KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian :
Seluruh Bidang Keahlian
Program
Keahlian :
Seluruh Program Keahlian
Kompetensi
Keahlian : Seluruh Kompetensi
Keahlian (4 Tahun) Mata Pelajaran : Bahasa Jerman
Jam Pelajaran : 488 JP (@ 45 Menit)
Tujuan kurikulum mencakup empat
aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial,
(3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui
proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan
kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap
sosial yaitu, “Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian
nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta
menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi
tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect
teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan
budaya sekolah, dengan memperhatikan
karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam
mengembangkan karakter peserta didik lebih
lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Bahasa Jerman pada
tingkat teknis, spesifik,
detil,
dan kompleks,
berkenaan
dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri
|
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Bahasa Jerman.
Menampilkan
kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai
dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,
komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya
|
sebagai
bagian dari keluarga, sekolah, dunia
kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan
internasional.
|
di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir,
menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan
dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di
bawah
pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
3
|
KOMPETENSI DASAR
4
|
3.1 Memahami tindak
tutur untuk menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, meminta maaf, dalam
bentuk teks interaksi lisan dan tulis pendek dan sederhana, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks
|
4.1 Mendemontrasikan tindak tutur untuk
menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dalam bentuk
teks interaksi lisan dan tulis pendek dan sederhana, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks
|
3.2 Memahami tindak
tutur untuk memberi dan meminta informasi terkait memperkenalkan diri dan
orang lain, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar sesuai konteks
|
4.2 Mendemontrasikan tindak tutur untuk
memberi dan meminta informasi
terkait memperkenalkan diri dan orang lain, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks
|
3.3 Memahami tindak
tutur untuk memberi dan meminta informasi tentang jam, hari, tanggal,
bulan,
tahun, musim dan angka
dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
|
4.3 Mengembangkan tindak tutur untuk
memberi dan meminta informasi tentang jam, hari, tanggal, bulan, tahun, musim
dan angka dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar sesuai konteks
|
3.4 Memahami tindak
tutur untuk memberi dan meminta informasi tentang benda dan bangunan publik
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
|
4.4 Mendemontrasikan tindak tutur untuk
memberi dan meminta informasi tentang benda dan bangunan publik dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
|
3.5 Memahami tindak
tutur untuk memberi dan meminta informasi terkait lingkungan sekolah sesuai
dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan
|
4.5 Mengelompokan tindak tutur untuk
memberi dan meminta informasi terkait lingkungan sekolah sesuai dengan
konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan
|
3.6 Memahami tindak
tutur untuk menerima dan memberi informasi menyatakan dan menanyakan
sifat/ciri terkait orang dan benda dengan memperhatikan fungsi
sosial,struktur teks,dan unsur kebahasaan pada teks
|
4.6 Mendemonstrasikan tindak tutur untuk
menyatakan dan menanyakan terkait sifat/ciri orang dan benda dengan
memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks,dan unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks
|
interpersonal
dan teks
transaksional
tulis dan lisan
|
transaksional
tulis dan lisan
|
3.7 Menerapkan
tindak tutur untuk meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja
yang baik,meminta dan mengungkapkan pendapat dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks
transaksional tulis dan lisan
|
4.7 Memodifikasi tindak tutur untuk meminta
perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik,meminta dan
mengungkapkan pendapat dengan
memperhatikan fungsi sosial,struktur teks,dan unsur kebahasaan pada
teksinterpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan
|
3.8 Menganalisis
tindak tutur untuk menerima dan memberi informasi terkait aktivitas sehari
hari dan penjelasannya dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,dan unsur kebahasaan pada teks
interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan
|
4.8
Memodifikasi tindak tutur
untuk menerima dan memberi informasi terkait aktivitas sehari hari dan penjelasannya dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur struktur teks,dan
unsur
kebahasaan
pada teks interpersonal
dan teks transaksional
tulis
dan lisan
|
3.9 Memahami isi
teks khusus lisan dan tulis pendek dan sederhana berbentuk daftar menu, iklan
singkat, surat/undangan pribadi, E-Mail,pesan telepon
(Anrufbeantworter) pesan
singkat dan pengumuman/
pemberitahuan (Zettel/ Informationschilder) dan
statistic terkait benda di rumah, orang, pekerjaan, di lingkungan tempat
tinggal, sesuai konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan
|
4.9 Menyajikan isi teks khusus lisan dan
tulis pendek dan sederhana berbentuk daftar menu, iklan singkat,
surat/undangan
pribadi,
E-Mail, pesan pada telepon (Anrufbeantworter), pesan singkat dan pengumuman/ pemberitahuan (Zettel/ Informationschilder)
dan statistic terkait benda di rumah, orang, pekerjaan di lingkungan tempat tinggal sesuai konteks penggunaannya, dengan
memperhatikan fungsi sosial,struktur teks, dan unsur kebahasaan
|
3.10 Menganalisis
isi teks khusus lisan dan tulis pendek dan sederhana berbentuk pengumuman
singkat (kurze Mitteilungen),
iklan singkat (kurze Anzeigen),
papan petunjuk (Hinweisschilder/
Aushänge), pengumuman lisan(Durchsage), agenda kegiatan(Terminkalender),tiket perjalanan (Fahrkarte), jadwal perjalanan (Fahrplan), statistik, rencana perjalanan (Reiseprogramm),
terkait
|
4.10 Menyusun teks khusus lisan
dan tulis pendek dan sederhana berbentuk pengumuman
singkat (kurze Mitteilungen),iklan
singkat (kurze Anzeigen), papan petunjuk (Hinweisschilder/ Aushänge),
pengumuman lisan (Durchsage), agenda kegiatan (Terminkalender),
tiket perjalanan (Fahrkarte), jadwal perjalanan (Fahrplan), statistik, rencana perjalanan (Reiseprogramm),
terkait
|
kegiatan
waktu senggang dan
perjalanan/wisata
sesuai konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan
|
kegiatan
waktu senggang
danperjalanan/wisata
sesuai konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan
|
3.11 Memahami tindak
tutur untuk meminta dan memberi informasi terkait lingkungan pekerjaan sesuai
dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi
sosial,
struktur teks, dan unsur
kebahasaan
|
4.11 Mengimplementasikan tindak tutur untuk
meminta dan memberi informasi terkait lingkungan pekerjaan sesuai dengan
konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan
|
3.12 Memahami tindak
tutur untuk memberi dan menerima instruksi terkait pekerjaan dengan
memperhatikan fungsi sosial,struktur teks,dan unsur kebahasaan pada teks
interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan
|
4.12 Mendemonstrasikan tindak tutur untuk
memberi/menerima instruksi terkait pekerjaan dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks,dan unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks
transaksional tulis dan lisan
|
3.13 Memahami teks
prosedural berbentuk panduan alat dan manual pekerjaan dengan memperhatikan
fungsi sosial,struktur teks,dan unsur kebahasaan
|
4.13 Menyajikan teks prosedural berbentuk
panduan alat dan manual dengan
memperhatikan fungsi sosial,struktur teks,dan unsur kebahasaan
|
3.14 Mengevaluasi
tindak tutur untuk meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja
yang baik,meminta dan mengungkapkan pendapat dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks
transaksional tulis dan lisan
|
4.14 Menggunakan tindak tutur untuk meminta
perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik,meminta dan
mengungkapkan pendapat dengan memperhatikan fungsi sosial,struktur teks,dan unsur kebahasaan pada
teksinterpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan
|
3.15 Mengevaluasi
tindak tutur untuk meminta dan memberi informasi terkait aktivitas sehari
hari dan penjelasannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,dan
unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan
lisan
|
4.15
Menggunakan tindak tutur
untuk meminta dan
memberi informasi terkait aktivitas sehari hari dan penjelasannya dengan memperhatikan
fungsi sosial,
struktur struktur teks,dan
unsur
kebahasaan pada teks
interpersonal dan teks
transaksional tulis
dan lisan
|
3.16 Mengevaluasi
isi teks khusus
|
4.16 Merancang kembali isi teks
|
lisan
dan tulis berbentuk iklan
singkat,
surat/undangan pribadi, E-Mail,pesan telepon (Anrufbeantworter) pesan
singkat dan pengumuman
/pemberitahuan
(Zettel/Informationschilder)
terkait benda di rumah, orang, pekerjaan, di lingkungan tempat tinggal,
sesuai konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan
|
khusus
lisan dan tulis
berbentuk iklan singkat, surat/undangan pribadi, E- Mail, pesan pada telepon (Anrufbeantworter), pesan
singkat dan pengumuman
/pemberitahuan
(Zettel/Informationschilder)
terkait benda di rumah, orang,
pekerjaan di lingkungan tempat tinggal sesuai konteks penggunaannya, dengan
memperhatikan fungsi sosial,struktur teks, dan unsur kebahasaan
|
3.17 Mengevaluasi
isi teks khusus lisan dan tulis berbentuk pengumuman singkat (kurze
Mitteilungen), iklan singkat (kurze Anzeigen),
papan petunjuk (Hinweisschilder/
Aushänge), pengumuman lisan (Durchsage),
terkait kegiatan waktu senggang dan
perjalanan/wisata sesuai konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
|
4.17 Merancang kembali isi teks khusus lisan dan tulis berbentuk pengumuman singkat (kurze Mitteilungen),
iklan singkat (kurze Anzeigen), papan petunjuk (Hinweisschilder/
Aushänge),
pengumuman
lisan (Durchsage), terkait kegiatan waktu
senggang
dan
perjalanan/wisata
sesuai konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan
|
3.18 Mengevaluasi
isi teks khusus lisan dan tulis berbentuk agenda kegiatan (Terminkalender), terkait perjalanan/wisata sesuai konteks penggunaannya, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan
|
4.18 Merancang kembali isi teks khusus lisan dan tulis berbentuk
agenda kegiatan (Terminkalender)
terkait perjalanan/wisata sesuai
konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan
|
3.19 Mengevaluasi
isi teks khusus lisan dan tulis berbentuk tiket perjalanan (Fahrkarte), jadwal perjalanan (Fahrplan), statistik, rencana perjalanan (Reiseprogramm),
terkait perjalanan/wisata sesuai
konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
|
4.19 Merancang kembali isi teks khusus lisan
dan tulis berbentuk tiket perjalanan (Fahrkarte), jadwal perjalanan (Fahrplan), statistik, rencana perjalanan (Reiseprogramm),
terkait perjalanan/wisata
sesuai konteks
penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar