KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian :
Seluruh Bidang Keahlian
Program
Keahlian :
Seluruh Program Keahlian
Kompetensi
Keahlian : Seluruh Kompetensi
Keahlian (4 Tahun) Mata Pelajaran : Bahasa Korea
Jam Pelajaran : 488 JP (@ 45 Menit)
Tujuan kurikulum mencakup empat
aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial,
(3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui
proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan
kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap
sosial yaitu, “Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian
nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta
menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi
tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect
teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan
budaya sekolah, dengan memperhatikan
karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap
dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung,
dan dapat digunakan sebagai
pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Bahasa Korea pada tingkat teknis, spesifik, detil,
dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari
keluarga, sekolah, dunia
|
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Bahasa Korea.
Menampilkan
kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai
dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,
komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah,
serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
|
|
kebahasaan
pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis
|
kebahasaan
pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis
|
3.6 Menganalisis
kegiatan (yang sedang di lakukan, sudah di lakukan, akan dilakukan, tidak
dilakukan) atau merupakan kebenaran umum secara formal,
informal dan honorifik, (기본
문법),
seperti: Kegiatan sehari – hari,
kegiatan keseharian, sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan
memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur
kebahasaan
pada teks interaksi
transaksional
lisan dan tulis
yang
melibatkan tindakan menyatakan dan bertanya
|
4.6 Mengkomunikasikan kegiatan (yang sedang
di lakukan, sudah di lakukan, akan dilakukan, tidak dilakukan) atau merupakan
kebenaran umum secara formal, informal dan
honorifik
(기본 문법), seperti:
Kegiatan sehari – hari, kegiatan
keseharian,
sesuai dengan
konteks
penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis
yang
melibatkan tindakan menyatakan dan bertanya
|
3.7 Mengklasifikasikan
cara mengemukakan keinginan, kehendak, kemauan, kegemaran, ajakan, mengundang
dalam memberi dan meminta informasi sesuai dengan konteks penggunaannya,
dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada
teks interaksi transaksional lisan dan tulis
|
4.7 Merancang cara mengemukakan keinginan,
kehendak, kemauan, kegemaran, ajakan, mengundang dalam memberi dan meminta
informasi sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional
lisan dan tulis
|
3.8 Memahami
cara menyebutkan arah, letak suatu tempat dan benda (위치와
방향, 장소,)
sesuai
dengan konteks
penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur
kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis
|
4.8 Menyusun cara menyebutkan arah, letak suatu tempat dan benda
(위치와 방향,
장소,)
sesuai
dengan konteks
penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi
sosial struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional
lisan dan tulis
|
3.9 Menganalisis cara mengemukakan hubungan sebab akibat
dan hubungan kebalikan serta hubungan perbandingan, sesuai dengan
konteks
penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur
kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis
yang
melibatkan tindakan menyatakan dan bertanya
|
4.9 Memformulasikan cara mengemukakan hubungan sebab akibat dan hubungan kebalikan
serta hubungan perbandingan, sesuai dengan
konteks
penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan
dan tulis
yang
melibatkan tindakan menyatakan dan bertanya
|
3.10 Menggambarkan
tindakan
|
4.10 Memodifikasi tindakan untuk
|
untuk
menunjukan kemampuan diri sesuai
dengan
konteks
penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur
kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis
|
menunjukan
kemampuan diri sesuai dengan konteks
penggunaannya,
dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada
teks interaksi transaksional lisan dan tulis
|
3.11 Menguraikan
alasan dan ketidakmampuan sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan
memperhatikan fungsi social,
struktur teks, dan unsur
kebahasaan
pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis
|
4.11 Mengkoordinasikan tindakan dalam
ungkapan alasan dan ketidakmampuan untuk menunjukan kemampuan diri sesuai
dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks
interaksi transaksional lisan dan tulis
|
3.12 Mengidentifikasi
cara memberitahu dan menanyakan fakta,menyatakan rencana terkait topik cuaca
sesuai fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan
tulisan
|
4.12 Memodifikasi cara memberitahu dan
menanyakan fakta, menyatakan rencana terkait topik cuaca sesuai fungsi
sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional
lisan dan tulisan
|
3.13 Mengidentifikasi
cara meminta sesuatu sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan
memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks
interaksi transaksional lisan dan tulis
|
4.13 Memformulasikan cara
meminta
sesuatu sesuai dengan
konteks
penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur
kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis
|
3.14 Menerapkan
ungkapkan terkait pengalaman berwisata dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks
interaksi transaksional lisan dan tulisan
|
4.14 Mendeskripsikan ungkapan terkait
pengalaman berwisata dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan
unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulisan
|
3.15 Menerapkan
ungkapan terkait janji pertemuan dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulisan
|
4.15 Mendeskripsikan ungkapan terkait janji
pertemuan dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulisan
|
3.16 Menerapkan
ungkapan terkait pesan singkat melalui telpon, fax, email, surat dengan
memperhatikan fungsi sosial struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks
interaksi
|
4.16 Mengembangkan ungkapan terkait pesan
singkat melalui telpon, fax, email, surat dengan memperhatikan fungsi sosial
struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi
|
transaksional
lisan dan tulisan
|
transaksional
lisan dan tulisan
|
3.17 Menerapkan
ungkapan terkait lalu lintas dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks
dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulisan
|
4.17 Menciptakan kembali ungkapan terkait
lalu lintas dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks dan unsur
kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulisan
|
3.18 Menemukan
ungkapan kegiatan jual beli serta perubahan ajektiva dengan memperhatikan
fungsi sosial struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi
transaksional lisan
dan
tulisan
|
4.18 Merancang ungkapan kegiatan jual beli
serta perubahan ajektiva dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks dan
unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan
dan
tulisan
|
3.19 Mengevaluasi
ungkapan harapan dan tujuan di berbagai macam hari libur dengan memperhatikan
fungsi sosial struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi
transaksional lisan dan tulisan
|
4.19 Memproduksi ungkapan harapan dan tujuan
di berbagai macam hari libur dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks
dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulisan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar