Selasa, 24 April 2018

KI & KD Bahasa Jerman kur2013 rev 2017


KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN Bidang Keahlian                  : Seluruh Bidang Keahlian
Program Keahlian                : Seluruh Program Keahlian

Kompetensi Keahlian           : Seluruh Kompetensi Keahlian (4 Tahun) Mata Pelajaran                     : Bahasa Jerman
Jam Pelajaran                      : 488 JP (@ 45 Menit)



Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi  sikap  sosial  yaitu,  Menghayati  dan  mengamalkan  perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan,  dan  budaya  sekolah,  dengan  memperhatikan  karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Bahasa Jerman pada tingkat teknis, spesifik,
detil, dan kompleks,
berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri

4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Bahasa Jerman.

Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya

sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia
kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di
bawah pengawasan langsung.



KOMPETENSI DASAR 3

KOMPETENSI DASAR 4

3.1  Memahami tindak tutur untuk menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, meminta maaf, dalam bentuk teks interaksi lisan dan tulis pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks

4.1 Mendemontrasikan tindak tutur untuk menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dalam bentuk teks interaksi lisan dan tulis pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks

3.2  Memahami tindak tutur untuk memberi dan meminta informasi terkait memperkenalkan diri dan orang lain, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks

4.2 Mendemontrasikan tindak tutur untuk memberi dan meminta informasi terkait memperkenalkan diri dan orang lain, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks

3.3  Memahami tindak tutur untuk memberi dan meminta informasi tentang jam, hari, tanggal,
bulan, tahun, musim dan angka
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan

4.3 Mengembangkan tindak tutur untuk memberi dan meminta informasi tentang jam, hari, tanggal, bulan, tahun, musim dan angka dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks

3.4  Memahami tindak tutur untuk memberi dan meminta informasi tentang benda dan bangunan publik dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan

4.4 Mendemontrasikan tindak tutur untuk memberi dan meminta informasi tentang benda dan bangunan publik dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan

3.5  Memahami tindak tutur untuk memberi dan meminta informasi terkait lingkungan sekolah sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan

4.5 Mengelompokan tindak tutur untuk memberi dan meminta informasi terkait lingkungan sekolah sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan

3.6  Memahami tindak tutur untuk menerima dan memberi informasi menyatakan dan menanyakan sifat/ciri terkait orang dan benda dengan memperhatikan fungsi sosial,struktur teks,dan unsur kebahasaan pada teks

4.6 Mendemonstrasikan tindak tutur untuk menyatakan dan menanyakan terkait sifat/ciri orang dan benda dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,dan unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks
interpersonal dan teks
transaksional tulis dan lisan
transaksional tulis dan lisan

3.7  Menerapkan tindak tutur untuk meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik,meminta dan mengungkapkan pendapat dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan

4.7 Memodifikasi tindak tutur untuk meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik,meminta dan mengungkapkan pendapat dengan memperhatikan fungsi sosial,struktur teks,dan unsur kebahasaan pada teksinterpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan

3.8  Menganalisis tindak tutur untuk menerima dan memberi informasi terkait aktivitas sehari hari dan penjelasannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,dan unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan

4.8 Memodifikasi tindak tutur untuk menerima dan memberi informasi terkait aktivitas sehari hari dan penjelasannya dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur struktur teks,dan unsur
kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan

3.9  Memahami isi teks khusus lisan dan tulis pendek dan sederhana berbentuk daftar menu, iklan singkat, surat/undangan pribadi, E-Mail,pesan telepon
(Anrufbeantworter) pesan singkat dan pengumuman/
pemberitahuan (Zettel/ Informationschilder) dan statistic terkait benda di rumah, orang, pekerjaan, di lingkungan tempat tinggal, sesuai konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan

4.9 Menyajikan isi teks khusus lisan dan tulis pendek dan sederhana berbentuk daftar menu, iklan singkat, surat/undangan
pribadi, E-Mail, pesan pada telepon (Anrufbeantworter), pesan singkat dan pengumuman/ pemberitahuan (Zettel/ Informationschilder) dan statistic terkait benda di rumah, orang, pekerjaan di lingkungan tempat tinggal sesuai konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial,struktur teks, dan unsur kebahasaan

3.10  Menganalisis isi teks khusus lisan dan tulis pendek dan sederhana berbentuk pengumuman singkat (kurze Mitteilungen), iklan singkat (kurze Anzeigen), papan petunjuk (Hinweisschilder/ Aushänge), pengumuman lisan(Durchsage), agenda kegiatan(Terminkalender),tiket perjalanan (Fahrkarte), jadwal perjalanan (Fahrplan), statistik, rencana perjalanan (Reiseprogramm), terkait

4.10 Menyusun teks khusus lisan dan tulis pendek dan sederhana berbentuk pengumuman
singkat (kurze Mitteilungen),iklan singkat (kurze Anzeigen), papan petunjuk (Hinweisschilder/ Aushänge), pengumuman lisan (Durchsage), agenda kegiatan (Terminkalender), tiket perjalanan (Fahrkarte), jadwal perjalanan (Fahrplan), statistik, rencana perjalanan (Reiseprogramm), terkait
kegiatan waktu senggang dan
perjalanan/wisata sesuai konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
kegiatan waktu senggang
danperjalanan/wisata sesuai konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan

3.11  Memahami tindak tutur untuk meminta dan memberi informasi terkait lingkungan pekerjaan sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan

4.11 Mengimplementasikan tindak tutur untuk meminta dan memberi informasi terkait lingkungan pekerjaan sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan

3.12  Memahami tindak tutur untuk memberi dan menerima instruksi terkait pekerjaan dengan memperhatikan fungsi sosial,struktur teks,dan unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan

4.12 Mendemonstrasikan tindak tutur untuk memberi/menerima instruksi terkait pekerjaan dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,dan unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan

3.13  Memahami teks prosedural berbentuk panduan alat dan manual pekerjaan dengan memperhatikan fungsi sosial,struktur teks,dan unsur kebahasaan

4.13 Menyajikan teks prosedural berbentuk panduan alat dan manual dengan memperhatikan fungsi sosial,struktur teks,dan unsur kebahasaan

3.14  Mengevaluasi tindak tutur untuk meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik,meminta dan mengungkapkan pendapat dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan

4.14 Menggunakan tindak tutur untuk meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik,meminta dan mengungkapkan pendapat dengan memperhatikan fungsi sosial,struktur teks,dan unsur kebahasaan pada teksinterpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan

3.15  Mengevaluasi tindak tutur untuk meminta dan memberi informasi terkait aktivitas sehari hari dan penjelasannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,dan unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan

4.15 Menggunakan tindak tutur untuk meminta dan memberi informasi terkait aktivitas sehari hari dan penjelasannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur struktur teks,dan
unsur kebahasaan pada teks
interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan

3.16  Mengevaluasi isi teks khusus

4.16 Merancang kembali isi teks
lisan dan tulis berbentuk iklan
singkat, surat/undangan pribadi, E-Mail,pesan telepon (Anrufbeantworter) pesan singkat dan pengumuman
/pemberitahuan
(Zettel/Informationschilder) terkait benda di rumah, orang, pekerjaan, di lingkungan tempat tinggal, sesuai konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
khusus lisan dan tulis
berbentuk iklan singkat, surat/undangan pribadi, E- Mail, pesan pada telepon (Anrufbeantworter), pesan singkat dan pengumuman
/pemberitahuan (Zettel/Informationschilder) terkait benda di rumah, orang, pekerjaan di lingkungan tempat tinggal sesuai konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial,struktur teks, dan unsur kebahasaan

3.17  Mengevaluasi isi teks khusus lisan dan tulis berbentuk pengumuman singkat (kurze Mitteilungen), iklan singkat (kurze Anzeigen), papan petunjuk (Hinweisschilder/ Aushänge), pengumuman lisan (Durchsage), terkait kegiatan waktu senggang dan perjalanan/wisata sesuai konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan

4.17 Merancang kembali isi teks khusus lisan dan tulis berbentuk pengumuman singkat (kurze Mitteilungen), iklan singkat (kurze Anzeigen), papan petunjuk (Hinweisschilder/ Aushänge),
pengumuman lisan (Durchsage), terkait kegiatan waktu
senggang dan
perjalanan/wisata sesuai konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan

3.18  Mengevaluasi isi teks khusus lisan dan tulis berbentuk agenda kegiatan (Terminkalender), terkait perjalanan/wisata sesuai konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan

4.18 Merancang kembali isi teks khusus lisan dan tulis berbentuk agenda kegiatan (Terminkalender) terkait perjalanan/wisata sesuai konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan

3.19  Mengevaluasi isi teks khusus lisan dan tulis berbentuk tiket perjalanan (Fahrkarte), jadwal perjalanan (Fahrplan), statistik, rencana perjalanan (Reiseprogramm), terkait perjalanan/wisata sesuai konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan

4.19 Merancang kembali isi teks khusus lisan dan tulis berbentuk tiket perjalanan (Fahrkarte), jadwal perjalanan (Fahrplan), statistik, rencana perjalanan (Reiseprogramm), terkait perjalanan/wisata
sesuai konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar