KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Muatan : Nasional
Bidang
Keahlian : Semua Bidang Keahlian
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Konghucu dan Budi Pekerti
Jam Pelajaran : 318 JP (@ 45 Menit)
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu
(1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial,
(3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui
proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran
berlangsung, dan dapat digunakan
sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 1
(SIKAP SPIRITUAL)
|
KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP
SOSIAL)
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran,
damai), bertanggung-jawab, responsif,
dan
proaktif melalui keteladanan,
pemberian nasihat, penguatan,
pembiasaan, dan
pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam
pergaulan
dunia.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.1 Menghayati kebesaran dan kekuasaan Tian atas hidup dan kehidupan di dunia
|
2.1 Menerima kebesaran dan kekuasaan Tian atas hidup dan kehidupan di dunia
|
1.2 Menghayati hakikat dan sifat dasar
manusia
|
2.2 Meyakini hakikat dan sifat dasar
manusia
|
1.3 Mengamalkan ibadah kepada
Tian, Di, Ren
|
2.3 Mengamalkan perilaku disiplin dalam
menjalankan ibadah kepada Tian, Di,
Ren
|
1.4 Menghayati makna persembahyangan kepada
Tian
|
2.4 Mengamalkan perilaku disiplin dan melakukan sujud dalam
bersembahyang kepada Tian
|
1.5 Mensyukuri karya dan nilai keteladanan
para nabi dan raja suci
|
2.5 Menghargai karya dan nilai keteladanan
para nabi dan raja suci
|
1.6 Mensyukuri keberadaan dan perkembangan
agama Khonghucu di Indonesia
sebagai karunia Tian
|
2.6 Menerima keberadaan agama Khonghucu dan
perkembangannya di Indonesia sebagai
karunia Tian
|
1.7 Mensyukuri keberadaan tempat dan rumah
ibadah umat Khonghucu
|
2.7 Menghargai keberadaan tempat dan rumah
ibadah umat Khonghucu
|
1.8 Menghayati makna perbedaan, kerukunan,
hidup toleran dan harmonis
|
2.8 Menerima adanya perbedaan sebagai suatu
keniscayaan dalam menjalin kerukunan, hidup toleran dan harmonis
|
1.9 Menghayati Zhongshu (Satya dan Tepasalira) sebagai dasar
ajaran Khonghucu
|
2.9 Menerima Zhongshu (Satya dan Tepasalira)
sebagai dasar ajaran Khonghucu
|
1.10 Menghayati pembinaan diri sebagai
kewajiban pokok bagi setiap manusia
|
2.10 Menerima pembinaan diri sebagai
kewajiban pokok bagi setiap manusia
|
1.11 Meyakini Xiao (perilaku bakti)
sebagai pokok
kebajikan
|
2.11 Menerima Xiao (perilaku Bakti)
sebagai pokok
kebajikan
|
1.12 Mengimani Nabi Kongzi sebagai Genta
Rohani Tian (Tianzhi
Muduo)
|
2.12 Menerima Nabi Kongzi sebagai Genta
Rohani Tian (Tianzhi
Muduo)
|
1.13 Menghayati prinsip-prinsip moral yang diajarkan oleh Mengzi
|
2.13 Menerima prinsip-prinsip moral yang diajarkan oleh Mengzi
|
1.14 Menghayati upacara persembahyangan kepada para suci (Shenming)
|
2.14 Menghargai upacara sembahyang kepada para suci (Shenming)
|
1.15 Menghayati makna Cinta kasih (Ren) sebagai hakikat dan kodrat
kemanusiaan
|
2.15 Meyakini makna Cinta kasih (Ren) sebagai hakikat dan kodrat
kemanusiaan
|
1.16 Menghayati makna kebenaran
(Yi) sebagai jalan bagi manusia
|
2.16 Meyakini makna kebenaran (Yi)
sebagai jalan
bagi manusia
|
1.17 Menghayati makna kesusilaan (Li) sebagai potensi bagi manusia
|
2.17 Meyakini makna kesusilaan (Li)
sebagai potensi
bagi manusia
|
1.18 Menghayati makna kebijaksanaan (Zhi) sebagai proses berfikir manusia
|
2.18 Meyakini makna kebijaksanaan (Zhi) sebagai proses berfikir manusia
|
1.19 Menghayati pentingnya pendidikan dan
belajar bagi manusia dalam rangka menggenapi kodrat suci kemanusiaannya
|
2.19 Mengamalkan perilaku disiplin untuk
belajar dalam rangka menggenapi kodrat suci kemanusiaannya
|
1.20 Menghayati sikap dan perilaku sebagai
insan berbudi luhur (Junzi)
|
2.20 Mengamalkan sikap dan perilaku sebagai
insan berbudi luhur (Junzi)
|
1.21 Menghayati sikap hidup sesuai dengan Tengah Sempurna(Zhongyong)
|
2.21 Menerima sikap hidup sesuai dengan Tengah Sempurna(Zhongyong)
|
1.22 Menyakini kitab suci yang pokok (Sishu)
dan kitab suci yang mendasari (Wujing) sebagai pedoman hidup
|
2.22 Menghayati kitab suci yang pokok (Sishu) dan kitab suci yang mendasari (Wujing)
sebagai pedoman hidup
|
1.23 Menghayati makna Tahun Baru Kongzili (Xinnian) sebagai
hari raya agama Khonghucu
|
2.23 Menerima makna Tahun Baru Kongzili (Xinnian)
sebagai hari raya agama Khonghucu
|
1.24 Meyakini konsep Yin Yang sebagai Jalan Suci Tian (Tian
Dao)
|
2.24 Menghayati konsep Yin Yang sebagai Jalan Suci Tian (Tian
Dao)
|
1.25 Menghayati ajaran Nabi Kongzi tentang
Jalan Suci Manusia (Ren Dao)
|
2.25 Meyakini ajaran Nabi Kongzi tentang
Jalan Suci Manusia (Ren Dao)
|
1.26 Menghayati ajaran Nabi
Kongzi tentang Jalan Suci Bumi (Di
Dao)
|
2.26 Meyakini ajaran Nabi Kongzi tentang
Jalan Suci Bumi (Di
Dao)
|
1.27 Menghayati konsep Sancai
(Tian, Di,
Ren)
|
2.27 Meyakini konsep Sancai (Tian,
Di, Ren)
|
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Pendidikan Agama Konghucu
dan
Budi Pekerti pada tingkat teknis, spesifik, detail dan kompleks berkenaan dengan
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional dan internasional.
|
4. Melaksanakan tugas spesifik, dengan
menggunakan alat informasi dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta
menyelesaikan masalah
sederhana
sesuai dengan lingkup
kajian Pendidikan
Agama
Konghucu dan
Budi Pekerti.
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri,
kolaboratif, komunikatif dan solutif dalam ranah abstrak, terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir,
menjadikan gerak alami, dalam ranah
kongkrit terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Memahami kebesaran dan keahakuasaan Tian atas
hidup dan kehidupan di dunia
|
4.1 Menceritakan pengalaman spiritual
terkait kebesaran dan kemahakuasaan Tian
|
3.2 Memahami hakikat dan sifat dasar (Watak
Sejati) manusia
|
4.2 Menunjukkan hakikat dan sifat dasar
(Watak Sejati) manusia
|
3.3 Menerapkan ibadah kepada
Tian, Di, Ren
|
4.3 Melaksanakan ibadah kepada
Tian, Di, Ren
|
3.4 Menganalisis makna persembahyangan
kepada Tian
|
4.4 Mengaktualisasikan persembahyangan
kepada Tian
|
3.5 Menganalisis karya dan nilai
keteladanan para nabi dan raja suci
|
4.5 Mengembangkan karya dan nilai
keteladanan para nabi dan raja suci
|
3.6 Memahami sejarah masuknya,
perkembangan, keberadaan agama Khonghucu di Indonesia
|
4.6 Menunjukkan sejarah masuknya,
perkembangan, keberadaan agama Khonghucu di Indonesia
|
3.7 Memahami tempat ibadah umat
Khonghucu
|
4.7 Menunjukkan tempat ibadah umat Khonghucu
|
3.8 Menerapkan kerukunan, hidup toleran dan
harmonis dalam lingkungan
masyarakat
|
4.8 Melaksanakan kerukunan, hidup toleran dan harmonis dalam
lingkungan masyarakat
|
3.9 Memahami makna Zhongshu
(Satya
dan Tepasalira)
|
4.9 Menunjukkan sikap dan perilaku sesuai
dengan Zhongshu (Satya dan Tepasalira)
|
3.10 Menerapkan pembinaan diri sebagai
kewajiban pokok bagi setiap manusia
|
4.10 Melaksanakan pembinaan diri sebagai
kewajiban pokok bagi setiap manusia
|
3.11 Memahami makna Xiao (perilaku bakti)
sebagai pokok kebajikan
|
4.11 Menunjukkan makna Xiao (perilaku bakti) sebagai pokok kebajikan
|
3.12 Menerapkansikap sikap teladan Nabi
Kongzi sebagai Genta Rohani Tian (Tianzhi
Muduo)
|
4.12 Melaksanakan sikap teladan Nabi Kongzi
sebagai Genta Rohani Tian (Tianzhi
Muduo)
|
3.13 Menganalisis prinsip moral yang diajarkan oleh Mengzi
|
4.13 Mengembangkanprinsip moral yang diajarkan oleh Mengzi
|
3.14 Menerapkan upacara persembahyangan
kepada para suci (Shenming)
|
4.14 Mempraktikkan upacara persembahyangan
kepada para suci (Shenming)
|
3.15 Menerapkan makna Cinta kasih (Ren) sebagai hakikat kemanusiaan
|
4.15 Mempraktikkan perilaku yang
berlandaskan Cinta kasih (Ren) sebagai hakikat kemanusiaan
|
3.16 Menganalisis makna kebenaran (Yi) sebagai jalan bagi manusia
|
4.16 Mengintegrasikan makna kebenaran (Yi) sebagai jalan bagi manusia
|
3.17 Memhami makna kesusilaan
|
4.17 Menunjukkan perilaku yang
|
(Li) sebagai potensi bagi
manusia
|
berlandaskan
kesusilaan
|
3.18 Menerapkan Kebijaksanaan
(Zhi) sebagai
potensi
|
4.18 Melakukan perilaku yang berlandaskan
kebijaksanaan
|
3.19 Memahami pentingnya pendidikan dan
belajar sepanjang hayat dalam menggenapi kodrat suci kemanusiaan
|
4.19 Menerapkan cara belajar sepanjang hayat
dalam menggenapi kondrat suci kemanusiaan
|
3.20 Memahami sikap dan karakter seorang yang berbudi luhur (Junzi)
|
4.20 Menunjukkan sikap dan karakter seorang yang berbudi luhur (Junzi) dalam keseharian
|
3.21 Menerapkan sikap hidup sesuai dengan Tengah
Sempurna (Zhongyong)
|
4.21 Melaksanakan sikap hidup
sesuai
dengan Tengah Sempurna
(Zhongyong)
|
3.22 Menganalisis bagian dan isi dari masing-masing kitab yang pokok (Sishu)
dan kitab yang mendasari (Wujing)
|
4.22 Mengintegrasikan pemahaman tentang
makna ayat suci yang terdapat dalam kitab Sishu dan
Wujing
|
3.23 Mengevaluasi tradisi dan budaya yang
biasa dilakukan oleh umat Khonghucu dalam merayakan Tahun Baru Kongzili (Xinnian)
|
4.23 Mengelola tradisi dan budaya yang biasa
dilakukan oleh umat Khonghucu dalam merayakan Tahun Baru Kongzili (Xinnian)
|
3.24 Menganalisis unsur Yin
Yang
sebagai Jalan Suci Tian (Tian Dao)
|
4.24 Melaksanakan unsur Yin
Yang
sebagai Jalan Suci Tian (Tian Dao)
|
3.25 Menerapkan ajaran Nabi Kongzi tentang
Jalan Suci Manusia (Ren Dao)
|
4.25 Melaksanakan ajaran Nabi Kongzi tentang
Jalan Suci Manusia (Ren Dao)
|
3.26 Mengevaluasi ajaran Nabi Kongzi tentang
Jalan Suci Bumi (Di Dao)
|
4.26 Mengintegrasikan ajaran Nabi Kongzi tentang Jalan Suci Bumi (Di Dao)
|
3.27 Menganalisis konsep Sancai
(Tian,
Di, Ren)
|
4.27 Mengembangkan konsep Sancai
(Tian,
Di, Ren)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar