Selasa, 24 April 2018

KI & KD Bahasa Korea kur2013 rev 2017

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN Bidang Keahlian                  : Seluruh Bidang Keahlian
Program Keahlian                : Seluruh Program Keahlian

Kompetensi Keahlian           : Seluruh Kompetensi Keahlian (4 Tahun) Mata Pelajaran                     : Bahasa Korea
Jam Pelajaran                      : 488 JP (@ 45 Menit)



Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi  sikap  sosial  yaitu,  Menghayati  dan  mengamalkan  perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan,  dan  budaya  sekolah,  dengan  memperhatikan  karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Bahasa Korea pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia

4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Bahasa Korea.

Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan

kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan
internasional.
langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah, serta
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.


KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.1  Memahami huruf Hangeul dan pelafalan, penulisan suku kata, penekanan/ intonasi dari kalimat dengan mencocokkan dan membedakan secara tepat

4.1 Mendemonstrasikan pelafalan Hangeul, penulisan suku kata, penekanan/ intonasi dari kalimat dengan mencocokkan dan membedakan secara tepat
3.2  Mengaplikasikan tindak tutur menyapa (인사), berpamitan,
mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf, serta bagaimana meresponnya sesuai dengan konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulisan

4.2 Menyusun tindak tutur menyapa
(인사말), berpamitan, mengucapkan terima kasih, dan
meminta maaf, serta bagaimana
meresponnya sesuai dengan
konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulisan
3.3  Merumuskan cara memberi tahu dan meminta informasi (자기소개)
terkait identitas diri (meliputi nama, usia, alamat, nomor telepon, email, asal daerah, kelas dan asal sekolah), sesuai dengan konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis
4.3 Merancang cara memberi tahu dan meminta informasi (자기소개)
terkait identitas diri (meliputi nama, usia, alamat, nomor telepon, email, asal daerah, kelas dan asal sekolah), sesuai dengan konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis

3.4  Menarapkan ungkapan bilangan korea asli, bilangan sino korea, nama hari dan tanggal, jam
(waktu), cuaca (날짜와 요일과
시간) dalam tindak tutur memberi dan meminta informasi sesuai konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks interaksi
transaksional lisan dan tulis

4.4 Mengkomunikasikan tindak tutur berupa teks yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan bilangan korea asli, bilangan sino korea, nama hari, tanggal, jam (waktu), cuaca
(날짜와 요일과 ) dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan
sesuai dengan konteks

3.5  Mengklasifikasikan sebutan
(단위명사), sifat atau kondisi, dan jumlah orang, benda, binatang
dan bangunan public yang dekat
dengan kehidupan sehari hari
dalam tindak tutur memberi dan meminta informasi sesuai
dengan konteks penggunaannya
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur

4.5 Mengimplementasikan sebutan
(단위명사), sifat atau kondisi, dan jumlah orang, benda, binatang
dan bangunan publik yang dekat
dengan kehidupan sehari hari
dalam tindak tutur memberi dan meminta informasi sesuai
dengan konteks penggunaannya
dengan memperhatikan fungsi soaisal, struktur teks dan unsur
kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis
kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis

3.6  Menganalisis kegiatan (yang sedang di lakukan, sudah di lakukan, akan dilakukan, tidak dilakukan) atau merupakan kebenaran umum secara formal,
informal dan honorifik, (기본
문법), seperti: Kegiatan sehari – hari, kegiatan keseharian, sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur
kebahasaan pada teks interaksi
transaksional lisan dan tulis
yang melibatkan tindakan menyatakan dan bertanya

4.6 Mengkomunikasikan kegiatan (yang sedang di lakukan, sudah di lakukan, akan dilakukan, tidak dilakukan) atau merupakan kebenaran umum secara formal, informal dan
honorifik (기본 ), seperti: Kegiatan sehari – hari, kegiatan
keseharian, sesuai dengan
konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis
yang melibatkan tindakan menyatakan dan bertanya

3.7  Mengklasifikasikan cara mengemukakan keinginan, kehendak, kemauan, kegemaran, ajakan, mengundang dalam memberi dan meminta informasi sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis

4.7 Merancang cara mengemukakan keinginan, kehendak, kemauan, kegemaran, ajakan, mengundang dalam memberi dan meminta informasi sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis

3.8  Memahami cara menyebutkan arah, letak suatu tempat dan benda (위치와 방향, 장소,) sesuai
dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis

4.8 Menyusun cara menyebutkan arah, letak suatu tempat dan benda (위치와 , 장소,) sesuai
dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis

3.9  Menganalisis cara mengemukakan hubungan sebab akibat dan hubungan kebalikan serta hubungan perbandingan, sesuai dengan
konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis
yang melibatkan tindakan menyatakan dan bertanya

4.9 Memformulasikan cara mengemukakan hubungan sebab akibat dan hubungan kebalikan serta hubungan perbandingan, sesuai dengan
konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis
yang melibatkan tindakan menyatakan dan bertanya

3.10  Menggambarkan tindakan

4.10 Memodifikasi tindakan untuk
untuk menunjukan kemampuan diri sesuai dengan
konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis
menunjukan kemampuan diri sesuai dengan konteks
penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis

3.11  Menguraikan alasan dan ketidakmampuan sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur
kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis

4.11 Mengkoordinasikan tindakan dalam ungkapan alasan dan ketidakmampuan untuk menunjukan kemampuan diri sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis

3.12  Mengidentifikasi cara memberitahu dan menanyakan fakta,menyatakan rencana terkait topik cuaca sesuai fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulisan

4.12 Memodifikasi cara memberitahu dan menanyakan fakta, menyatakan rencana terkait topik cuaca sesuai fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulisan

3.13  Mengidentifikasi cara meminta sesuatu sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis

4.13 Memformulasikan cara
meminta sesuatu sesuai dengan
konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis

3.14  Menerapkan ungkapkan terkait pengalaman berwisata dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulisan

4.14 Mendeskripsikan ungkapan terkait pengalaman berwisata dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulisan

3.15  Menerapkan ungkapan terkait janji pertemuan dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulisan

4.15 Mendeskripsikan ungkapan terkait janji pertemuan dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulisan

3.16  Menerapkan ungkapan terkait pesan singkat melalui telpon, fax, email, surat dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi

4.16 Mengembangkan ungkapan terkait pesan singkat melalui telpon, fax, email, surat dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi
transaksional lisan dan tulisan
transaksional lisan dan tulisan

3.17  Menerapkan ungkapan terkait lalu lintas dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulisan

4.17 Menciptakan kembali ungkapan terkait lalu lintas dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulisan

3.18  Menemukan ungkapan kegiatan jual beli serta perubahan ajektiva dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan
dan tulisan

4.18 Merancang ungkapan kegiatan jual beli serta perubahan ajektiva dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan
dan tulisan

3.19  Mengevaluasi ungkapan harapan dan tujuan di berbagai macam hari libur dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulisan

4.19 Memproduksi ungkapan harapan dan tujuan di berbagai macam hari libur dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulisan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar