KI dan KD Mata Pelajaran Administrasi Transaksi Kompetensi Keahlian Bisnis dan Pemasaran Revisi 2017 Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI dan KD) SMK/MAK Kompetensi Keahlian Bisnis dan Pemasaran Kurikulum 2013 edisi revisi 2017
Mata Pelajaran : Administrasi Transaksi
Jam Pelajaran : 456 JP (@ 45 Menit)
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Bisnis dan Pemasaran
Kompetensi Keahlian : Bisnis Daring dan Pemasaran (C3)
Mata Pelajaran : Administrasi Transaksi
Jam Pelajaran : 456 JP (@ 45 Menit)
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Bisnis dan Pemasaran
Kompetensi Keahlian : Bisnis Daring dan Pemasaran (C3)
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Bisnis dan Pemasaran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Bisnis dan Pemasaran. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Bisnis dan Pemasaran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Bisnis dan Pemasaran. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1
Memahami
SOP
administrasi transaksi
|
4.1 Melakukan pengelompokan
SOP
administrasi transaksi
|
3.2 Menganalisis alur transaksi
|
4.2 Menentukan alur transaksi
|
3.3
Menganalisis prosedur pencatatan bukti transaksi
|
4.3 Melakukan
pencatatan bukti transaksi
|
3.4
Menganalisis
dokumen transaksi pembelian
|
4.4 Membuat administrasi transaksi pembelian
|
3.5
Menganalisis
dokumen transaksi penjualan
|
4.5 Membuat administrasi transaksi penjualan
|
3.6
Menerapkan prosedur pencatatan transaksi pada bukti
penjualan tunai
|
4.6 Menyusun catatan transaksi pada
bukti-bukti penjualan tunai
|
3.7
Menerapkan
prosedur pencatatan transaksi pada bukti penjualan kredit
|
4.7 Menmbuat transaksi pada bukti-bukti penjualan
kredit
|
3.8
Menerapkan
prosedur pencatatan transaksi pada bukti transaksi internet
|
4.8 Membuat transaksi pada bukti-bukti internet
|
3.9
Menerapkan
prosedur pencatatan transaksi bukti penerimaan kas
|
4.9 Membuat catatan transaksi pada bukti-bukti
penerimaan kas
|
3.10Menerapkan pencatatan transaksi bukti
pengeluaran kas
|
4.10 Membuat
catatan transaksi
pada bukti
bukti pengeluaran kas
|
3.11Menganalisis berbagai jenis mesin pembayaran dalam transaksi
|
4.11 Mengoperasikan
berbagai
jenis mesin
pembayaran dalam transaksi
|
3.12Menganalisis prosedur operasional alat hitung
|
4.12 Mengoperasikan
alat hitung
|
3.13Menganalisis prosedur operasional mesin pembayaran tunai/ non tunai
|
4.13
Mengoperasikan
mesin pembayaran tunai / non tunai
|
3.14Menganalisis prosedur oprasional alat bantu verifikasi dalam transaksi
|
4.14
Mengoperasikan alat bantu verifikasi dalam transaksi
|
3.15Menerapkan prosedur alat komunikasi
dalam transaksi (telepon,fax , microfon, dll)
|
4.15
Menggunakan
alat
komunikasi
dalam transaksi (telepon,fax
,microfon, dll)
|
3.16Menerapkan perawatan dan pemeliharaan
mesin mesin transaksi
|
4.16
Melakukan
perawatan dan peeliharaan mesni
transaksi
sesuai prosedur
|
3.17Menganalisis laporan hasil penjualan
|
4.17
Menyusun
laporan hasil penjualan
|
3.18Menganalisis evaluasi hasil penjualan
|
4.18
Melakukan
evaluasi hasil penjualan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar