KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Muatan : Nasional
Bidang
Keahlian : Semua Bidang Keahlian
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Hindu
dan Budi Pekerti
Jam Pelajaran : 318 JP (@ 45 Menit)
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu
(1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial,
(3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui
proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran
berlangsung, dan dapat digunakan
sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 1
(SIKAP SPIRITUAL)
|
KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP
SOSIAL)
|
1. Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif,
dan
proaktif melalui keteladanan,
pemberian nasihat, penguatan,
pembiasaan, dan
pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam
pergaulan
dunia.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.1 Mengamalkan nilai-nilai Yajna yang terkandung dalam kitab Ramayana
|
2.1 Menunjukkan perilaku jujur,peduli dalam
kehidupan sesuai dengan nilai-nilai
Yajna yang terkandung dalam kitab Ramayana
|
1.2 Mengamalkan ajaran Upaweda sebagai
tuntunan hidup
|
2.2 Mengamalkan ajaran Upaweda sebagai
tuntunan hidup
|
1.3 Menghayati hakikat Wariga dalam
kehidupan
|
2.3 Mengamalkan Wariga dalam kehidupan
sehari-hari
|
1.4 Mengamalkan ajaran Dharsana dalam Agama
Hindu
|
2.4 Mengamalkan kebenaran yang tertuang
dalam ajaran Dharsana
|
1.5 Memahami pengetahuan konseptual tentang
ajaran Catur Asrama
|
2.5 Mengamalkan ajaran Catur
Asrama dalam
tatanan hidup
|
1.6 Menghayati ajaran Catur Warna dalam
susastra Hindu
|
2.6 Mengamalkan pola hidup sesuai dengan tingkatan dan ranah yang diamanatkan
Catur Warna
|
1.7 Mengamalkan perilaku gotong royong dan
kerjasama,serta berinteraksi secara efektif dengan menjalankan ajaran Catur
Warna sesuai sastra Hindu
|
2.7 Menjalankan pola hidup gotong royong
dan kerjasama serta berinteraksi secara efektif sesuai dengan tatanan ajaran
Catur Warna
|
1.8 Memahami ajaran Yoga menurut
Susastra
Hindu
|
2.8 Memperagakan perilaku ajaran
Yoga
menurut susastra Hindu
|
1.9 Memahami ajaran Yajna sesuai dengan
ajaran Mahabharata
|
2.9 Menyajikan perilaku ajaran
Yajna dalam
kehidupan
|
1.10 Memahami ajaran Catur Marga sebagai
jalan berhubungan dengan Sang Hyang Widhi
|
2.10 Mengamalkan perilaku Catur Marga sebagai
jalan berhubungan dengan Sang Hyang Widhi
|
1.11 Memahami ajaran Wibhuti
Marga
dalam kehidupan
|
2.11 Mengamalkan perilaku ajaran Wibhuti Marga dalam kehidupan
|
1.12 Memahami kitab Manawa Dharma Sastra
sebagai kitab hukum Hindu
|
2.12 Mengamalkan kitab Manawa Dharma Sastra
sebagai kitab hukum Hindu
|
1.13 Memahami nilai-nilai ajaran Nwrtti dan Prawrtti Marga dalam kehidupan
|
2.13 Mengamalkan perilaku ajaran Nwrtti dan
Prawrtti Marga dalam kehidupan
|
1.14 Memahami nilai-nilai ajaran Catur Purusha Arta dalam kehidupan
|
2.14 Mengamalkan nilai-nilai ajaran Catur Purusha Artha dalam kehidupan
|
1.15 Memahami perilaku bertanggung-jawab, peduli, santun dan cinta damai untuk
|
2.15 Mengamalkan perilaku bertanggung-jawab, peduli, santun dan cinta damai untuk
|
menciptakan
keluarga yang
rukun,bahagia
dan sejahtera sesuai ajaran Wiwaha
|
menciptakan
keluarga yang
rukun,bahagia
dan sejahtera sesuai ajaran Wiwaha
|
1.16 Menghayati ajaran
Moksa dalam susastra Weda
|
2.16 Mengamalkan ajaran Moksa dalam susastra Weda
|
1.17 Menghayati hukum Hindu yang tertuang dalam Susastra Weda
|
2.17 Mengamalkan sumber hukum Hindu yang tertuang dalam susastra
weda
|
1.18 Menghayati perkembangan kebudayaan
Prasejarah dan Sejarah agama Hindu
|
2.18 Mengamalkan perkembangan kebudayaan
Prasejarah dan Sejarah agama Hindu
|
1.19 Mengamalkan ajaran Yantra,Tantra dan Mantra dalam konsep Weda
|
2.19 Mengamalkan ajaran Yantra,Tantra dan Mantra dalam kehidupan nyata
|
1.20 Menghayati ajaran Nawa Widha
Bhakti
|
2.20 Mengamalkan ajaran Nawa Widha Bakti
sebagai ajaran sikap hidup positif dalam kehidupan
|
1.21 Menghayati ajaran Tri Purusha
|
2.21 2.21
Mengamalkan ajaran Tri Purusha sebagai manifestasi Sang
Hyang Widhi
|
1.22 Mengamalkan sikap disiplin dan perduli
dan bertanggung jawab sesuai dengan ajaran Dasa Yama Bratha
|
2.22 Mengamalkan ajaran Dasa Yama Bratha
dalam kehidupan sehari-hari
|
1.23 Menghayati konsep ajaran yang tertuang
Dasa Nyama Bratha
|
2.23 Mengamalkan ajaran Dasa Nyama Bratha
dalam kehidupan sehari-hari
|
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup
kajian Pendidikan
Agama
Hindu
dan
Budi Pekerti pada tingkat teknis, spesifik, detail dan kompleks berkenaan dengan
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional dan internasional.
|
4.
Melaksanakan
tugas spesifik, dengan menggunakan alat informasi dan prosedur kerja yang
lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah
sederhana
sesuai dengan lingkup kajian Pendidikan Agama Hindu
dan
Budi Pekerti.
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif dan solutif dalam ranah
abstrak, terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru,
membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, dalam ranah kongkrit terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Memahami hakikat dan nilai- nilai Yajna yang terkandung dalam
kitab Ramayana
|
4.1 Menyajikan pelaksanaan yadnya menurut
kitab Ramayana dalam kehidupan
|
3.2 Menerapkan ajaran upaweda sebagai
tuntunan hidup
|
4.2 Melaksanakan ajaran upaweda sebagai tuntunan hidup
|
3.3 Menerapkan hakekat ajaran
Wariga dalam
kehidupan
|
4.3 Melaksanakan hakekat ajaran wariga dalam kehidupan
|
3.4 Menganalisis ajaran Dharsana dalam
agama Hindu
|
4.4 Menyajikan ajaran Dharsana dalam agama Hindu
|
3.5 Memahami ajaran Catur Asrama
|
4.5 Menyajikan ajaran Catur Asrama
|
3.6 Memahami ajaran Catur Warna dalam
susastra Hindu
|
4.6 Menyajikan ajaran Catur Warna dalam susastra Hindu
|
3.7 Menerapkan perilaku gotong royong dan
kerjasama,serta berinteraksi secara efektif dengan menjalankan ajaran Catur
Warna sesuai sastra Hindu
|
4.7 Memraktikan perilaku gotong royong dan
kerjasama,serta berinteraksi secara efektif dengan menjalankan ajaran Catur
Warna sesuai sastra Hindu
|
3.8 Memahami ajaran Yoga menurut
Susastra
Hindu
|
4.8 Memeragakan sikap Yoga dalam kehidupan
sehari-hari
|
3.9 Memahami ajaran Yajna yang terkandung
dalam Mahabarata
|
4.9 Menyajikan pelaksanaan Yajna menurut
Mahabarata dalam kehidupan
|
3.10 Menerapkan ajaran Catur Marga sebagai
jalan berhubungan dengan Sang Hyang Widhi
|
4.10 Melaksanakan ajaran Catur Marga sebagai
jalan berhubungan dengan Sang Hyang Widhi
|
3.11 Memahami ajaran Wibhuti
Marga
dalam kehidupan
|
4.11 Menyajikan ajaran Wibhuti
Marga
dalam kehidupan
|
3.12 Memahami kitab Manawa Dharma Sastra sebagai kitab hukum Hindu
|
4.12 Menyajikan kitab Manawa Dharma Sastra sebagai kitab hukum
Hindu
|
3.13 Memahami nilai-nilai ajaran Nwrtti dan Prawrtti Marga dalam kehidupan
|
4.13 Menalar nilai-nilai ajaran Nwrtti dan
Prawrtti Marga dalam kehidupan
|
3.14 Memahami hakekat ajaran Catur Purusha
dalam kehidupan sehari-hari
|
4.14 Menalar ajaran Catur Purusha dalam kehidupan
sehari-hari
|
3.15 Memahami perilaku bertanggung-jawab,
peduli, santun dan cinta damai untuk menciptakan keluarga yang rukun,bahagia
dan sejahtera sesuai ajaran Wiwaha
|
4.15 Menyajikan perilaku bertanggung-jawab,
peduli, santun dan cinta damai untuk menciptakan keluarga yang rukun,bahagia
dan sejahtera sesuai ajaran Wiwaha
|
3.16 Menerapkan ajaran Moksa
|
4.16 Melaksanakan ajaran Astangga
|
dalam Susastra
Weda
|
yoga
sebagai jalan untuk mencapai Moksa
|
3.17 Memahami hukum Hindu dalam susastra Weda
|
4.17 Menalar hukum Hindu dalam susastra Weda
|
3.18 Menganalisis kebudayaan prasejarah dan
sejarah Hindu di Indonesia
|
4.18 Menyajikan bukti kebudayaan prasejarah
dan sejarah Hindu di Indonesia
|
3.19 Menerapkan ajaran Yantra,Tantra dan Mantra dalam kehidupan
|
4.19 Melaksanakan ajaran Yantra,Tantra dan Mantra dalam kehidupan
|
3.20 Menerapkan ajaran Nawa Widha Bhakti
sebagai ajaran sikap hidup yang positif dalam kehidupan
|
4.20 Melaksanakan ajaran Nawa Widha Bakti
sebagai ajaran sikap hidup yang positif dalam kehidupan
|
3.21 Menganalisis Tri Purusha sebagai
manifestasi Ida Sang Hyang Widhi
|
4.21 Memresentasikan Tri Purusha sebagai manifestasi Ida Sang Hyang Widhi
|
3.22 Menerapkan sikap jasmani, sesuai dengan
ajaran Dasa Yama Bratha
|
4.22 Memraktikan ajaran Dasa Yama
Bratha
dalam kehidupan sehari-hari
|
3.23 Menerapkan sikap rohani, sesuai dengan
ajaran Dasa Nyama Bratha dalam kehidupan sehari-hari
|
4.23 Memraktikan ajaran Dasa Nyama Bratha
dalam kehidupan sehari-hari
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar