KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : Seluruh Bidang Keahlian
Program
Keahlian : Seluruh Program Keahlian
Kompetensi
Keahlian : Seluruh Program
Keahlian (4 Tahun) Mata
Pelajaran :
Bahasa Arab
Jam Pelajaran : 488 JP (@ 45 Menit)
Tujuan kurikulum mencakup empat
aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial,
(3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui
proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan
kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, santun,
peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai),
bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif
melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan
pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut
dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya
sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam
mengembangkan karakter peserta didik lebih
lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang
dan lingkup kajian Bahasa Arab pada tingkat teknis, spesifik,
detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri
|
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai
dengan bidang kajian Bahasa Arab.
Menampilkan
kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja.
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,
komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang
|
sebagai
bagian dari keluarga, sekolah, dunia
kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
|
dipelajarinya
di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara
mandiri.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir,
menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret
terkait dengan
pengembangan
dari yang
dipelajarinya
di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Memahami
tindak tutur menyapa (salam,
menanyakan
keadaan), memperkenalkan diri (ta’aruf), mengucapkan
terimakasih (taqdim al-syukr), meminta maaf
(al-isti’fa),
dan berpamitan (wada’an),
dengan
memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sesuai dengan
konteks penggunaannya
|
4.1 Mendemontrasikan tindak
tutur menyapa (salam, menanyakan
keadaan), memperkenalkan diri (ta’aruf), mengucapkan
terimakasih
(taqdim al-
syukr), meminta maaf (al isti’fa), dan berpamitan (wada’an),
dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.2 Menerapkan jati diri
(huwiyah), dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
interaksi transaksional
lisan dan tulis, sesuai
dengan
konteks
penggunaannya
|
4.2 Mendemontrasikan jati
diri (huwiyah)
dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
3.3 Mengilustrasikan nama hari (asma al-ayyam), bulan
(syuhur al- hijriyah
miladiyah), nama waktu
dalam hari (shobah, nahar, masa lailah), waktu dalam
bentuk angka (sa’ah),
tanggal
(tarikh), dan tahun
(sanah hijriyah/miladiyah), dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks interaksi
transaksional lisan dan
tulis, sesuai dengan
konteks
penggunaannya
|
4.3 Mengungkapkan teks sederhana terkait nama hari (asma al- ayyam),
bulan
(syuhur al-
hijriyah/miladiyah),
nama waktu dalam hari (shobah,
nahar, masa,
lailah), waktu dalam bentuk angka (sa’ah), tanggal
(tarikh), dan tahun
(sanah hijriyah/miladiyah), dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks
|
3.4 Memahami teks sederhana
fungsi terkait bangunan publik
(al- mabani
al-
‘ammah)
yang dekat dengan
kehidupan
siswa
sehari-hari,
dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan
pada teks interaksi
transaksional
lisan dan tulis, sesuai
dengan konteks penggunaannya
|
4.4 Menyusun teks sederhana terkait dengan
bangunan publik (al-
mabani al-‘ammah) yang dekat dengan
kehidupan
siswa sehari- hari,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan
yang
benar dan sesuai
konteks
|
3.5 Menggambarkan (sifat orang
|
4.5 Mendemontrasikan teks
|
(sifat
al-insan), dengan
memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur
kebahasaan pada teks
interaksi transaksional lisan
dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
sederhana
terkait
sifat orang (sifat
al-insan),dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.6 Mengklasifikasi
aktivitas (ansyithah) orang dan fungsi (wadhaif) benda/
alat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan pada teks interaksi
transaksional
lisan dan
tulis, sesuai dengan
konteks
penggunaannya
|
4.6 Mendemontrasikan teks sederhana
terkait dengan
aktivitas (ansyithah) orang dan fungsi (wadhaif) benda/alat, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.7 Menganalisis teks sederhana
tentang deskripsi orang
(washf al-insan), dengan memperhatikan fungsi
sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teksdeskriptif lisan dan tulis,
sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.7 Mengimplementasikan teks sederhana terkait deskripsi orang (washf al-insan),
dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai
konteks
|
3.8 Menentukan peribahasa
Arab,
dengan memperhatikan
fungsi sosial
dan unsur kebahasaan
|
4.8 Mengungkapkan
peribahasa Arab secara sederhana dengan
memperhatikan fungsi
sosial dan unsur kebahasaan
|
3.9 Menerapkan tindak tutur untuk meminta
perhatian (mulahazhat), mengecek pemahaman (al-isti’ab), menghargai kinerja yang
baik, dan meminta dan mengungkapkan
pendapat (taqdim al-ara), dengan
memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur
kebahasaan pada teks
interaksi interpersonal
lisan dan tulis, sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
4.9 Melatih menerapkan teks sederhana yang
berisi
meminta
perhatian (mulahadhat), mengecek pemahaman
(al-isti’ab),
menghargai kinerja yang
baik, dan
meminta
dan mengungkapkan
pendapat (taqdim al araa), dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan
sesuai
konteks
|
3.10 Mengungkapkan tindak tutur
tentang kemampuan
(al-kafaah) dan kemauan (al-
iradah) melakukan
suatu
tindakan (al-‘amal),
dengan
memperhatikan
fungsi sosial(wadhaif ijtima’iyah),
struktur teks, dan unsur
|
4.10 Mendemontrasikan teks
sederhana terkait kemampuan
(al- kaf aah) dan kemauan (al-
iradah)
melakukan suatu tindakan (al amal), dengan memperhatikan
fungsi sosial (wadhaif ijtima’iyah),
struktur
teks,
dan unsur kebahasaan yang
|
kebahasaan
pada teks
interaksi interpersonal
lisan dan tulis,sesuai
dengan
konteks
penggunaannya
|
benar dan sesuai konteks
|
3.11 Membedakan
ungkapan minta ijin
(isti’dzan),
menyuruh (al-amr),
dan melarang (al-nahyu), dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan pada
teks interaksi interpersonal
lisan dan tulis, sesuai
dengan konteks
penggunaannya
|
4.11 Mendemontrasikan teks sederhana
berisi tindakan
minta ijin (isti’dzan),
menyuruh (al-amr), melarang (al-nahyu), dengan memperhatikan
fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
|
3.12 Menentukan ucapan
selamat (tahni’ah), dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan
dari teks
interaksi transaksional
lisan dan tulis, sesuai
dengan
konteks penggunaannya
|
4.12 Mendemontrasikan teks sederhana
berisi ucapan
selamat (tahni’ah),
dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai
konteks
|
3.13 Menganalisis tindak tutur yang menyatakan dan
menanyakan tindakan/ kejadian
yang dilakukan/ terjadi
di waktu lampau (al-
madli)
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan
dari teks
interaksi transaksional
lisan dan tulis, sesuai
dengan
konteks penggunaannya
|
4.13 Mengimplementasikan teks
sederhana berisi
tindakan memberi
dan meminta informasi
terkait
dengan tindakan/ kejadian
yang dilakukan/ terjadi
di waktu lampau (al-madli),
dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
|
3.14 Mengklasifikasikan tindak tutur yang
menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang sedang
dilakukan/terjadi
(mudlari’)
dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks
interaksi
transaksional lisan dan
tulis, sesuai dengan
konteks
penggunaannya
|
4.14 Melatih merumuskan teks sederhana
berisi tindakan
menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/kejadian yang sedang
dilakukan/terjadi
(mudlari’), dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.15 Membandingkan tindak tutur
yang menyatakan dan menanyakan
perbandingan jumlah (muqaranah al-
|
4.15 Mengembangkan teks sederhana
berisi tindakan
memberi
dan meminta informasi terkait
dengan perbandingan jumlah (muqaranah
|
‘adad), dengan
memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan
dari teks interaksi
transaksional lisan dan tulis, sesuai
dengan
konteks penggunaannya
|
al-‘adad)
dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
yang
benar dan sesuai konteks
|
3.16 Memahami tindak tutur
yang menyatakan dan menanyakan tentang deskripsi benda
(sifat
al- maddah), secara sederhana
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari teks interaksi
transaksional lisan dan
tulis,sesuai dengan
konteks
penggunaannya
|
4.16 Mendemontrasikan teks
sederhana berisi tindakan
memberi dan meminta informasi terkait
dengan keberadaan benda
(sifat
al-maddah), dengan memperhatikan
fungsi
sosial,
struktur teks, dan
unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai
konteks
|
3.17 Menganalisis ungkapan
berisi pesan
singkat dan pengumuman/ pemberitahuan (al- akhbar
aw
al-ma’lumat),
dengan memberi
dan meminta informasi terkait
kegiatan sekolah, dengan
memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks
khusus sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.17 Menulis pesan singkat danpengumuman/pemberitahuan (al-akhbar aw al-ma’lumat), lisan dan tulis secara sederhana
tentang kegiatan sekolah, dengan memperhatikan
fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur
kebahasaan
|
3.18 Menganalisis contoh ungkapan sederhana yang menyatakan harapan (roja’) atas suatu kebahagiaan dan prestasi,
dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan pada
teks
interaksi interpersonal lisan
dan tulis, sesuai dengan
konteks penggunaannya
|
4.18 Mengungkapkan contoh teks sederhana
berisi harapan
(roja’)
atas suatu kebahagiaan dan prestasi,
dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.19 Mengidentifikasi kembali
ungkapan sederhana terkait persetujuan (muwafaqah),
dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari teks interaksi
transaksional lisan dan
tulis,
sesuai
|
4.19 Mendemontrasikan teks sederhana
berisi ungkapan tindakan memberi
dan meminta informasi
terkait
persetujuan
(muwaf aqah)
melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks, dan
unsur
|
dengan konteks
penggunaannya
|
kebahasaan
yang benar dan
sesuai
konteks
|
3.20 Menentukan ungkapan
terkait
maksud (al- maqashid) dan tujuan (al-
ahdaf) melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks
interaksi transaksional
lisan dan tulis, sesuai
dengan
konteks
penggunaannya
|
4.20 Menyajikan teks sederhana
berisi ungkapan
tindakan memberi
dan meminta informasi terkait
maksud (al-maqashid) dan tujuan
(al-ahdaf) melakukan suatu
tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai
konteks
|
3.21 Mengklasifikasikan
ungkapan sederhana terkait menyuruh
(al-amr)
dan melarang (al-nahyu)
melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan
memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks
interaksi transaksional
lisan dan tulis, sesuai
dengan
konteks
penggunaannya
|
4.21 Mengembangkan
teks sederhana
berisi ungkapan
menyuruh (al-
amr)
dan melarang (al-nahyu)
melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan mem- perhatikan
fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan
sesuai konteks
|
3.22 Menentukan isi
teks cerita
(al-qashash)
pendek dan sederhana,
dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.22 Menyajikan teks
naratif
sederhana
secara lisan
dan tulis, terkait teks
cerita (al-qashash)
dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan sesuai konteks
|
3.23 Menentukan iklan (al-i’lan),
sesuai
dengan konteks
penggunaannya
|
4.23 Mendemontrasikan informasi dalam teks iklan (al-i’lan) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai
konteks
|
3.24 Menganalisis kisah-kisah
teladan
dalam bahasa Arab sangat sederhana dengan
memahami fungsi sosial
dan unsur kebahasaan
|
4.24 Mengimplementasikan teks-teks kisah teladan dalam bahasa Arab sangat sederhana dengan memperhatikan
fungsi
sosial
dan unsur kebahasaan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar