KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Muatan :
Nasional
Bidang
Keahlian :
Seluruh Bidang Keahlian
Mata
Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Jam Pelajaran : 354 JP (@ 45 Menit)
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek
kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi
sikap spiritual, (2) sikap sosial,
(3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui
proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan
kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan
kompetensi sikap sosial
yaitu, “Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin,
santun, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), bertanggung-jawab,
responsif, dan proaktif melalui
keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara
berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut
dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect
teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan
budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan
dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran
berlangsung, dan dapat digunakan
sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif sesuai
dengan bidang dan lingkup kajian bahasa
Indonesia pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari
keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian bahasa Indonesia.
Menampilkan
kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai
dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,
komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang
dipelajarinya
di sekolah, serta mampu
|
melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir,
menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya
di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di
bawah
pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Memahami
laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang
dipresentasikan dengan lisan dan tulis
|
4.1 Menyajikan isi teks (intisari) laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan
berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis
|
3.2 Menganalisis
isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi
berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.2 Mengonstruksikan teks laporan observasi
berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik
lisan maupun tulis
|
3.3 Mendeskripsikan(permasalahan,
argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan
bidang pekerjaan yang didengar dan atau dibaca
|
4.3 Mengembangkan isi (permasalahan,
argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang
pekerjaan secara lisan dan/tulis
|
3.4 Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks eksposisi
yang berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.4 Mengonstruksikan teks eksposisi
berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen,
pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan
|
3.5 Menganalisis
teks anekdot dari aspek makna tersirat
|
4.5 Mengonstruksi makna tersirat dalam
sebuah teks anekdot baik lisan maupun tulis
|
3.6 Mengevaluasi
struktur dan kebahasaan teks anekdot
|
4.6 Menciptakan kembali teks anekdot dengan
memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan maupun tulis.
|
3.7 Mendeskripsikan
nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan
maupun tulis
|
4.7 Menceritakan kembali isi cerita rakyat
(hikayat) yang didengar dan dibaca
|
3.8 Membandingkan
nilai-nilai dan kebahasaan cerita
rakyat dan cerpen
|
4.8 Mengembangkan cerita rakyat
(hikayat)
ke dalam bentuk
cerpen
dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai
|
3.9 Menguraikan
butir-butir penting dari dua buku
nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel
|
4.9 Menyusun ikhtisar dari dua buku
nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca
|
3.10 Menganalisis
pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi berkaitan dengan
bidang pekerjaan lisan maupun tertulis
|
4.10 Menyampaikan pengajuan, penawaran,
persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi berkaitan dengan bidang
pekerjaan secara lisan atau tulis
|
3.11 Mengevaluasi
isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan
kebahasaan teks negosiasi berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.11 Mengonstruksikan teks negosiasi
berkaitan dengan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi, struktur
(orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan
|
3.12 Menganalisis
permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak dan simpulan dari
debat berkaitan dengan bidang pekerjaan untuk menemukan esensi dari debat
|
4.12 Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang
dan argumen beberapa pihak, dan simpulan dari debat berkaitan dengan bidang
pekerjaan secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat
|
3.13 Menganalisis
isi debat berkaitan dengan bidang pekerjaan (permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak,
dan simpulan)
|
4.13 Mengembangkan permasalahan/ isu dari
berbagai sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat berkaitan
dengan bidang pekerjaan
|
3.14 Menganalisis
butir-butir penting yang dapat
diteladani dari teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.14 Menyajikan hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh yang terdapat dalam teks
biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca secara tertulis
|
3.15 Menganalisis
aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi berkaitan dengan bidang
pekerjaan
|
4.15 Membuat teks biografi berkaitan dengan
bidang pekerjaan baik lisan maupun tulis
|
3.16 Menganalisis
suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung dalam antologi
puisi
yang diperdengarkan atau
dibaca
|
4.16 Mendemonstrasikan (membacakan atau
memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan
memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan
tempo)
|
3.17 Menganalisis
unsur pembangun puisi
|
4.17 Menulis puisi dengan memerhatikan unsur
pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur, perwajahan)
|
3.18 Menganalisis
isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca
|
4.18 Menyajikan replikasi isi buku ilmiah
yang dibaca dalam bentuk resensi
|
3.19 Menganalisis
informasi berupa pernyataan-pernyataan umum
|
4.19 Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam
|
dan
tahapan-tahapan dalam teks prosedur berkaitan dengan
bidang
pekerjaan
|
teks
prosedur berkaitan bidang pekerjaan dengan organisasi
yang
tepat secara lisan dan tulis
|
3.20 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur
berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.20 Mengembangkan teks prosedur berkaitan
bidang pekerjaan dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur,
dan kebahasaan
|
3.21 Menganalisis
informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi berkaitan
dengan bidang pekerjaan lisan dan tulis
|
4.21 Mengkonstruksi informasi (pengetahuan
dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan
secara lisan dan tulis
|
3.22 Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks eksplanasi
berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.22 Memproduksi teks eksplanasi berkaitan
dengan bidang pekerjaan secara lisan atau tulis dengan memerhatikan struktur
dan kebahasaan
|
3.23 Menganalisis
informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah berkaitan
dengan bidang pekerjaan
|
4.23 Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk
disajikan dalam ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
3.24 Menganalisis
isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.24 Mengonstruksi ceramah berkaitan bidang
pekerjaan dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan menggunakan struktur yang
tepat
|
3.25 Mendeskripsikan
butir-butir penting dari satu buku
pengayaan (nonfiksi) berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca
|
4.25 Menyajikan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) berkaitan
dengan bidang pekerjaan
|
3.26 Menemukan butir-butir penting dari dua buku pengayaan
berkaitan dengan bidang pekerjaan (nonfiksi) yang dibaca
|
4.26 Menyajikan persamaan dan perbedaan isi
dua buku pengayaan berkaitan dengan bidang pekerjaan (nonfiksi) yang dibaca
|
3.27 Menganalisis
pesan dari satu buku fiksi yang dibaca
|
4.27 Menyusun ulasan terhadap pesan dari satu
buku fiksi yang dibaca
|
3.28 Mendeskripsikan
informasi penting yang ada dalam proposal kegiatan atau penelitian berkaitan
dengan bidang pekerjaan
|
4.28 Melengkapi informasi dalam proposal
berkaitan dengan bidang pekerjaan supaya lebih efektif
|
3.29 Menganalisis
isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal berkaitan dengan bidang
pekerjaan
|
4.29 Merancang sebuah proposal karya ilmiah
berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan informasi, tujuan, dan esensi
karya ilmiah yang diperlukan
|
3.30 Menganalisis
informasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah berkaitan dengan bidang
pekerjaan yang dibaca
|
4.30 Merancang informasi, tujuan, dan esensi
yang harus disajikan dalam karya ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
3.31 Menganalisis
sistematika dan kebahasaan karya ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.31 Mengonstruksi sebuah karya ilmiah
berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika, dan
kebahasaan
|
3.32 Membandingkan
isi berbagai resensi berkaitan dengan bidang pekerjaan untuk menemukan
sistematika sebuah resensi
|
4.32 Menyajikan isi sebuah resensi berkaitan
bidang pekerjaan dengan memerhatikan hasil perbandingan beberapa teks resensi
|
3.33 Menganalisis
kebahasaan resensi dalam kumpulan cerpen atau novel setidaknya dua
karya
yang berbeda
|
4.33 Mengkonstruksi sebuah resensi dari buku
kumpulan cerita pendek atau novel yang sudah dibaca
|
3.34 Menganalisis
alur cerita, babak demi babak, dan konflik dalam drama yang dibaca atau
ditonton
|
4.34 Mempertunjukkan salah satu tokoh dalam
drama yang dibaca atau ditonton secara lisan
|
3.35 Menganalisis
isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton
|
4.35 Mendemonstrasikan sebuah naskah drama
dengan memerhatikan isi dan kebahasaan
|
3.36 Menganalisis
pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku kumpulan puisi) yang dibaca
|
4.36 Menyusun ulasan terhadap pesan dari dua
buku kumpulan puisi yang dikaitkan dengan situasi kekinian
|
3.37 Mendeskripsikan
isi dan sistematika surat lamaran
pekerjaan yang dibaca
|
4.37 Menyajikan simpulan sistematika dan
unsur-unsur isi surat lamaran baik secara lisan maupun tulis
|
3.38 Menganalisis
unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan
|
4.38 Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan
memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan
|
3.39 Menganalisis
informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan,
|
4.39 Mengonstruksi nilai-nilai dari informasi cerita sejarah
dalam sebuah teks eksplanasi
|
komplikasi
dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis
|
|
3.40 Menganalisis
kebahasaan cerita atau novel sejarah
|
4.40 Menulis cerita sejarah pribadi dengan
memerhatikan kebahasaan
|
3.41 Mendeskripsikan
informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam
teks editorial berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.41 Menyeleksi ragam informasi sebagai bahan
teks editorial berkaitan dengan bidang pekerjaan baik secara lisan maupun
tulis
|
3.42 Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks editorial berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.42 Merancang teks editorial berkaitan
bidang pekerjaan dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan baik secara
lisan maupun tulis
|
3.43 Menilai isi dua
buku fiksi (kumpulan cerita pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku
pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
|
4.43 Menyusun laporan hasil diskusi buku
tentang satu topik baik secara lisan maupun tulis
|
3.44 Menganalisis
isi teks iklan sesuai bidang pekerjaan
|
4.44 Mengonstruksi makna dan tujuan isi teks
iklan sesuai bidang pekerjaan
|
3.45 Menganalisis
struktur dan ciri kebahasaan teks iklan sesuai bidang pekerjaan
|
4.45 Menyusun teks iklan sesuai bidang
pekerjaan dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan baik secara lisan
maupun tulis
|
3.46 Mengevaluasi
informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel berkaitan dengan
bidang pekerjaan yang dibaca
|
4.46 Menyusun opini dalam bentuk artikel berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
3.47 Menganalisis
kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.47 Mengonstruksi sebuah artikel berkaitan
bidang pekerjaan dengan memerhatikan fakta dan kebahasaan
|
3.48 Mendeskripsikan
isi dan sistematika surat dinas berkaitan
dengan bidang pekerjaan
|
4.48 Menyajikan simpulan sistematika dan
unsur-unsur isi surat dinas berkaitan dengan bidang pekerjaan baik secara
lisan maupun tulis
|
3.49 Menganalisis
unsur kebahasaan surat dinas yang sesuai bidang pekerjaan
|
4.49 Menyusun surat dinas yang berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi,
sistematika dan kebahasaan
|
3.50 Menganalisis
nilai-nilai yang
|
4.50 Menulis refleksi tentang nilai-
|
terdapat
dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu
buku drama
(fiksi)
|
nilai
yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan
(nonfiksi) dan
satu buku drama
(fiksi)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar