KI dan KD Mata Pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan Revisi 2017 Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI dan KD) SMK/MAK Kompetensi Keahlian Teknik Mesin Kurikulum 2013 edisi revisi 2017
Mata Pelajaran : Dasar Perancangan Teknik Mesin
Jam Pelajaran : 144 JP (@ 45 Menit)
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian : Teknik Mesin
Kompetensi Keahlian : Teknik Pemesinan (C2)
Mata Pelajaran : Dasar Perancangan Teknik Mesin
Jam Pelajaran : 144 JP (@ 45 Menit)
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian : Teknik Mesin
Kompetensi Keahlian : Teknik Pemesinan (C2)
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Mesin pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Mesin. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Mesin pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Mesin. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Memahami
jenis bahan teknik
|
4.1 Memilah jenis bahan teknik
|
3.2 Memahami
prinsip pengolahan bahan logam
|
4.2 Mengidentifikasi pengolahan bahan logam
|
3.3 Memahami prinsip pengolahan bahan non logam
|
4.3 Mengidentifikasi pengolahan bahan non
logam
|
3.4 Memahami
persyaratan perlakuan panas logam
|
4.4 Mengidentifikasi perlakuan panas logam
|
3.5 Menerapkan teknik pengujian logam (ferrous
dan non ferrous)
|
4.5 Melakukanpengujianlogam
(ferrous dannon
ferrous)
|
3.6 Menerapkan teknik penanganan material
|
4.6 Melakukan penanganan material
|
3.7 Memahami
prinsip kerja mesin tenaga fluida
|
4.7 Mengidentifikasi kerja mesin tenaga fluida
|
3.8 Memahami dasar-dasar kelistrikan
|
4.8 Mempraktikandasar-dasar
Kelistrikan
|
3.9 Menganalisis sistem kontrol
|
4.9 Menunjukan sistem kontrol
|
3.10 Memahami konsep besaran
dan sistem satuan.
|
4.10 Mengidentifkasi besaran dan system
satuan
|
3.11 Menerapkan
langkah-langkah vector,gaya, resultan gaya
dan
kesetimbangan
|
4.11 Melakukan langkah-langkah vector, gaya
resultan, gaya dan kesetimbangan
|
3.12
Menganalisis
system tegangan dan momen pada suatu konstruksi.
|
4.12 Menghitung tegangan dan momen pada suatu
konstruksi
|
3.13 Menganalisis system gaya
aksi dan reaksi dari macam macam tumpuan.
|
4.13 Menghitung gaya aksi dan reaksi dari
macam-macam tumpuan.
|
3.14
Menganalisis
system gerak translasi, rotasi dan
keseimbangan benda tegar.
|
4.14 Menghitung gerak translasi, rotasi dan
keseimbanganbenda tegar.
|
3.15
Menganalisis
prediksi kekuatan sambungan
|
4.15 Menghitung kekuatan sambungan.
|
3.16
Menerapkan
teknik kekuatan poros dan pasak.
|
4.16 Menghitung kekuatan poros dan pasak.
|
3.17
Menerapkan
teknik kekuatan transmisi (pulley&belt, rantai, kopling, roda gigi)
|
4.17 Menghitung kekuatan, transmisi
(pulley&belt, rantai, kopling, rodagigi)
|
3.18
Mengevaluasi
hasil perhitungan gaya, tegangan dan momen pada sambungan: keling, pasak,
baut dan las
|
4.18 Merumuskan hasil perhitungan gaya,
tegangan dan momen pada sambungan: keling, pasak, baut dan las
|
sami naon
BalasHapusapakah ada modul atau buku yang sudah mencakup semua KD?
BalasHapusAdakah yg sdh punya rpp nya? Share donk..
BalasHapusapakah ada perangkatnya ya
BalasHapusRPP adakah?
BalasHapusAdakah RPP,bahan ajar,media pembelajaran,LKPD dari KD 3.5 dan KD 3.15
BalasHapus