Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI dan KD) SMK/MAK Kompetensi Keahlian Tata Artistik Teater Kurikulum 2013 edisi revisi 2017
Mata Pelajaran : Tata Panggung
Jam Pelajaran : 454 JP (@ 45 Menit)
Bidang Keahlian : Seni dan Industri Kreatif
Program Keahlian : Seni Teater
Kompetensi Keahlian : Tata Artistik Teater (C3)
Mata Pelajaran : Tata Panggung
Jam Pelajaran : 454 JP (@ 45 Menit)
Bidang Keahlian : Seni dan Industri Kreatif
Program Keahlian : Seni Teater
Kompetensi Keahlian : Tata Artistik Teater (C3)
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Seni Teater pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Seni Teater. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Seni Teater pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Seni Teater. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Mendeskripsikan alat dan bahan tata
panggung
|
4.1 Menyeleksi alat dan bahan tata panggung
|
3.2 Mendeskripsikan jenis panggung
|
4.2 Memverifikasi jenis panggung
|
3.3 Mendeskripsikan
perlengkapan
panggung
|
4.3 Memverifikasi perlengkapan panggung
|
3.4 Mendeskripsikan jenis
perabot dalam
tata panggung
|
4.4 Memilah jenis perabot dalam tata panggung
|
3.5 Mendeskripsikan piranti
tangan
|
4.5 Menyeleksi piranti tangan
|
3.6 Menerapkan teknik
pembuatan
piranti tangan
|
4.6 Membuat piranti tangan
|
3.7 Menjelaskan set gantung
|
4.7 Menyeleksi set gantung
|
3.8 Menerapkan teknik pembuatan set gantung
|
4.8 Membuat set gantung
|
3.9 Menganalisis set gantung dan piranti
tangan berdasarkan teks lakon
|
4.9 Membuat set gantung dan piranti tangan
berdasarkan teks lakon
|
3.10 Mendeskripsikan
background
dalam tata
panggung
|
4.10 Memasang background dalam tata panggung
|
3.11
Menerapkan
teknik
pembuatan
background
|
4.11 Membuat background
|
3.12
Mendeskripsikan
tata
panggung
simbolis
|
4.12 Menyalin data kebutuhan tata panggung
simbolis
|
3.13 Menerapkan
teknik tata
panggung
simbolis
|
4.13 Melaksanakan tata panggung simbolis
|
3.14
Menjelaskan
tata panggung
realis
|
4.14 Menyalin data kebutuhan tata panggung
realis
|
3.15 Menerapkan teknik tata
pangung realis
|
4.15 Melaksanakan
tata pangggung realis
|
3.16 Menerapkan teknik tata
panggung non realis
|
4.16 Melaksanakan
tata panggung non realis
|
3.17 Menganalisis tata
panggung dalam produksi teater
|
4.17 Melaksanakan
tata panggung dalam produksi teater
|
3.18 Mengevaluasi pola kerja
tata panggung dalam produksi
teater
|
4.18
Menyaji
data pola kerja tata panggung dalam produksi teater
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar