dan keterbatasan
|
3.2 Menganalisis jati diri
sebagai perempuan atau
laki-laki yang
saling melengkapi
|
4.2 Menyajikan jati diri sebagai
perempuan atau laki-laki
yang saling melengkapi
|
3.3
Menjabarkan peran dan fungsi
suara hati sehingga dapat berelasi dengan sesamanya
|
4.3
Mengamalkan peran dan fungsi suara hati sehingga dapat berelasi dengan sesamanya
|
3.4
Menganalisis pengaruh
massmedia, ideologi
dalam gaya
hidup yang berkembang
|
4.4
Menyajikan pengaruh massmedia, ideologi dalam
gaya hidup yang berkembang
|
3.5
Menguraikan Kitab Suci
dan Tradisi sebagai dasar iman
kristiani
|
4.5
Menyajikan Kitab Suci dan
Tradisi sebagai dasar iman kristiani
|
3.6
Mengemukakan Yesus Kristus yang
datang untuk mewartakan dan memperjuangkan Kerajaan
Allah
|
4.6 Menyadari Kristus yang datang
untuk mewartakan dan
memperjuangkan Kerajaan Allah
|
3.7
Menganalisis makna sengsara,
wafat, kebangkitan dan kenaikan
Yesus Kristus demi
kebahagiaan manusia
|
4.7
Mempraktikkan tindakan Yesus
Kristus yang rela menderita, sengsara, wafat, dan bangkit demi kebahagiaan manusia
|
3.8
Mengemukakan pribadi Yesus
Kristus sebagai sahabat sejati, tokoh
idola, dan Juru Selamat
|
4.8
Mengamalkan pribadi Yesus Kristus sebagai sahabat sejati,
tokoh idola, dan Juru Selamat
|
3.9 Menguraikan Allah Tritunggal sebagai kebenaran iman Kristiani
|
4.9 Merefleksikan Allah Tritunggal
sebagai kebenaran iman Kristiani
|
3.10
Menerapkan peran Roh Kudus
yang membimbing, dan menghidupi Gereja
|
4.10
Melaksanakan peran Roh Kudus
yang membimbing, dan
menghidupi Gereja
|
3.11
Menguraikan Gereja sebagai umat Allah dan
persekutuan yang terbuka
|
4.11
Mempresentasikan tentang
Gereja sebagai umat Allah dan
persekutuan yang terbuka
|
3.12
Menerapkan sifat-sifat Gereja sebagai dasar
panggilan untuk
merasul dan memperjuangkan nilai-nilai Kerajaan Allah
|
4.12
Melaksanakan sifat- sifat
Gereja sebagai dasar panggilan untuk
merasul dan memperjuangkan
nilai-nilai Kerajaan Allah
|
3.13
Menyelidiki fungsi dan peranan hierarki serta kaum awam dalam Gereja Katolik
|
4.13
Menyajikan fungsi dan peranan Hierarki serta kaum awam
dalam Gereja Katolik
|
3.14
Menganalisis tugas pokok Gereja
sesuai dengan
kedudukan dan peranannya sebagai murid
Yesus
Kristus
|
4.14
Mempraktikkan tugas pokok
Gereja sesuai dengan
kedudukan dan peranannya
sebagai murid Yesus Kristus
|
3.15 Menganalisis hubungan Gereja
dengan dunia agar dapat terlibat
|
4.15 Merangkum hubungan Gereja
dengan dunia agar dapat
terlibat
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
dalam
kegembiraan dan
keprihatinan dunia
|
dalam
kegembiraan dan
keprihatinan
dunia
|
3.16
Menganalisis hak asasi
Manusia, sebagai dasar
panggilan untuk
menegakkan hak asasi
manusia
|
4.16 Melaksanakan perjuangan Gereja dalam menegakkan hak asasi manusia
|
3.17
Menganalisis makna dan hakikat bersyukur atas hidup sebagai anugerah Allah
|
4.17
Merefleksikan makna dan hakikat bersyukur atas hidup sebagai anugerah Allah
|
3.18
Mengevaluasi panggilan hidup
sebagai umat Allah dengan menentukan langkah yang tepat
dalam menjawab
|
4.18
Mempresentasikan hidup
sebagai umat Allah dengan
menentukan langkah yang tepat dalam menjawab
|
3.19
Menerapkan nilai-nilai kehidupan sesuai dengan ajaran Yesus Kristus
|
4.19
Merefleksikan nilai-nilai
kehidupan sesuai dengan ajaran Yesus Kristus
|
3.20
Menerapkan kemajemukan budaya bangsa Indonesia sebagai anugerah Allah
|
4.20
Mengamalkan kemajemukan budaya bangsa Indonesia
sebagai anugerah Allah
|
3.21
Mengevaluasi makna berdialog
serta bekerjasama dengan
umat beragama Lain
|
4.21
Mempresentasikan dialog serta
kerjasama dengan umat
beragama Lain
|
3.22
Menganalisis makna keterlibatan aktif umat katolik
dalam membangun
bangsa dan Negara Indonesia
|
4.22 Membangun keterlibatan aktif
umat Katolik dalam membangun
bangsa dan Negara Indonesia
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar